Tips Membuat Ukiran Pada Cincin Kawin Agar Lebih Personal


Cincin kawin memuat nilai penting dalam kehidupan rumah tangga Anda. Perhiasan ini menjadi simbol atas cinta, ikatan, dan komitmen antara dua manusia di hadapan Tuhan. Cincin dipilih sebagai simbol karena melingkar tanpa ujung, seperti bentuk cinta yang memang tidak ada habisnya.

Jadi, wajar jika para calon pasangan memilih cincin kawin dengan serius. Wajar pula jika banyak yang menginginkan ukiran personal pada cincin mereka. Nah, calon mempelai, apa saja tips agar ukiran Anda sesuai dan tetap cantik?


Tips Ukiran Cincin #1 Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Kepribadian

Cincin kawin harus bisa merepresentasikan diri Anda dan pasangan. Selain itu, paling bagus jika sifatnya netral untuk segala kesempatan.

Sebagai contoh, cincin berlian round cut yang terlihat royal mungkin cantik dan cocok, tapi jelas Anda tidak akan pergi berpesta atau acara resmi setiap hari, bukan? Inilah alasan kenapa sebagian besar orang lebih memilih cincin kawin yang simpel.

Sudah begitu, pastikan pula Anda membelinya di gerai yang terpercaya. Toko perhiasan yang legal akan menerbitkan sertifikat yang menandakan perhiasan Anda terbuat dari emas berkualitas. Tanpa itu, Anda wajar meragukan kualitas atau keaslian dari cincin yang telah Anda beli dengan harga mahal.


Tips Ukiran Cincin #2 Temukan Pengrajin yang Berkualitas dan Negosiasikan

Biasanya, Anda bisa meminta ukiran personal di tempat Anda membeli perhiasan. Tapi jika tidak biasa, penjual biasanya akan merujuk Anda pada pengrajin yang mereka kenal. Yang manapun, kepada merekalah Anda kemudian bisa menegosiasikan jenis ukiran dan lama pengerjaan.

Karena, setiap orang berbeda-beda. Ada pengrajin yang bisa menyelesaikannya dalam hitungan jam, ada pula yang memakan waktu berbulan-bulan. Ini semua tergantung panjang dan jenis ukiran yang Anda mau.

Gemological Institute of America (G.I.A) misalnya, bisa menorehkan kalimat panjang di cincin Anda yang tidak tampak oleh mata telanjang. Tetapi, waktu pengerjaannya jelas tidak bisa diburu-buru. Pertimbangkan hal ini sebelum memesan.


Tips Ukiran Cincin #3 Ukirkan Nama, Simbol, Lirik Lagu, atau Tanggal yang Penting

Tidak tahu harus menulis apa di cincin, tapi ingin membuatnya personal? Coba diskusikan baik-baik dengan pasangan Anda. Pasti ada hal-hal yang penting bagi Anda dan pasangan, seperti inisial nama, simbol keluarga atau kenangan tertentu, tanggal jadian, bahkan lirik lagu yang Anda rasa mewakilkan diri Anda dan pasangan.


Tips Ukiran Cincin #4 Mintalah Sampel Ukiran dari Toko Perhiasan

Seberapa besarpun rasa percaya Anda pada toko perhiasan atau pengrajin, tak ada salahnya berjaga-jaga. Mintalah sampel ukiran dari toko tersebut, lalu perhatikan baik-baik goresannya.

Jika Anda menyukai apa yang Anda lihat—ukiran mulus, beraturan, tidak miring, dan resik, Anda boleh meneruskan pengukiran di tempat tersebut. Tapi jika tidak, ada baiknya mencari pengrajin lain.

Karena alasan inilah toko-toko yang terpercaya biasa menyediakan sampel ukiran tanpa Anda minta, untuk menaikkan rasa percaya.

Kelak di kemudian hari, motif ukiran ini akan membangkitkan kembali hal-hal yang berharga bagi Anda ketika dipandangi. Jadi, tidak ada salahnya merogoh kocek lebih dalam untuk mengekalkan ikatan Anda dan pasangan.

Jangan lupa, pikirkan baik-baik ukiran yang akan Anda taruh di cincin dengan membuat rancangannya di kertas terlebih dahulu. Tak lupa, piihlah gerai yang sudah pasti terjamin.

Salah satu toko perhiasan yang terpercaya adalah Galeri24, yang merupakan anak perusahaan dari PT.Pegadaian. Selain Menyediakan perhiasan emas dan berlian, Galeri24 juga menjual logam mulia untuk investasi Anda.

Selain mudah ditemukan karena distro Galeri24 berada di banyak tempat di seluruh Indonesia, Anda juga dapat berbelanja dengan lebih praktis melalui website www.galeri24.co.id. Ada banyak model dan pilihan emas yang tersedia dan selalu update.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥