Kabar Emas
12 Feb 2024

Beberapa Tips Memilih Jenis Emas yang Tepat untuk Investasi

Bagikan
article-cover-images/868ca7b178b9aaf51f7f100c65cc37dd

Tips memilih jenis emas yang tepat untuk investasi agar Anda tidak rugi penting untuk diketahui. Sebab, saat ini investasi memang menjadi hal yang sangat banyak dilakukan oleh masyarakat. Baik itu investasi emas yang berbentuk perhiasan atau juga emas dalam bentuk batangan. Alasan banyak orang melakukan investasi emas ini sebenarnya tidak lain adalah karena harga emas yang selalu naik.

Sehingga, mereka menganggap bahwa melakukan investasi emas ini akan sangat menjanjikan di masa depan. Tetapi, jika mobil ingin membeli emas untuk investasi. Perhatikan tips memilih jenis emas yang tepat berikut ini agar Anda tidak menyesal. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasannya:

Beberapa Tips Memilih Jenis Emas yang Tepat untuk Investasi

Apakah Anda pernah berpikir melakukan investasi emas melalui perhiasan? Melakukan investasi emas melalui perhiasan bukanlah hal yang salah. Mengingat, melakukan investasi emas melalui perhiasan cenderung akan lebih mudah dicairkan dan bisa digunakan untuk mempercantik diri. Jika Anda memang tertarik untuk melakukan investasi emas dalam bentuk perhiasan, berikut ini adalah beberapa tips memilih jenis emas yang tepat yang bisa Anda terapkan:

1. Tips Memilih Jenis Emas yang Tepat dengan Memperhatikan Harga Emas

Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk tips membeli emas yang tepat adalah dengan memperhatikan harga emas saat ini. Harga emas memang terus naik di setiap harinya, tetapi terkadang ada kalanya harga emas ini mengalami penurun. Meskipun penurunannya tidak terlalu drastis, tetapi hal ini tetap perlu diperhatikan. Sebab, jika Anda ingin mulai mencoba melakukan investasi.

Memantau harga emas yang sedang berlaku saat ini adalah hal penting. Dengan hal ini, Anda akan bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk digunakan membeli emas. Dan kapan waktu yang tepat yang bisa digunakan untuk menjual emas tersebut. Oleh karena hal itu, sebelum memutuskan untuk membeli atau melakukan investasi emas, pantau harga naik turun emas.

Biasanya pada harga dari perhiasan emas, mereka akan menambah ongkos dari pembuatan didalamnya. Sehingga, harganya kemungkinan akan lebih mahal. Agar Anda tidak mengalami rugi, pantaulah harga emas ini di situs pegadaian atau juga indo gold.

2. Sebelum Membeli Perhatikan Kadar Karat dari Emas

Tips memilih jenis emas yang tepat selanjutnya adalah dengan memperhatikan kadar karat di dalamnya. Di dalam sebuah perhiasan, jika kadar karat yang dimiliki tinggi. Maka, proporsi dari emas yang terkandung di dalam perhiasan ini juga akan lebih banyak. Dimana di dalam hal ini, emas yang memiliki kadar paling tinggi adalah emas kadar 24 K.

Sayangnya, untuk jenis perhiasan emas dengan kandungan 23 K ini sudah cukup lunak. Sehingga, agar bisa dibentuk menjadi perhiasan yang bentuknya tahan lama. Biasanya di dalamnya akan diberikan campuran logam lainnya. Hal ini bertujuan agar logam bisa menjadi sedikit lebih keras dan bentuknya tidak mudah berubah.

Hal ini juga yang membuat perhiasan memiliki harga yang lebih mahal. Karena dalam penjualnya, harga dari biaya pembuatan juga ikut disertakan.

3. Perhatikan Kondisi dari Emas Sebelum Dibeli

Tips memilih jenis emas yang tepat yang Selan adalah dengan memperhatikan kondisi dari emas. Dalam membeli sebuah emas, Anda tentunya perlu untuk memperhatikan kondisinya. Apakah pada emas tersebut terdapat sebuah cacat, cuilan, atau mungkin juga goresan. Anda juga harus jeli dalam memperhatikan emas ini, apakah pada emas tersebut terdapat noda hijau atau tidak.

Noda hijau pada emas ini, sebenarnya disebabkan karena adanya zat kimia yang masih menempel pada emas. Apabila emas tidak dicuci dengan bersih, maka zat kimia ini akan bisa membuat alergi bagi sebagian orang. Bukan hanya itu, pilih juga emas yang memiliki model netral. Maksudnya adalah, emas ini tidak menggunakan model yang mengikuti tren yang akan bisa berubah di masa depan.

Selain dengan hal itu, hal ini juga akan lebih memudahkan Anda untuk menjualnya di toko emas. Terlebih lagi, jika perhiasan yang Anda beli tersebut memiliki sertifikat resmi dan juga bukti pembelian yang jelas. Karena dengan begitu meskipun emas Anda dibeli sejak lama dan trennya sudah mulai luntur, harga jualnya akan bisa tetap tinggi.

Membeli Emas Di Galeri 24 yang Sudah Terpercaya

Selain dengan menggunakan beberapa tips di atas dalam membeli emas. Anda juga perlu membeli emas di toko emas yang sudah terpercaya. Salah satu toko emas yang bisa Anda pilih adalah di Galeri 24. Hal ini karena, Galeri24 ini adalah sebuah toko emas yang merupakan perusahaan cabang dari PT Pegadaian Persero.

Sebagai anak cabang dari PT Pegadaian, maka kualitas dari toko emas ini tidak perlu diragukan lagi dan pastinya terpercaya. Di Galeri 24 ini, mereka menyediakan berbagai macam jenis emas dengan ukuran yang beragam dan kadar yang juga beragam. Anda bisa membeli emas dalam bentuk perhiasan atau juga logam mulia seperti Antam. Selain itu, Galeri24 juga melayani pembelian online melalui website resmi mereka.

Maka dari itu, jika Anda hendak beli emas, belinya hanya di Galeri 24. Beli emas di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!