top of page

Tips Menghindari Penipuan saat Membeli Emas Online


Tips Menghindari Penipuan saat Membeli Emas Online
sumber: sahabatpegadaian.com

Saat ini, untuk dapat membeli emas, banyak sekali orang yang memilih sistem pembelian emas online. Hal ini terjadi karena membeli emas secara online dinilai lebih praktis dan mudah. Namun sebelum mulai membeli emas secara online, Anda perlu memperhatikan beberapa tips menghindari penipuan saat membeli emas online di bawah ini.


Tips Menghindari Penipuan saat Membeli Emas Online


1. Pahami Apa yang Anda Beli


Tips menghindari penipuan saat membeli emas online yang paling penting adalah memahami apa yang sebenarnya Anda beli, setidaknya seperti pembelian lain yang Anda lakukan. Beberapa komponen yang perlu Anda pahami ketika membeli emas online antara lain:


· Harga: Anda harus mengetahui harga spot emas saat ini, atau dalam hal ini, termasuk logam mulia apa pun yang ingin Anda beli atau jual. Sebagian besar logam mulia seperti emas antam akan mengikuti perkembangan harga emas secara global. Waspadai tekanan harga jual yang tinggi karena akan menempatkan Anda pada situasi di mana Anda harus menunggu nilai emas menjadi dua kali lipat (atau bahkan tiga kali lipat) sebelum Anda dapat memperoleh keuntungan.


· Bobot: Anda harus tahu bagaimana emas ditimbang. Ukuran yang diterima di pasar indonesia adalah dalam gram. Ketika penjual dan investor berbicara tentang harga jual, mereka juga selalu mengacu pada satuan gram. Setelah itu, barulah harga emas total akan dikalikan dari beratnya dan harga jual yang berlaku saat itu.


· Desain: Secara garis besar, logam mulia seperti emas Antam memiliki dua jenis desain yang berbeda, yaitu yang berbentuk landscape dan portrait. Nilai jual dari masing-masing desain emas ini bisa berbeda, untuk itu tanyakanlah kepada toko emas secara langsung. Sementara itu, logam mulia lain seperti emas UBS memiliki desain yang lebih variatif, dengan sentuhan tokoh kartun Disney.

Bagaimana Memverifikasi Emas Itu Asli?


Ahli emas berpengalaman menggunakan tes 'ping' untuk menentukan keaslian perhiasan atau logam mulia emas. Ini dilakukan dengan mendengarkan suara yang dibuat saat emas dipukul. Saat dipukul, logam mulia menghasilkan suara dering bernada tinggi yang panjang, berbeda dengan logam dasar, yang menghasilkan suara lebih redup dan lebih pendek.


Cara lain untuk mengidentifikasi emas palsu adalah dengan melakukan uji magnet. Emas palsu bersifat magnetis, tetapi emas asli (emas murni 0,999) tidak. Dengan menggunakan magnet yang kuat, Anda dapat menguji emas untuk mengetahui apakah itu asli atau tidak. Jika sebuah magnet tertarik pada apa yang Anda yakini sebagai emas, maka itu pasti bukan emas asli (atau murni 99,9 persen).


2. Pilih Pengiriman Instan


Saat berurusan dengan logam mulia secara online, opsi pengiriman instan tidak dapat dinegosiasikan. Jauhi penjual yang ingin menahan dan menyimpan emas Anda atau mencoba meyakinkan Anda bahwa pengiriman akan memakan waktu berbulan-bulan untuk diselesaikan. Ingatlah bahwa Anda membeli logam mulia emas karena likuiditasnya. Jika Anda tidak memiliki logam mulia emas secara fisik, maka Anda tidak akan dapat bertindak cepat saat ingin menjual. Oleh sebab itu, tips menghindari penipuan saat membeli emas online yang satu ini harus selalu diperhatikan.


3. Hanya Pilih Penjual Terkemuka


Tips menghindari penipuan saat membeli emas online selanjutnya adalah memilih penjual terkemuka. Anda harus memilih penjual dengan rekam jejak yang baik di industri ini, salah satu contohnya yaitu www.galeri24.co.id. Cukup cari ulasan pelanggan, jika pelanggan mendapatkan layanan buruk atau memiliki pengalaman negatif dengan mereka, mereka pasti tidak akan kembali.


Tempat yang baik untuk meneliti perusahaan penjual emas ada di forum online di Internet. Ada banyak forum tentang investasi emas dan logam mulia lainnya. Banyak anggota memberikan postingan tentang perusahaan yang menipu investor, sehingga Anda dapat menjauh dari penjual seperti ini.


4. Hindari Penawaran yang Tidak Masuk Akal


Tips menghindari penipuan saat membeli emas online berikutnya adalah hindari penawaran emas yang tidak masuk akal. Jika Anda menemukan tawaran produk emas batangan yang kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, kemungkinan besar memang demikian. Berhati-hatilah dengan tawaran semacam itu, atau yang datang dengan diskon berlebihan atau klaim berlebihan. Dalam hal ini, wajar untuk curiga.


Sangat menarik untuk dicatat bahwa produk emas sebagai logam mulia selalu dijual dengan harga spot, terkadang di atas tetapi tidak pernah secara sah di bawahnya. Mereka yang memegang logam mulia dapat pergi ke penjual dan menjual barang mereka di tempat, dengan harga penuh. Dalam sistem seperti ini, siapa pun yang menawarkan barang dengan harga terlalu murah dan tidak masuk akal kepada Anda kemungkinan besar mencoba menipu Anda.


Karena itu, setiap akun investasi emas, emas berjangka, atau skema investasi logam mulia lainnya di mana pembeli tidak mendapatkan kepemilikan fisik atas emas batangan harus mendapatkan perhatian khusus. Intinya, tidak akan ada penjual sah yang terpercaya yang juga akan menawarkan emas di bawah biaya wajarnya. Untuk mempertahankan bisnisnya, penjual harus membebankan premi kecil di atas harga spot untuk menutupi biaya administrasi dan overhead mereka.


Akhir Kata


Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai tips menghindari penipuan saat membeli emas online. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa pada dasarnya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membeli emas online. Salah satu tips yang paling penting adalah memilih penjual yang terpercaya seperti galeri24 agar Anda terhindar dari penipuan yang marak saat membeli emas secara online.


Jadi pastikan, kalau Anda beli emas, belilah di Galeri 24. Beli emas di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!


4 tampilan0 komentar