Tips Merawat Berbagai Jenis Perhiasan Agar Tetap Awet


Baik itu disimpan dalam kotak maupun dipakai sehari-hari, perhiasan Anda butuh perawatan khusus agar kilaunya tetap terjaga. Anda tentu tidak ingin perhiasan emas Anda kusam atau menghitam, atau gelang perak hadiah dari orang yang Anda sayangi memudar karena lama tak dirawat. Tapi, bagaimana cara merawat perhiasan yang benar agar tetap awet?


Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Jangan terlalu mendengarkan tips yang marak di luar sana. Kadang-kadang, orang-orang awam memberikan tips mencuci perhiasan yang sama sekali tidak mempan. Makin parah, tips-tips ini juga malah membahayakan dan bisa merusak perhiasan Anda. Beberapa dari saran-saran kurang bertanggung jawab itu adalah:


1. Mencuci Perhiasan dengan Sikat Gigi

Ini tidak sepenuhnya salah, karena sikat gigi memang mengandung baking soda yang bisa membersihkan noda pada perhiasan dalam waktu tertentu. Sayangnya, sikat gigi juga sekaligus mengandung material abrasif lain yang terlalu keras untuk perhiasan Anda.

Mengaplikasikannya pada perhiasan dengan bebatuan semi-mulia seperti opal malah makin membuatnya cepat retak. Jadi, jauhkan sikat gigi dari regimen pembersihan perhiasan Anda.


2. Mencuci Perhiasan dengan Air Panas

Logika dari saran ini adalah air panas bisa membuat kotoran cepat memuai dari tubuh perhiasan. Dan itu mungkin tidak salah. Sayangnya, air panas juga rentan membuat jalinan logam dan tempelan batu mulia lepas dari tubuh perhiasan.

Beberapa jenis batu mulia dan semi-mulia seperti opal dan tanzanite malah bisa retak jika terkena air dengan suhu terlalu tinggi. Gunakan hanya air suam-suam kuku atau netral untuk perhiasan Anda.


3. Menggunakannya Setiap Hari

Saking sayangnya dengan sebuah perhiasan, kadang-kadang seseorang mengenakannya tanpa pernah dilepas satu kali pun. Alasannya, perhiasan yang terus-menerus dipakai akan semakin mengilap karena diasah bersama badan pemakainya. Ini jelas salah kaprah.

Bukan hanya lebih cepat pudar karena sering berinteraksi dengan udara luar atau terpapar polusi, Anda juga harus memberi waktu bagi kulit di area perhiasan Anda untuk bernapas. Selalu gunakan perhiasan Anda dalam frekuensi sewajarnya. Juga, sediakan kotak cantik atau wadah khusus yang aman untuk menyimpan perhiasan Anda saat sedang tidak dipakai.


Cara Merawat Perhiasan Berdasarkan Jenisnya

Kini setelah Anda tahu mana saja yang sebaiknya tidak dilakukan, kita beralih ke cara-cara untuk membersihkan perhiasan berdasarkan jenis logam dan batu mulianya. Setiap material membutuhkan penanganan yang berbeda.


1. Tips Merawat Perhiasan Perak

Yang satu ini cenderung rentan. Meski relatif lebih murah dan logamnya lebih keras daripada emas, perak sekaligus juga mudah tergores dan mengalami pemudaran warna. Rajin-rajinlah membersihkannya dengan kain katun halus berkualitas. Ketika mulai kusam, Anda bisa membersihkannya dengan larutan sabun pencuci piring, air hangat, dan air suam-suam kuku.


2. Tips Merawat Perhiasan Berlian

Dengan tingkat kekerasan mencapai angka solid 10 menurut skala Mohs, berlian adalah batu mulia paling keras. Amat tak mudah tergores, yang benar-benar bisa membuat berlian tergores adalah berlian lainnya. Tapi, tidak berarti berlian Anda juga bisa kusam sekalipun Anda telah menyimpannya di sebuah kotak aman super terlindungi.

Untuk menyikapi ini, cukup rendam perhiasan berlian Anda di larutan soda semalaman. Keesokan harinya, dijamin semu kotoran dan noda sudah luntur.


3. Tips Merawat Perhiasan Emas

Agar kilap emas terjaga, pastikan Anda tidak lupa untuk mencucinya setiap beberapa kala menggunakan air hangat, sabun pencuci piring, dan sikat berkepala bulu halus atau kuas. Anda juga bisa membeli larutan khusus pencuci emas di toko perhiasan maupun apotek. Ini karena emas termasuk muatan logam yang lunak, sehingga perawatannya pun perlu sangat hati-hati agar tidak memudar.

Nah, bagaimana? Tidak sulit bukan, untuk membuat perhiasan Anda tetap awet?

Jika Anda sudah bosan dengan perhiasan emas yang dimiliki, atau berencana menambah koleksi perhiasan Anda, www.galeri24.co.id dapat memberikan pilihan yang beragam. Galeri24 ini adalah toko perhiasan yang juga menjual logam mulia untuk investasi serta berlian dan batu mulia lainnya.

Galeri24 adalah anak perusahaan PT.Pegadaian, sehingga belanja emas dan berlian akan lebih nyaman dan aman karena terjamin keaslian serta karatasenya. Jika Anda lebih nyaman membeli emas langsung ke toko perhiasan, Galeri24 sudah memiliki gerai ratusan yang tersebar di seluruh Indonesia. Cek websitenya untuk mengetahui letak gerai Galeri24 di kota Anda.

19 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥