Kabar Emas
13 Feb 2024

8 Ciri Toko Emas Online Terpercaya

Bagikan
article-cover-images/1d08b2ce01aaeec44193b7c9f358a48c

Pilihan toko emas online sekarang sudah banyak tersedia sebagai solusi untuk transaksi dari jarak jauh dengan jaminan keamanan. Hal paling penting ketika memutuskan transaksi daring adalah memastikan tempat Anda berbelanja sudah terjamin kredibilitasnya.

Jangan tergiur harga lebih murah dibandingkan tempat lain, namun keaslian barang belum terbukti. Sejatinya teknologi mempermudah Anda dalam melakukan investasi dan mempertebal tabungan masa depan, asalkan digunakan dengan sangat bijaksana

8 Ciri Toko Emas Online Terpercaya


Infografis 8 Ciri Toko Emas Online Terpercaya

Tersedia banyak rekomendasi situs jual beli logam mulia, perhiasan, maupun hadiah emas yang bisa Anda akses. Bahkan beberapa mempermudah layanan dengan bekerja sama membuka store di ecommerce atau juga media sosial.

Banyaknya situs jual beli sebenarnya memudahkan Anda dalam memilih variasi perhiasan maupun LM. Namun, PR terbesar melakukan transaksi digital adalah menemukan tempat terpercaya. Anda baru bisa tenang apabila berbelanja dari situs seperti ini:

  1. Memiliki banyak opsi call centre atau tempat kostumer bertanya maupun melayangkan protes kepada penjual. Bukan hanya disediakan layanan berkomunikasi, namun juga admin harus responsif dan informatif dalam melakukan komunikasi.
  2. Tersedia penawaran diskon dan berbagai promo lainnya dengan batas waktu jelas membuktikan keseriusan toko emas online memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan. Jika tidak ada batas waktu promo, patut dicurigai karena tidak wajar.
  3. Untuk mendapatkan promo, menyajikan syarat dan ketentuan jelas serta transparan agar pelanggan tidak merasa terjebak saat mengikuti promo tersebut. Semua hal harus disebutkan, termasuk jika ada potongan pajak yang harus dibayar pelanggan.
  4. Memberikan katalog berbagai item secara lengkap dan dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Pengelompokkan ini mempermudah pelanggan dalam memilih mana item paling pas sebelum membayarnya via transfer bank.
  5. Disediakan layanan jual beli digital dengan jelas dan lengkap, termasuk keterangan atau catatan tambahan sebelum pembeli melakukan checkout. Penjual atau toko emas online harus turut menyertakan estimasi barang sampai ke tangan pembeli.
  6. Menyediakan layanan media sosial yang akan lebih sering dikunjungi para pengguna internet saat ini. Adanya akun media sosial mempermudah pembeli meriset barang yang akan dibeli karena potensi dikunjungi lebih sering dengan handphone.
  7. Adanya keterangan alamat kantor fisik secara jelas berikut jam operasionalnya sebagai bukti bahwa toko dioperasikan dengan legal oleh profesional.
  8. Memiliki mitra yang terpercaya sehingga dapat menjadi standar bagi Anda ketika ingin mempercayakan investasi pada situs tertentu.

Setelah menemukan satu situs dengan kedelapan ciri-ciri di atas, baru Anda bisa tenang melakukan transaksi mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah. Karena pembeliannya tidak datang langsung ke tempat, maka seleksi tokonya harus diperketat.

Tips Membeli Emas di Ecommerce

Sekarang banyak toko emas online semakin memudahkan kebutuhan pelanggan untuk berinvestasi dengan kehadirannya di berbagai e-commerce. Namun, semakin banyaknya sampai pelanggan harus selektif dalam memilih mana store terpercaya, mana yang tidak.

Demi menghindari hal yang tidak diinginkan, kami rangkum pertimbangan apa saja yang bisa Anda gunakan sebelum berbelanja dari e-commerce tertentu:

  1. Lihat apakah store memiliki situs sendiri atau tidak. Seharusnya yang terpercaya memiliki situs sendiri dan menyediakan toko di e-commerce hanya untuk memudahkan dan memperluas pasar.
  2. Tinjau kemudahan cetak fisiknya seperti apa, pastikan memilih store dengan prosedur tidak berbelit dan tidak membutuhkan waktu lama mencairkan emas maupun uang Anda.
  3. Sebuah toko emas online yang membuka store di e-commerce harus taat ketentuan dari e-commerce tersebut, seperti update status pembelian, mulai dari pesanan diterima sampai update resi pengiriman agar pembeli bisa melacak kurir.
  4. Pastikan memiliki kurir sendiri untuk menjaga keamanan transaksi. Sebaiknya Anda mencari store yang tidak banyak pilihan kurir, namun pengantarannya terjamin sampai ke rumah.

Kenapa banyak store akhirnya memutuskan membuka online shop di e-commerce padahal sudah memiliki situs sendiri? Karena masih banyak orang percaya bahwa belanja di e-commerce lebih aman, jika ada kendala bisa dibantu diselesaikan oleh adminnya.

Ciri-ciri LM dan Perhiasan Asli

Semakin sadarnya masyarakat zaman sekarang untuk berinvestasi, ada saja oknum nakal memanfaatkan hal tersebut untuk membuka toko emas online palsu. Jika sudah terjebak, Anda masih bisa menyelamatkan uang kembali dengan sangat cermat.

Sebelum itu, persiapkan diri untuk mencatat nomor kontak, alamat toko, riwayat obrolan, maupun riwayat panggilan. Tindakan ini sebagai bentuk antisipasi jika ketika emasnya sampai, Anda menemukan beberapa kejanggalan berikut:

  1. LM asli menyertakan cap yang menandakan kadar dalam satuan fineness. Biasanya kadar yang banyak beredar di pasaran mulai dari 10, 18, dan 24 karat.
  2. Cara mudahnya lagi dengan menggosokkan perhiasan pada telapak tangan. Apabila warnanya tidak memudar sedikitpun maka dapat dipastikan keasliannya. Tetapi, jika warnanya memudar sedikit saja maka dipastikan benda tersebut palsu.
  3. Cara membuktikan Anda telah berbelanja di toko emas online terpercaya adalah dengan menggigit logam mulia. Jika asli maka bentuknya akan melunak, apalagi semakin besar karatnya maka akan semakin lunak.
  4. Uji dengan magnet karena pada dasarnya LM maupun perhiasan bukan benda yang akan bereaksi terhadap magnet. Jadi, apabila benda tersebut mengikuti magnet maka patut dipertanyakan keasliannya.
  5. Goreskan pada keramik maupun kertas, lihat hasilnya jika tidak tersisa guratan maka dipastikan emasnya asli.
  6. Menggunakan asam nitrat dengan cara meneteskannya pada perhiasan maupun LM. Apabila tidak mengubah warna atau tidak luntur maka dipastikan keaslian barangnya. Namun, cara ini cukup esktrem sehingga perlu berhati-hati.
  7. Terakhir cara pembuktian paling mudah adalah dengan memeriksa aplikasi Certieye dari smartphone.

Jika memutuskan berbelanja di toko emas online maka untuk menghindari kemungkinan kena tipu adalah menggunakan Certieye. Anda juga bisa menyeleksi situs secara lebih jeli agar terhindar dari aksi nakal oknum tidak bertanggung jawab.

Transaksi di Toko Online atau Toko Offline?

Selain melakukan transaksi melalui situs atau secara daring, Anda juga bisa pergi ke outletnya langsung. Namun, memang membutuhkan waktu luang agar pembelian bisa lebih efektif. Jadi, sebenarnya transaksi daring ditujukan bagi yang sibuk dan sulit bepergian.

Baik pembelian daring atau langsung ke tempat memiliki kelebihannya masing-masing. Jika membeli dari toko konvensional maka bisa melihat dan memegang emasnya langsung sehingga apabila ingin memeriksa keaslian emas bisa di tempatnya segera.

Sedangkan, bertransaksi di toko emas online harus sangat selektif menilai situs karena terkecoh sedikit saja menyebabkan rencana investasi berantakan. Lain hal jika Anda sudah memiliki tempat langganan yang memang terjamin kualitas barangnya.

Karena selain menjanjikan keuntungan, tempat pembelian terpercaya juga harus mampu menjaga kepercayaan pelanggannya. Anda bisa melihat seperti apa kepuasan para pelanggan sebelumnya melalui testimoni yang biasanya diposting pada situs.

Lihat juga siapa saja mitranya untuk menentukan sejauh apa skala profesional mempercayakan kerja sama dengan toko tersebut. Pada akhirnya, melakukan transaksi offline atau ke toko emas online kembali pada kenyamanan masing-masing.

Sebab, tidak menutup kemungkinan juga sekalipun sudah ke offline store, bisa terkena penipuan. Mencari sebanyak mungkin sumber terpercaya adalah kunci mendapatkan barang berkualitas bagus dari toko terpercaya.

Berikut Investasi di Galeri 24

Di antara semua toko emas online yang saat ini banyak tersedia, salah satunya Anda dapat mempertimbangkan berbelanja di Galeri 24 melalui situs resmi kami. Kami adalah anak perusahaan PT Pegadaian Persero sehingga legalitasnya tidak perlu dipertanyakan.

Selain itu, ada berbagai alasan pula kenapa Anda bisa mempercayakan investasi kepada kami, diantaranya:

  1. Kami menjamin kadar setiao emas yang dijual merupakan kadar tertinggi dan asli. Berbagai kadar dapat dipilih sesuai budget pembelian. Anda bisa berkonsultasi perihal ini dengan admin secara digital maupun langsung di tempat.
  2. Kami menjamin setiap perhiasan yang dijual memberikan kualitas tinggi, bukan hanya indah secara visual. Ketika menggunakan perhiasan berkualitas tinggi dari toko emas online pastinya kepercayaan diri Anda juga akan meningkat.
  3. Setiap saat kami mengupdate model perhiasan terbaru, dijamin Anda tidak akan mati gaya saat bertemu orang lain. Bukan hanya berkualitas, kami juga memikirkan trend terkini untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan.
  4. Untuk harga, kami pastikan mampu bersaing dengan situs lainnya. Kami bahkan menyediakan LM dalam bentuk hadiah yang dapat Anda beli dengan harga puluhan ribu rupiah saja.

Ada banyak sekali pilihan situs jual beli perhiasan maupun LM digital. Namun, Anda harus selektif menentukan pilihan terbaik. Karena investasi ini merupakan investasi jangka panjang, jadi pastikan sudah memilih toko emas online untuk keuntungan yang maksimal seperti kami Galeri 24.