• Galeri24

Tren Emas Baru, Apa Perhiasan Paling diminati Masyarakat?

Setelah masyarakat Indonesia terdampak pandemi virus corona, hal ini banyak menimbulkan perubahan pasar ekonomi yang bukan hanya berpengaruh pada naik turunnya harga barang yang dibutuhkan. Jika sekilas kita kembali beberapa bulan lalu, harga masker dan perlengkapan kesehatan mengalami lonjakan harga hingga 500% dari harga normal. Hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat dan ketersediaan produk yang terbatas, sehingga mau tidak mau harga akan naik mengikuti permintaan dari banyaknya masyarakat.


Sama halnya dengan tren emas yang sedang booming sejak akhir tahun 2020 hingga awal tahun 2021, gejolak harga emas bukan hanya dipengaruhi akibat pandemi corona saja, naiknya nilai rupiah terhadap dollar Amerika juga cukup signifikan memberikan guncangan untuk harga beli per gramnya. Lebih-lebih setelah Joe Biden terpilih menggantikan Donald Trump di Pemilihan Umum Presiden Amerika, Emas selayaknya melebarkan sayap dengan harga yang melambung tinggi.


Tren Emas Baru di Tahun 2021

Tidak ada rentang 1 tahun semenjak harga emas ditutup pada akhir 2019 dengan nilai 700 ribuan / gramnya, kemudian mengalami peningkatan hingga angka yang fantastis yaitu +- 1 Juta rupiah / gram. Ini menunjukkan bahwa fenomena perdagangan dari beberapa barang tambang juga sedang naik-naiknya, nilai saham ANTM juga mengalami peningkatan per lembarnya. Tidak menutup kemungkinan kalau fenomena trend emas baru akan terus berlanjut hingga tahun 2022 nantinya.


Berdasarkan kabar dari PT. Hartadinata Abadi Tbk, yang mana perusahaan ini merupakan produsen terbesar perhiasaan emas dengan kolaborasi bersama IPMI (Ikatan perancang Mode Indonesia) yang menghasilkan banyak model perhiasaan emas sesuai dengan kebutuhan.


Pada acara virtual yang diselenggarakan di tahun 2021 ini (Cube Trend Show) menyebutkan secara terbuka, bahwa PT Hartadinata sudah sukses memproduksi sekiranya 12 model perhiasaan yang semuanya di rancang oleh IPMI dengan konsep yang tentu lebih “sederhana“ dibandingkan rancangan model perhiasaan emas di tahun 2020 lalu. Pada akhirnya, masyarakat bisa menikmati setiap model yang tentu akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.


Mengapa Tren Emas Baru Layak Disoroti?

Sebagian besar orang menganggap bahwa “ fluktuatif “ emas dari segi harga memang menarik untuk dijadikan sebagai ajang investasi, mulai dari harga paling terjangkau sampai melambung tinggi, jelas siapapun itu akan tertarik untuk beralih instrumen investasi ke aset emas dan tambang. Tidak menutup kemungkinan di tahun-tahun berikutnya, trend emas tidak akan ada matinya. Meskipun begitu, alasan banyak orang masih menyukai dan tertarik dengan emas, bisa kami rangkum dibawah ini :

  • Emas merupakan perhiasaan dengan bentuk yang mewah dan cocok ketika dipakai untuk acara-acara tertentu.

  • Emas memiliki nilai yang akan selalu naik, meskipun terkadang harganya bisa dipengaruhi kondisi pasar juga.

  • Emas merupakan perhiasaan yang bisa menjaga nilai inflasi dari mata uang kita, setidaknya likuiditas inflasi dari mata uang tidak akan berpengaruh pada nilai emas.

  • Emas banyak dipakai sebagai barang “umum” dalam prosesi acara tertentu seperti halnya pernikahan maupun acara penting lainnya.

Tren Investasi Emas Batangan

Jika anda seorang yang mengikuti tren emas baru, tentu pada 2021 ini anda harus mencoba investasi emas batangan. Emas batangan 1 kg merupakan ukuran emas yang tergolong mahal. Bahkan saat ini harga emas UBS dan Antam ini mencapai puluhan juta rupiah. Dengan demikian sangat wajar bila investasi emas ini tergolong kategori yang menguntungkan. Pasalnya, ada selisih harga jual dan harga beli yang lebih besar. Tentunya akan memberikan keuntungan yang lebih besar.


Sistem investasi emas sendiri ada berbagai cara yang bisa dilakukan, diantaranya menabung emas atau membeli emas dengan sistem patungan. Untuk menabung emas memiliki sistem yang berbeda dengan menabung dengan uang tunai namun hampir menyerupai sistem tabungan berjangka. Menabung emas alternatif lain bila ingin mendapatkan emas batangan 1 kg, yang memiliki harga cukup mahal. Ibarat pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Dengan demikian nilai yang sedikit pun akan bertambah besar bila ditabung tanpa ada proses penarikan.


Sedangkan, cara patungan untuk membeli emas bisa meminimalisir modal/uang yang dikeluarkan. Misalnya ajak sekitar 10 sampai 20 orang rekan bisnis untuk patungan membeli emas dan yakinkan mereka akan keuntungan yang didapatkan.


Simulasi perhitungannya, jika saat ini harga emas sekitar Rp900.000.00. maka jika dibagi 20 orang masing-masing orang tersebut akan memberikan patungan sebesar Rp 45.000.000. Tiap anggota yang melakukan patungan berhak untuk mendapatkan selisih keuntungan yang rata dari harga jual kembali emas tersebut.


Beli Emas di Galeri 24

Melalui Galeri 24, masyarakat bisa melakukan pembelian dan penjualan berbagai jenis emas. Galeri 24 adalah perusahaan retail Emas dan Perhiasan yang juga merupakan anak perusahaan PT Pegadaian Persero. Dengan puluhan outlet yang tersebar, Galeri 24 menyediakan Emas berbentuk Logam Mulia dari berbagai Vendor untuk keperluan investasi jangka panjang Anda.

Selain itu, Galeri 24 juga menjual Perhiasan Emas berkualitas dengan desain trendy dan up to date, serta Batu Mulia seperti Berlian yang bersertifikat. Perlu diketahui, semua emas yang dijual oleh Pegadaian dan Galeri 24 berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) yang merupakan produsen emas terbesar di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mendapat keuntungan saat menjual emas di Pegadaian.

Harga emas yang dibeli kembali di Pegadaian lebih tinggi sedikit dibanding yang ditawarkan oleh PT Antam. Oleh karenanya, jual beli emas lewat Pegadaian sangat direkomendasikan bagi Anda yang mau mulai berinvestasi emas.

Nah itulah beberapa hal yang dapat kami sampaikan kepada anda mengenai trend emas yang sedang populer di tahun 2021 ini. Semoga informasi ini bisa berguna untuk kita semua, minimal memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan.

1 view0 comments