• Galeri24

Wajib Tahu! Ini Risiko dan Cara Aman Investasi Emas Online

Perkembangan teknologi semakin canggih. Hal ini juga ikut mempengaruhi gaya hidup di segala lini, termasuk dalam investasi. Jika emas merupakan investasi zaman old, namun model bisnisnya terus berinovasi lho. Buktinya, kini emas juga bisa dilakukan transaksinya secara online. Dengan adanya investasi emas online yang cocok dengan kalangan milenial, maka stigma emas yang zaman old otomatis berubah secara perlahan. Seperti apa investasi emas online era kekinian?


Membeli emas secara tradisional harus ada transaksi jual-beli secara langsung, hal ini kurang cocok bagi milenial yang terkenal memiliki mobilitas tinggi. Selain itu, adanya pandemi Covid-19 yang menuntut untuk melakukan jaga jarak fisik juga membuat investasi emas online menjadi perlu untuk dicoba. Pastinya Anda bertanya-tanya tentang apa sih keuntungan dan risiko dari investasi emas online? Berikut ada beberapa keuntungan dari investasi emas ini.


1. Transaksi Bisa Dimana Saja

Pertama, Anda dapat melakukan transaksi jual beli emas online di manapun dan kapanpun asal terhubung dengan jaringan internet. Tidak perlu antre datang ke kantor cabang, semua dapat dilakukan secara online.


Bukan hanya uang yang bisa ditransfer atau dikirim ke rekening, emas pun demikian. Dapat ditransfer ke pemilik akun lain asalkan menggunakan aplikasi atau platform yang sama. Investasi emas online tidak membutuhkan banyak modal hingga jutaan rupiah. Zaman sekarang, ada banyak e-commerce yang menawarkan investasi emas dengan modal receh, mulai dari Rp 100 saja.


2. Pantau Harga Secara Realtime

Anda atau investor dapat memantau perkembangan harga emas setiap saat secara real time. Termasuk melakukan transaksi jual atau beli emas langsung saat itu juga. Kendati melakukan transaksinya secara online, tetapi Anda dapat menarik emas milik Anda secara fisik lho! Emas fisik yang Anda miliki dapat dikirim ke lokasi rumah Anda. Ini juga bisa jadi alternatif buat Anda yang ingin mengirim hadiah untuk orang terkasih namun tak bisa bertatap muka.


3. Menghindari Aksi Kejahatan di Rumah

Selain itu, biasanya investasi emas secara fisik selalu direpotkan dengan tempat penyimpanan. Di rumah tidak punya brankas, hanya bisa menyimpan di bawah bantal atau tempat tidur, di laci lemari yang penuh resiko kehilangan atau pencurian. Akan tetapi dengan investasi emas online, Anda tidak perlu memikirkan tempat penyimpanan emas tersebut. Umumnya, perusahaan tempatmu berinvestasi sudah memiliki brankas khusus.


Risiko Investasi Emas Online

Meski memiliki kemudahan dan keamanan yang mumpuni, akan tetapi tak ada gading yang tak retak. Investasi emas online juga memiliki risiko. Risiko yang pertama adalah rawan terjadi pembobolan atau hacking. Setiap sistem yang dibuat pastinya memiliki kelemahan masing-masing. Investasi emas online bisa jadi sasaran kejahatan hacker, pembobolan atau phising untuk mencuri akun dengan menggasak emas milik Anda. Tentu, Anda perlu mewaspadai hal ini.


Caranya, ketahui terlebih dahulu sistem keamanan investasi emas online yang hendak Anda miliki. Pastikan bahwa perusahaan penyedia platform punya mitigasi yang baik dalam menanggulangi kasus-kasus pembobolan seperti ini. Berikut ini ada beberapa tips belanja di toko perhiasan online yang cukup aman dan menenangkan.


1. Lakukan Penilaian Terhadap Kualitas Penjual

Cara yang pertama adalah menilai kualitas penjual dengan detail. Simak dengan baik keseriusannya dalam mempromosikan perhiasan yang dijualnya. Dari sini akan terlihat dengan jelas, apakah si penjual amanah atau sebaliknya.


Yang termasuk ke dalam penilaian reputasi penjual perhiasan online adalah adanya komentar dan testimoni dari pembeli. Ini perlu Anda perhatikan sebelum melakukan pembayaran kepada penjual.


Jika pembeli responsif dalam menjawab komentar serta ada banyak pujian (testimoni) dari pelanggan, berarti reputasi penjual tersebut memang baik. Tak hanya itu, cermati juga foto perhiasan yang di-publish di internet. Jika meragukan lebih baik pindah ke toko yang lain saja.


2. Lakukan Survei Harga Secara Menyeluruh

Jika Anda tertarik dengan satu produk perhiasan yang dijual secara online hanya karena fotonya cantik, maka cegahlah untuk membayarnya sebelum melakukan survei harga. Karena terkadang harga yang diberikan tidak masuk akal dan tidak sesuai dengan produk yang dijual.

Kalau Anda merasa barang tersebut asli dan bermutu, silahkan cari produk yang sama dengan kualitas setara di situs yang lain. Lihat harga di sana lalu jadikan perbandingan apakah harga yang banderol memang logis atau tidak.


3. Beli Perhiasan Di Lapak Online Resmi

Cara berbelanja di toko perhiasan online yang aman selanjutnya adalah membeli perhiasan di lapak atau toko online resmi. Di internet banyak platform semacam ini yang bisa dicoba. Di platform jual beli, pembeli tidak perlu takut akan ditipu oleh penjual. Karena biasanya ada opsi “Uang Kembali” termasuk penukaran barang, jika tidak sesuai dengan gambar atau rusak.

Justru sangat riskan jika berbelanja perhiasan pada situs yang tidak jelas. Apalagi domain yang digunakan gratisan, tentu risiko scam sangatlah besar. Terutama bagi Anda yang tidak paham dengan identitas toko perhiasan di internet yang terpercaya.


Bila masih kurang yakin Anda bisa membeli di situs galeri24.co.id. Galeri 24 merupakan bagian dari PT. Pegadaian yang menjadi unit bisnis resmi penjualan logam mulia Antam dan perhiasan lainnya. Galeri 24 menyediakan pembelian secara offline maupun online.


4. Periksa Ketentuan dan Syarat Jual Beli Sebelum Bertransaksi

Umumnya, di setiap pedagang produk online memiliki ketentuan dan syarat jual beli yang diberlakukan. Ini semacam perjanjian awal sebelum transaksi dijalankan. Nah, bagi pembeli sendiri, alangkah baiknya menyimak ketentuan ini terlebih dahulu sebelum membayar.


Sistem ini tidak jauh berbeda dengan toko emas online. Bahkan ketentuan dan syaratnya jauh lebih ketat dibandingkan kios online yang lainnya. Sebab, harga produk yang diperjualbelikan bernilai mahal.


Tujuan Anda menyimak ketentuan dan syarat-syarat tersebut semata untuk mengetahui pola transaksinya seperti apa. Termasuk jika perhiasan yang dibeli rusak, pengiriman lambat, perhiasan tidak sesuai gambar dan selainnya.


5. Pilih Jenis Transaksi yang Bisa Bayar di Tempat

Saat ini, pembayaran untuk transaksi online tidak semata melalui sistem transfer via ATM. Tetapi juga sudah ada pola pembayaran bayar di tempat ketika barang sudah sampai.

Nah, jika ingin berbelanja perhiasan secara online, silakan gunakan sistem pembayaran semacam ini. Sehingga pembeli tidak perlu khawatir, uang hilang dan perhiasan tidak juga dikirimkan.


Hati-hati terhadap penipuan atau investasi bodong. Oleh karena investasi emas online bentuknya tak kita terima secara fisik, jangan sampai Anda berinvestasi pada kertas kosong. Artinya, Anda harus meneliti baik-baik apakah platform investasi emas online yang Anda pilih kredibel atau terdaftar resmi atau tidak.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥