Kabar Emas
13 Feb 2024

5 Cara Bertransaksi dengan Aman Saat Membeli Emas Online

Bagikan
article-cover-images/ed25d0b5a6363186435084757af32347

Cara bertransaksi dengan aman saat membeli emas online kini menjadi salah satu informasi dibutuhkan oleh para pemula yang ingin melakukan investasi. Emas telah lama dipercaya menjadi salah satu instrumen investasi yang aman sekaligus menguntungkan atau mendatangkan cuan.

Selain dipercaya kebal terhadap inflasi, antara lain emas juga mempunyai kekuatan sebagai pelindung nilai aset. Berkat perkembangan teknologi, pamor emas sebagai instrumen investasi di dalam beberapa akhir tahun ini makin mencorong.

Investasi emas secara online kini menjadi salah satu cara yang paling mudah untuk melakukan investasi jangka panjang. Ada beberapa cara bertransaksi dengan aman saat membeli emas online yang harus dipahami supaya tetap memberikan keuntungan.

Cara Bertransaksi Dengan Aman Saat Membeli Emas Online

Tidak dipungkiri, mungkin untuk beberapa orang yang barusan saja terjun di dalam dunia investasi bingung di saat akan melakukan transaksi emas online. 5 cara bertransaksi dengan aman saat membeli emas online yang dapat dilakukan adalah:

1. Menentukan Tujuan Investasi Emas

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan tujuan investasi emas terlebih dahulu. Misalnya, untuk modal usaha, membeli properti, menunaikan ibadah umroh atau membeli kendaraan.

Apapun tujuan yang ingin dicapai, tetap diingat bahwa emas yang dibeli harus disesuaikan dengan kemampuan. Jadi, jangan pernah berpikiran bahwa Anda harus membeli emas dengan nilai gram yang besar. Sebaiknya, Anda bisa menggantinya dengan mulai berinvestasi dengan gram emas paling kecil.

2.. Memantau Harga Emas

Cara bertransaksi dengan aman saat membeli emas online selanjutnya adalah memantau harga emas. Semua benda yang mempunyai nilai jual, pasti cenderung fluktuatif atau bisa naik atau turun.

Maka dari itu, Anda bisa terus melakukan pengecekan atau memantau harga setiap saat. Pemantauan harga emas merupakan salah satu kunci yang dilakukan pada saat ingin melakukan transaksi.

Jadi, Anda bisa memutuskan kapan waktu yang tepat untuk membeli emas sebagai tambahan koleksi atau justru menjual kepada pihak lain. Waktu jual yang tepat merupakan harga emas sedang tinggi. Sementara itu, waktu beli terbaik adalah ketika harga emas sedang menurun.

3. Membeli dan Bertransaksi di Tempat yang Aman dan Terpercaya

Mempunyai investasi emas berharga seperti emas pasti mempunyai tingkat resiko yang tinggi. Terlebih lagi jika melakukan penyimpanan sendiri dirumah. Itulah kenapa investasi emas online saat ini banyak diminati oleh beberapa kalangan masyarakat. Akan tetapi, bukan berarti Anda akan terbatas tindak kriminal karena penipuan berkedok investasi online kini juga semakin meningkat.

4. Kenali Jenis Investasi Emas Online yang Akan Dipilih

Cara bertransaksi dengan aman saat membeli emas online ini dibagi menjadi tiga jenis, yaitu emas batangan, koin emas dan perhiasan. Untuk ketiga jenis tersebut bisa berbentuk fisik alias bisa menyimpannya sendiri.

Sementara itu, investasi emas yang dilakukan di dalam bentuk online bisa berupa menabung emas, jual beli emas sampai dengan konsinyasi emas. Semua jenis investasi tersebut pasti ada untung dan ruginya.

Bahkan, untuk investasi emas ini belum tentu memberikan keuntungan dan bisa saja merugi. Maka dari itu, pastikan untuk Anda mengenali dengan baik jenis investasi yang akan dipilih sebelum benar-benar melakukan investasi.

5. Mengenali Tempat Investasi

Melakukan investasi emas memang lebih aman dibandingkan menyimpan logam mulia di dalam rumah. Hanya saja, investasi online perlu diwaspadai perusahaan yang dipilih untuk tempat melakukan investasi.

Salah satu alasannya, adalah ketika perusahaan gulung tikar, biar kesulitan untuk menarik investasi yang sudah dilakukan. Meski sangat jarang terjadi, tetap saja perlu berhati-hati di saat memilih tempat investasi.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, emas semakin mudah dibeli dan dijual. Investasi emas bisa dimulai dari 0,01 gram dan tanpa perlu datang ke toko emas seperti yang dilakukan di beberapa tahun lalu.

Selain itu, kini tidak perlu lagi mempunyai banyak uang untuk melakukan investasi emas. Berinvestasi emas bisa dilakukan di Galeri 24 dengan minimal investasinya hanya dengan Rp50.000,00. Bagi Anda yang ingin melakukan investasi dengan nominal lebih banyak juga boleh saja dilakukan.

Investasi emas bisa dilakukan oleh semua orang investor. Hanya saja, bagi investor pemula ada baiknya untuk mengetahui bahwa instrumen investasi ini bisa dilihat dari hasilnya untuk jangka panjang atau tidak.

Paling tidak, untuk Anda yang ingin melakukan investasi emas membutuhkan waktu 5-10 tahun. Selain itu, perlu mengetahui bahwa ada dua macam harga emas batangan, yaitu beli emas dan harga jual kembali.

Ada banyak juga layanan investasi yang ditawarkan oleh Galeri 24 menarik untuk dipilih atau digunakan. Akan tetapi, perlu diingat lagi untuk pemilihan jenis layanan investasi ini disesuaikan lagi dengan kebutuhan.

Nah, itulah dia penjelasan lengkap mengenai cara bertransaksi dengan aman saat membeli emas online. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin melakukan investasi emas jangka waktu panjang sampai dengan 5-10 tahun mendatang.

Lalu pastikan jika Anda hendak beli emas, belinya di tempat yang pasti-pasti saja seperti di Galeri 24. Beli emas di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!