Kabar Emas
9 Feb 2024

11 Keuntungan Simpan Emas dalam Jangka Panjang

Bagikan
article-cover-images/0031c043da53c70d38b8519c9b89d243

Emas adalah salah satu aset yang paling aman dan stabil yang dapat dimiliki. Kebanyakan orang menganggap bahwa simpan emas adalah cara yang aman untuk menyimpan uang. Emas memiliki nilai yang stabil, berfluktuasi hanya sedikit, dan jarang dicurangi. Selain itu, emas dapat diperjualbelikan dengan mudah jika diperlukan. Bagi Anda yang masih ‘maju-mundur’ untuk berinvestasi di emas, wajib simak paparan informasi di bawah ini!

Keuntungan Simpan Emas dalam Jangka Panjang

Berinvestasi emas dianggap lebih aman dengan keuntungan yang lebih predictable, berikut ini adalah keuntungan simpan emas dalam jangka waktu panjang.

1. Stabilitas Nilai

Stabilitas nilai emas menjadi alasan utama mengapa emas telah lama dianggap sebagai simpanan yang tepat dalam jangka panjang. Nilai emas tidak bergantung pada nilai mata uang, yang berarti bahwa nilai emas tidak akan terpengaruh oleh fluktuasi nilai mata uang.

Nilai emas juga tidak dapat dikendalikan oleh pemerintah atau pihak lain. Ini berarti bahwa nilai emas tidak akan terpengaruh oleh kebijakan ekonomi, sehingga ia dapat diandalkan untuk jangka waktu yang lama. Selain itu, emas juga tidak berubah atau terkikis dengan waktu, yang berarti bahwa ia akan tetap memiliki nilai yang sama meskipun berlalu bertahun-tahun.

2. Dapat Dijual dengan Mudah

Emas dapat dijual dengan mudah dan cepat. Anda dapat dengan mudah menemukan orang yang akan membeli emas dari Anda. Anda bisa melakukan jual-beli emas melalui toko emas, bank, ataupun platform jual-beli online. Di samping itu, Anda juga bisa memantau pergerakan harga emas secara real time dengan menggunakan berbagai platform informasi. Dengan adanya fasilitas ini, investor bisa lebih mudah mengatur dan mengelola investasinya dalam emas.

3. Tidak Menghabiskan Uang

Karena nilai emas tidak berubah dengan cepat, Anda tidak perlu khawatir tentang kehilangan uang jika Anda menyimpan emas dalam jangka panjang. Tidak seperti properti atau kendaraan, emas tidak memerlukan biaya tahunan untuk pajak, perawatan, atau asuransi. Ini artinya, bahkan jika emas Anda tidak bergerak dalam nilai, Anda masih dapat menyimpannya tanpa biaya tambahan.

4. Tidak Terpengaruh oleh Perubahan Ekonomi

Keunggulan utama emas adalah bahwa nilainya tidak terpengaruh oleh perubahan ekonomi. Ini karena emas merupakan komoditas yang memiliki nilai intrinsik yang tetap, sehingga meskipun kondisi ekonomi berubah, harga emas akan tetap stabil.

Selain itu, emas juga merupakan logam mulia yang langka sehingga harganya akan terus meningkat. Hal ini karena permintaan emas di pasar yang terus meningkat, terutama saat kondisi ekonomi tidak menentu, karena banyak investor yang mencari aset yang aman untuk ditahan.

5. Tidak Terpengaruh oleh Gejolak Politik

Emas tidak memiliki nilai kredit atau nilai intrinsik. Ini berarti bahwa nilai emas tidak bergantung pada kebijakan ekonomi atau politik suatu negara. Meskipun gejolak politik dapat menyebabkan fluktuasi pasar lainnya, emas tidak akan berubah. Ini berguna untuk investor jangka panjang, karena mereka dapat menyimpan emas sebagai aset jangka panjang yang aman.

Emas dianggap sebagai mata uang universal. Ini berarti bahwa emas dapat ditukar dengan berbagai mata uang lainnya. Misalnya, jika nilai mata uang suatu negara menurun, investor dapat menukar emasnya dengan mata uang lain yang lebih kuat. Ini berarti bahwa nilai emas tidak akan berkurang meskipun gejolak politik terjadi.

Emas juga memiliki kemampuan untuk melindungi nilai aset investor. Hal ini karena emas mengalami kenaikan nilai ketika jangka pendek atau jangka panjang ekonomi suatu negara bergejolak. Ini membantu investor untuk mempertahankan nilai asetnya dalam jangka panjang.

6. Aset yang Bisa Diwariskan

Emas dapat diwariskan dari satu generasi ke generasi lain selama berabad-abad tanpa kehilangan nilai. Hal ini disebabkan oleh stabilitas harga emas dan kapasitasnya untuk menahan nilai selama waktu yang lama.

Ketika Anda membeli emas, Anda berinvestasi dalam logam mulia yang telah dicintai selama berabad-abad. Emas dapat dimanfaatkan sebagai simpanan kekayaan yang dapat diwariskan dan dipindahtangankan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

7. Aman dari Perubahan Teknologi

Emas tidak terpengaruh oleh perubahan teknologi. Hal ini berarti bahwa anda dapat yakin bahwa nilai emas anda tidak akan berubah dengan cepat jika ada perubahan besar dalam teknologi.

Ketahanan emas terhadap perubahan teknologi juga dapat dilihat dari segi ekonomi. Emas telah lama dianggap sebagai mata uang yang paling stabil karena nilainya yang tahan terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang. Ini berarti bahwa emas akan tetap bertahan meskipun teknologi berubah.

8. Aman dari Inflasi

Emas memiliki kemampuan untuk melindungi investor dari inflasi karena harganya tidak terpengaruh oleh inflasi. Ini berarti bahwa nilai emas tidak akan berkurang selama inflasi berlangsung. Selain itu, emas memiliki kestabilan harga yang baik dan cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini membuat emas cocok untuk disimpan sebagai investasi jangka panjang dan melindungi investor dari inflasi.

Karena emas memiliki perlindungan dari inflasi, para investor dapat yakin bahwa mereka akan mendapatkan hasil yang lebih baik daripada investasi lainnya. Selain itu, investasi emas juga tidak memerlukan biaya tambahan untuk pemeliharaan dan biaya transaksi yang rendah. Ini menjadikan emas sebagai investasi yang menguntungkan dan populer untuk jangka panjang.

9. Nilai yang Tinggi

Emas memiliki nilai yang tinggi dan stabil sehingga menjadi salah satu investasi yang layak dipertimbangkan. Nilai emas cenderung naik dari waktu ke waktu, yang menjadikannya sebagai salah satu aset yang menarik untuk disimpan dalam jangka panjang.

Kemampuan emas untuk menahan nilai jangka panjangnya disebabkan oleh ketersediaannya yang terbatas. Produksi emas tidak dapat menyesuaikan diri dengan permintaan, sehingga ketika permintaan meningkat, harga emas ikut naik. Kestabilan harga emas juga disebabkan oleh ketersediaannya yang tidak terpengaruh oleh inflasi atau kondisi ekonomi. Sehingga meskipun kondisi ekonomi mengalami penurunan atau inflasi tinggi, nilai emas tetap stabil.

10. Bisa Dijadikan sebagai Dana Darurat

Nilai emas tidak berubah secara drastis dalam jangka waktu yang lama, sehingga memungkinkan para investor untuk menyimpan emas sebagai cadangan dana darurat. Emas juga tidak terikat oleh fluktuasi nilai mata uang, sehingga anda tidak perlu khawatir tentang nilai uang anda menurun.

11. Investasi yang Aman

Emas telah lama dianggap sebagai salah satu investasi yang paling aman. Hal ini karena nilainya yang cenderung stabil dan relatif tahan terhadap inflasi. Nilai emas tidak terkait dengan kondisi politik atau ekonomi negara manapun dan nilainya relatif tidak terpengaruh oleh fluktuasi nilai tukar mata uang. Ini membuatnya menjadi pilihan yang aman untuk menyimpan kekayaan jangka panjang.

Simpan emas dalam jangka panjang merupakan salah satu cara yang paling aman untuk menyimpan uang. Dengan keuntungan simpan emas dalam jangka panjang di atas, Anda dapat yakin bahwa Anda dapat membuat keputusan investasi yang tepat.

Agar keputusan investasi emas semakin tepat, pastikan hanya mempercayakan pembelian emas di Galeri 24. Galeri 24 menyediakan berbagai jenis emas untuk investasi, mulai dari emas dengan gram terkecil hingga gram besar.

Masih merupakan bagian dari PT Pegadaian Persero, sehingga soal kredibilitas dan keamanan emas yang dihadirkan oleh Galeri 24 tentu sangat terpercaya. Hal ini juga ditambah dengan kualitas emas yang ada sudah sesuai dengan SNI 8880:2020.

Bisa didapatkan di gerai fisik hingga e-commerce resmi, pastikan hanya percayakan pembelian emas untuk investasi Anda di Galeri 24. Karena hanya di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!