Kabar Emas
17 Apr 2024

Apa yang Diperhatikan Saat Memilih Berlian

Bagikan
article-cover-images/2b1b5ced9df0e19e1e44e50837ef9028

Sejak lama, berlian dianggap sebagai simbol keabadian dan kemewahan. Kendati demikian, memilih berlian bukanlah hal yang mudah, karena membutuhkan kecermatan. Anda perlu mengetahui bagaimana tips memilih berlian karena kualitas berlian ditentukan oleh berbagai faktor, diantaranya warna, karat kejernihan, potongan, serta budget dan nilai berlian yang sesuai.

Galeri24 merupakan salah satu toko emas yang menyediakan berlian dengan kualitas terbaik. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai beberapa aspek kunci untuk memilih berlian.

Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Memilih Berlian

Bagi Anda yang ingin membeli berlian untuk perhiasan atau investasi, ada beberapa tips memilih berlian berkualitas.

1. Warna (Color)

Warna menjadi karakteristik yang sangat penting ketika menentukan kualitas berlian. Warna berlian yang sempurna yaitu tidak berwarna sama sekali atau disebut berlian 'colorless' atau berlian putih murni. Namun berlian juga memiliki nuansa warna yang berbeda, mulai dari warna kuning, coklat, biru, dan merah muda.

Warna berlian berdampak signifikan terhadap penampilan estetika dan nilai batu mulia tersebut. Jika warna pada berlian semakin sedikit, maka harga berlian tersebut semakin mahal. Secara visual, berlian yang lebih putih terlihat lebih bercahaya dan bersih sehingga menciptakan kesan kilauan dan mewah.

Dalam mengukur tingkat warna atau keputihan pada berlian, Gemological Institute of America (GIA) membuat skala warna sebagai parameter yang diakui secara internasional. Adapun skala warna tersebut mulai dari D (tidak berwarna) hingga Z warna terlihat jelas). Berikut penjelasan masing-masing grade warna secara singkat.

· D-F: Berlian dengan grade warna ini dianggap colorless, yaitu berlian yang tidak memiliki warna atau warnanya bening bersih. Berlian ini dianggap batu mulia terlangka sehingga memiliki nilai tertinggi.

· G-J: berlian Pada kategori grade warna ini mempunyai warna yang hampir tidak terlihat dengan mata telanjang sehingga masih dalam kategori berlian yang sangat berharga.

· K-M: berlian pada cat warna ini mempunyai warna dengan nuansa sedikit terlihat, terutama saat dilihat secara cermat.

· N-R: berlian Pada kategori grade warna ini mempunyai warna yang terlihat jelas tetapi masih menampakkan kilauan indah.

· S-Z: berlian dengan kategori grade warna ini mempunyai warna yang terlihat nyata sehingga bisa dilihat dengan mudah.

Selain mempengaruhi penampilan visualnya, warna berlian juga sangat mempengaruhi harga jualnya. Berlian tanpa warna atau sedikit warna memiliki nilai dan harga yang lebih tinggi dibandingkan berlian yang memiliki warna jelas.

Hal ini terjadi karena warna berlian yang lebih putih dapat menghasilkan cahaya yang lebih baik dan terlihat bersih sehingga mampu menciptakan kilauan yang sangat indah.

2. Karat (Carat)

Karat merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan ketika memilih berlian. Karat lebih mengacu pada berat berlian, bukan dimensi atau ukurannya. Dalam tips memilih berlian, jika karetnya semakin besar maka ukuran dan berat berlian tersebut semakin besar juga.

Saat memilih berlian berkualitas seringkali terjebak untuk terus mengejar ukuran yang besar tanpa memperhatikan karat. Padahal sangat penting untuk menimbang antara ukuran dan kualitas, karena kualitas berlian memegang peran sangat penting.

Berlian dengan karat besar tetapi kualitasnya rendah tidak mampu memberikan kilau keindahan sesuai keinginan. Untuk itu, Anda harus menemukan keseimbangan antara ukuran dan kualitas.

Terdapat mitos yang beredar saat memilih karat berlian, misalnya anggapan tentang jika karatnya semakin besar, maka berlian tersebut semakin berharga. Hal ini tidak selalu benar karena kualitas berlian menjadi hal yang harus dipertimbangkan dengan baik.

Berlian dengan karat lebih rendah tetapi memiliki kualitas tinggi bisa saja bernilai sama atau lebih tinggi dari berlian karet besar tetapi kualitasnya lebih rendah.

3. Kejernihan (Clarity)

Kejernihan merupakan salah satu tips memilih berlian berkualitas. Untuk melihat kejernihan, Anda dapat mengacu pada seberapa bebas kecacatan atau inklusi yang terlihat pada sebuah berlian. Untuk itu, Anda perlu mengenal sistem penilaian kejernihan berlian.

Dalam membantu menentukan kejernihan berlian saat membelinya ada sistem penilaian yang diberlakukan, seperti GIA Clarity Scale. Sistem ini menunjukkan kategori kejernihan berlian sesuai tingkat inklusi atau kecacatan pada batu permata tersebut. Mulai dari kejernihan yang sangat bersih (flawless) hingga berlian dengan inklusi yang dapat terlihat jelas (included).

Lalu bagaimana cara untuk menentukan kejernihan yang sesuai? Saat Anda memilih berlian, pertimbangkan juga kebutuhan dan anggaran. Apabila Anda ingin membeli berlian yang sempurna tanpa inklusi, maka pilihlah berlian dengan kejernihan yang tinggi.

Namun jika Anda memiliki anggaran terbatas, pertimbangkan untuk tidak memilih berlian dengan tingkat kejernihan tinggi sehingga bisa memperoleh karat dan kualitas yang lebih baik.

4. Potongan (Cut)

Potongan berlian menjadi salah satu aspek penting ketika menentukan berlian untuk perhiasan maupun investasi. Dengan memilih potongan yang tepat maka dapat menciptakan keindahan, kilauan, dan kecerahan berlian yang lebih sempurna. Sedangkan potongan yang buruk dapat membuat berlian tampak tidak menarik dan kusam.

Berikut merupakan beberapa jenis potongan berlian.

· Brillian Cut: potongan ini merupakan yang paling populer yang menghasilkan 58 cc sehingga menciptakan kilatan dan kilauan berlian yang menakjubkan. Cahaya dapat masuk lewat sisi atas

berlian yang dipantulkan lewat sisi-sisi sebelumnya kembali ke atas untuk membuat kilauan yang intens.

· Princess Cut: potongan ini berbentuk persegi yang memiliki sudut tajam dengan tepian bersih. Potongan ini juga menciptakan keindahan kristal berlian dengan kilauan tajam dan kontemporer.

· Emerald Cut: Potongan emerald cut berbentuk persegi panjang yang memiliki sudut lebih lembut. Dengan potongan ini maka berlian dapat menampakkan kejelasan dengan menonjolkan kejelasan kristal dan kejernihannya.

· Cushion Cut: Potongan ini berbentuk lebih bulat dengan sudut lembut seperti bentuk bantal. Berlian yang dihasilkan dapat memancarkan kilauan lebih lembut dan mewah.

· Marquise Cut: potongan marquise berbentuk seperti kapal dengan dua ujung tajam yang mampu memberikan ilusi optik berbentuk panjang sehingga membuat jari terlihat lebih lentik.

Potongan berlian ternyata tidak sekadar tentang bentuk luar berlian, tetapi juga bagaimana cahaya dapat berinteraksi dengan berlian tersebut. Dengan potongan yang tepat maka dapat membuat cahaya masuk ke dalam berlian, kemudian dipantulkan dari sisi-sisinya yang keluar lewat atas dan menciptakan kilauan serta spektrum warna yang sempurna.

5. Budget Dan Nilai Berlian yang Sesuai

Tips memilih berlian salah satunya yaitu menetapkan anggaran realistis sesuai kebutuhan. Hal ini dapat membantu Anda menghindari kemungkinan memilih berlian yang melampaui batas finansial.

Perlu diingat bahwa nilai berlian tidak sekadar ditentukan oleh kilauan dan ukurannya saja, tetapi ada berbagai aspek lainnya yang mempengaruhi harga berlian. Oleh karena itu, ketika menentukan anggaran pertimbangkan keseluruhan nilai berlian yang ingin dimiliki.

6. Memilih Sumber dan Penjual Berlian yang Terpercaya

Saat membeli berlian, pilihlah sumber dan penjual yang terpercaya yang memiliki reputasi baik dan terbukti telah menjual berlian berkualitas tinggi. Galeri24 merupakan salah satu tempat yang menjual berlian kredibel dan terpercaya yang kini sudah memiliki 82 outlet yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia.

Galeri24 telah memiliki sertifikasi valid sehingga memberikan jaminan kualitas dan keaslian berlian yang dijual. Anda perlu menghindari sumber dan penjual yang meragukan yang tidak dapat menjamin asal usul dan kualitas berlian.

Itulah beberapa tips memilih berlian yang perlu Anda perhatikan. Dengan mempertimbangkan beberapa aspek di atas dengan hati-hati maka Anda dapat memperoleh berlian sesuai kebutuhan, preferensi, dan anggaran yang Anda miliki. Ingat bahwa membeli berlian merupakan keputusan yang harus diambil dengan cermat serta memperhatikan berbagai faktor seperti warna karat kejernihan potongan sehingga dapat memperoleh berlian yang sempurna.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap nasabah, Galeri 24 menyediakan layanan call center yang dapat dihubungi bila ada pertanyaan atau keluhan mengenai produk atau pelayanan baik secara online maupun offline. Adapun nomor yang bisa dihubungi terkait hal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Call Center 021 - 3104506 021-21235777

2. Whatsapp Call Center & Complaint Handling 081112202424

3. WBS (Whistle Blowing System) Telp./WA: 081119002444 Email : wbsplg24@galeri24.co.id Url : bit.ly/WBSG24