Kabar Emas
22 Apr 2024

Mengapa Emas Tetap Menjadi Investasi yang Dicari

Bagikan
article-cover-images/4cbefb626353b797f41f6844a9b9efc1

Emas adalah jenis logam mulia yang memiliki nilai tinggi sehingga tidak heran jika banyak masyarakat banyak tertarik dengan investasi emas. Tahukah Anda bahwa emas menjadi bagian dari peradaban manusia sudah sejak ribuan tahun lalu sebelum masehi?

Logam mulia yang bersifat lunak dan mudah ditempa ini menjadi salah satu benda paling berharga dan paling dicari. Emas juga memiliki nilai estetika dan makna simbolis di baliknya.

Emas dalam Sejarah Peradaban Manusia

Sejarah mencatat bahwa emas sudah menjadi simbol kekayaan, keagungan, dan kemakmuran sejak ribuan tahun lalu. Mulai dari peradaban mesir kuno, zaman romawi, hingga zaman modern seperti sekarang.

Di zaman mesir kuno, emas menjadi barang mewah yang kerap digunakan sebagai ornamen kerajaan dan bahkan makam para Firaun. Salah satu penemuan harta karun emas terbesar yang berasal dari seabad lalu adalah milik seorang Raja Mesir atau Firaun yakni Tutankhamun.

Selain kematian raja yang terlalu dini, peti matinya yang berlapis emas telah memikat perhatian dunia selama berabad-abad. Emas yang dikubur bersama mumi para Firaun ini menunjukkan status sosial bahwa mereka berasal dari kalangan atas.

Selain hiasan raja-raja yang bertakhta emas, bangunan-bangunan peninggalan zaman dulu juga menjadi bukti bahwa emas dijadikan simbol kekayaan yang abadi.

Pada zaman Romawi kuno, emas mulai dicetak menjadi koin untuk perdagangan internasional. Kepemilikan emas juga menjadi simbol kekayaan dalam sejarah peradaban India, China, dan Amerika Latin.

Zaman dulu, tidak sembarang orang yang bisa memiliki emas karena nilainya yang sangat tinggi. Saking berharganya emas, logam mulia yang mengkilap ini kerap menimbulkan masalah hingga malapetaka. Mulai dari proses penambangan emas yang tidak mudah hingga emas yang memicu perang antar penguasa.

Perhiasan dan karya seni berlapis emas selalu dihargai karena memiliki keindahan dan nilai sentimental yang tinggi. Jadi, investasi emas selalu menarik di kalangan masyarakat.

Di zaman yang lebih modern, emas sering dijadikan sebagai warisan yang diturunkan dari generasi ke generasi. Misalnya dengan mewariskan emas dari ibu ke anak atau dari nenek ke cucunya. Emas yang dijadikan warisan keluarga umumnya berupa perhiasan seperti anting-anting, cincin, kalung, dan gelang.

Emas memiliki keindahan dengan kilauannya yang khas. Cahaya yang dipantulkan ini memberikan kesan mewah yang memikat mata. Kilauan yang indah menghasilkan tampilan yang elegan pada benda-benda berlapis emas.

Di beberapa tradisi dan budaya, terutama di masyarakat Asia dan Timur Tengah, emas dijadikan sebagai mahar atau hadiah pernikahan. Mahar emas melambangkan kekayaan, kemakmuran, dan keberuntungan. Hal ini kemudian menjadi tradisi dan budaya yang masih ada hingga sekarang.

Emas adalah Investasi yang Stabil

Selain perhiasan, emas dalam bentuk batangan juga menjadi pilihan masyarakat untuk investasi masa depan. Anda bisa jual kembali emas dan mendapatkan keuntungan saat harganya di pasaran naik.

Sebenarnya, emas tidak termasuk logam langka dan dapat bereaksi dengan unsur lain. Namun, terlepas dari hal tersebut, emas masih menjadi target buruan dan banyak orang yang tertarik investasi emas.

Emas menawarkan banyak hal yang dapat memberikan keuntungan secara finansial. Berikut beberapa alasan emas menjadi logam mulia yang paling menarik bagi masyarakat.

  • Tidak memiliki batas waktu dan sulit dipalsukan.
  • Nilainya konsisten seiring pertambahan waktu.
  • Dapat dijadikan uang tunai dengan cepat dan mudah.
  • Dapat dibagi-bagi jika ingin nilai tukar emas yang lebih kecil.
  • Memungkinkan dibawa dalam jumlah kecil untuk nilai emas yang besar.
  • Butuh waktu dan proses mulai dari penambangan hingga emas berakhir di tangan konsumen. Logam mulia ini bisa jadi salah satu instrumen pilihan untuk diversifikasi portofolio Anda.

    Banyak orang berani untuk investasi emas karena harganya stabil dan cenderung meningkat dalam jangka panjang. Emas memiliki nilai yang stabil sebab permintaan akan logam mulia ini cukup tinggi, baik di kalangan masyarakat biasa hingga investor besar.

    Selain itu, emas menjadi investasi yang stabil karena nilainya yang tidak terpengaruh oleh aset lain. Emas memiliki nilai sendiri dan bahkan dianggap sebagai investasi yang aman (safe haven).

    Safe haven adalah aset yang diharapkan nilainya akan tetap atau meningkat saat pasar mengalami gejolak. Emas sebagai safe haven terbukti saat awal-awal pandemi Covid-19 yang mana pasar saham mengalami market crash atau anjlok tetapi emas harganya aman dan bahkan terpantau naik.

    Saat pandemi tahun 2020 lalu, IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan sempat anjlok 33 persen di kisaran Rp 3.800. Di periode yang sama, harga emas ANTAM justru naik ke level Rp 933.000 per gram atau naik 21 persen.

    Hal ini yang membuat banyak investor menggunakan emas untuk meminimalisir kerugian investasi saat terjadi penurunan pasar dan krisis keuangan. Aset ini memiliki nilai yang aman dan mampu menghadapi volatilitas pasar.

    Harga emas cenderung meningkat seiring tingginya permintaan. Ini bisa jadi pilihan untuk diversifikasi karena nilai emas tetap terjaga meskipun terjadi inflasi maupun deflasi.

    Emas Berkualitas dari Koleksi Galeri 24

    Nah, bagi Anda yang ingin menabung atau investasi emas bisa lihat koleksi dari Galeri 24. Sebagai anak perusahaan PT Pegadaian Persero, Galeri 24 memastikan setiap emas yang dijual resmi, legal, dan berkualitas.

    Selain itu, Galeri 24 juga sudah memiliki pabrik emas sendiri (workshop galeri 24). Galeri 24 tidak hanya memasarkan tetapi juga menjadi produsen emas.

    Dari workshop Galeri 24 menghasilkan emas dan produk turunan emas yang benar-benar terjaga mutunya dengan memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) 8880 Tahun 2020 tentang perhiasan emas.

    Beli emas berkualitas menjadi lebih mudah, Anda bisa cek langsung di Galeri 24 yang tersebar di berbagai wilayah di seluruh Indonesia atau melalui marketplace Galeri 24 di Shopee dan Tokopedia.

    Tidak perlu bingung lagi dimana jual emas sebab Galeri 24 juga melayani buyback untuk emas-emas pernah Anda beli. Cukup datang langsung ke Galeri 24 terdekat dan bawa emas yang ingin Anda jual.

    Adapun untuk Anda yang ingin jual-beli emas, Galeri 24 menghadirkan beberapa produk, antara lain:

    1. Emas Batangan

    Emas batangan adalah logam mulia dengan kadar emas 99,99%. Bagi Anda para investor emas, Galeri 24 menyediakan produk logam mulia dengan berat 250 gram, 500 gram, hingga 1.000 gram.

    2. Souvenir Emas

    Produk turunan emas ini cocok untuk hadiah atau gift. Galeri 24 mengeluarkan beberapa produk seperti batik series, Christmas series, dan lainnya.

    3. Perhiasan

    Produk emas berkualitas dari Galeri 24 juga dihadirkan dalam bentuk perhiasan. Cocok untuk Anda yang ingin menabung sambil berhias, ada cincin, kalung, liontin, gelang, dan lain-lain.

    Jadi, kapan Anda mulai investasi emas? Cek langsung di online store dan offline store Galeri 24 untuk mendapatkan emas berkualitas SNI dengan berbagai pilihan kadar dan gramasi.

    Untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap nasabah, Galeri 24 menyediakan layanan call center yang dapat dihubungi bila ada pertanyaan atau keluhan mengenai produk atau pelayanan baik secara online maupun offline. Adapun nomor yang bisa dihubungi terkait hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Call Center 021 - 3104506 021-21235777
  • Whatsapp Call Center & Complaint Handling 081112202424
  • WBS (Whistle Blowing System) Telp./WA: 081119002444 Email : wbsplg24@galeri24.co.id Url : bit.ly/WBSG24