Kabar Emas
19 Apr 2024

Perbedaan Berlian Buatan Dengan Berlian Alami

Bagikan
article-cover-images/5e2ffc71e5ad1a3d64088ee49e64fb8e

Saat Anda memilih berlian, tidak hanya keindahan visual saja yang perlu diperhatikan, tetapi Anda juga perlu mengetahui tentang perbedaan antara berlian buatan dan berlian alami.

Saat ini berlian sintetis atau buatan menjadi semakin populer karena dianggap sebagai perhiasan alternatif yang menarik. Namun begitu, sangat penting untuk memahami perbedaan karakteristik antara keduanya sebelum melakukan pembelian, terutama bagi orang-orang yang membeli berlian bertujuan untuk investasi.

Apa Itu Berlian Buatan?

Berlian buatan disebut juga dengan berlian sintetis, yaitu berlian yang dibuat di laboratorium sebagai buatan manusia. Jadi berlian sintetis ini bukanlah berlian asli, tetapi merupakan prestasi dari kecerdasan manusia yang luar biasa dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Batu permata buatan yang indah ini bukan sekedar tiruan saja, tetapi merupakan bentuk replika indah dari berlian alami. Berlian sintetis dibuat dengan sangat cermat melalui prosedur dan metode yang serupa dengan pemolesan berlian asli.

Jika dilihat dari struktur kristal antara berlian alami dan berlian sintetis struktur kristalnya sangat serupa bahkan hampir tidak bisa dibedakan.

Meskipun berlian sintetis mempunyai daya pikat yang luar biasa, tetapi nilai dan harganya tentu tidak sebanding dengan berlian asli.

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Pasalnya, berlian alami melalui evolusi geologis yang sangat lama bahkan lebih dari 3,3 miliar tahun. Tentu hal ini tidak dapat disamakan dengan berlian sintetis yang merupakan buatan manusia dengan memadukan keunikan sendi dan inovasi.

Asal Mula Berlian Buatan

Apakah Anda tahu kapan berlian sintetis itu mulai ada? Konsep berlian sintetis ada sejak abad ke-19 saat seseorang bernama James Ballantine Hanay membuat berlian sintetis berukuran kecil dengan bantuan mesin cetak yang cukup kuat.

Kemudian beralih pada tahun sekitar 1950-an berlian sintetis untuk pertama kalinya layak diproduksi dan dikomersialkan. Hal ini juga yang menjadi tanda berawalnya era eksplorasi dan penyempurnaan.

Pada mulanya, berlian sintetis ini digunakan untuk kebutuhan industri yang pertama kali dibuat oleh para peneliti General Electric (GE) saat tahun 1970.

Setelah bertahun-tahun, akhirnya para produsen berlian sintetis berhasil untuk meningkatkan ukuran dan kualitas berlian tersebut hingga mirip dengan berlian alami.

Gambaran Pembuatan Berlian Sintetis

Berlian buatan diproduksi melalui dua metode tekanan tinggi, yaitu metode suhu tinggi (HPHT) dan deposisi uap kimia (CVD).

Jika melalui metode HPHT, butir berlian kecil diletakkan pada mesin cetak dengan tekanan tinggi lalu dikenai tekanan dan panas yang sangat ekstrem. Proses pembentukannya meniru bagaimana berlian alami dibentuk.

Selanjutnya, sumber karbon dilelehkan sehingga terjadi kristalisasi di area biji berlian yang kemudian membentuk lapisan-lapisan berlian secara bertahap.

Sedangkan dalam metode CVD, butir berlian diletakkan pada ruang yang berisi gas kaya karbon. Gas tersebut akan terurai melalui energi gelombang plasma atau mikro kemudian atom karbon melalui proses pengendapan pada biji atau butiran berlian, lapis demi lapis. Akhirnya proses ini berhasil membentuk berlian sintetis yang sangat indah.

Namun demikian, kedua metode ini membutuhkan kontrol yang cermat dan tepat sehingga dapat terbentuk berlian sintetis yang berkualitas lebih tinggi.

Keindahan Visual Berlian Sintetis

Tidak hanya berlian alami yang memiliki keindahan abadi, berlian buatan yang ditumbuhkan di laboratorium juga mempunyai ciri fisik dan visual yang serupa dengan berlian alami. Dari segi kekerasan, keduanya memiliki keras yang luar biasa sehingga berlian sintetis mampu menawarkan pilihan kualitas dan warna.

Serupa denganberlian, berlian sintetis pun dapat menunjukkan kilau potongan, warna, dan kecerahan yang luar biasa tergantung bahan awal dan keterampilan pemotongannya.

Untuk dapat membedakan berlian alami dan berlian buatan tentunya butuh teknik gemologi yang canggih. Bagi orang awam, perbedaan antara berlian sintetis dan asli hampir tidak terlihat, karena dengan teknik homologi yang canggih lah dapat mengungkap perbedaan kecil tersebut yang tidak dapat dilihat oleh mata.

Untuk membedakannya juga butuh bantuan teknologi khusus yang mampu menambah kompleksitas dalam mencari sisi keaslian berlian.

Sifat kecacatan atau inklusi pada berlian sintetis sangat kecil sehingga cukup sulit untuk mengetahui asal usulnya. Pada berlian asli, inklusi berbeda dalam karakteristik dan komposisinya daripada berlian sintetis.

Tidak semua inklusi pada berlian dapat dilihat dengan mata telanjang, bahkan menggunakan kacamata perhiasan sekalipun. Untuk melihatnya dibutuhkan tindakan tambahan sehingga dapat memastikan kemurnian berlian.

Gemological Institute of America (GIA) telah menyediakan laporan penilaian komprehensif yang secara jelas dapat menunjukkan apakah sebuah berlian merupakan sintetis atau asli.

Perbedaan Berlian Buatan dan Berlian Asli

Meskipun berlian buatan dan alami memiliki kemiripan dari berbagai aspek, tetapi keduanya tentu memiliki sisi perbedaan. Berikut merupakan beberapa perbedaan dari kedua jenis berlian tersebut.

1. Asal Muasal

Berlian alami terbentuk dari dalam bumi melalui proses alami yang panjang bahkan membutuhkan waktu berjuta-juta tahun. Batu berlian ini terbentuk saat karbon terkena panas dan tekanan yang ekstrem pada kedalaman bumi.

Sedangkan berlian buatan dibuat di laboratorium menggunakan metode tertentu yang dibantu teknologi canggih sehingga dapat mensimulasi kondisi alami seperti berlian asli yang berada di bawah permukaan bumi.

2. Proses Pembentukan

Berlian asli melalui tiga proses pembentukan utama, yaitu mantel batuan, transportasi pipa magma dan kristalisasi di permukaan bumi. Sedangkan berlian buatan diproduksi melalui dua metode utama yaitu HPHT dan CVD.

3. Kualitas Dan Konsistensi

Berlian alami sering memiliki inklusi atau ketidaksempurnaan alami karena pembentukannya melalui proses alami yang rumit dan panjang. Sementara itu, berlian sintetis cenderung memiliki sedikit inklusi sehingga terlihat memiliki tingkat kejernihan yang tinggi karena melalui proses kontrol ketat di laboratorium.

4. Harga

Nilai dan harga berlian alami tentunya lebih tinggi daripada berlian buatan karena kelangkaannya serta proses pembentukannya yang memakan waktu sangat lama. Berlian buatan cenderung memiliki harga lebih terjangkau karena dapat dibuat secara massal di lingkungan laboratorium.

5. Keaslian Berlian

Berlian alami mempunyai nilai sentimental tinggi karena sejarah dan keunikannya yang berkaitan dengan proses alami di dalam bumi. Sedangkan berlian buatan kurang mempunyai nilai sentimental karena cara produksinya yang lebih singkat.

6. Penggunaan

Brand berlian alami lebih sering dicari karena nilai dan keunikan alamiahnya yang tinggi sehingga menjadi aset investasi yang sangat baik. Sedangkan berlian buatan lebih sering digunakan untuk perhiasan karena cocok digunakan di berbagai acara.

Kesimpulannya, berlian alami dan berlian buatan memiliki banyak aspek kesamaan baik dalam penampilan visual dan sifat fisik. Namun demikian keduanya tetap memiliki perbedaan mendasar dari segi asal muasal proses pembentukan keaslian, dan harga atau nilainya yang membuat kedua jenis berlian ini dipandang berbeda oleh orang-orang.

Bagi sebagian orang, keagungan berlian alami tidak tergantikan karena nilainya yang sempurna, sedangkan berlian buatan merupakan alternatif yang lebih terjangkau sebagai perhiasan tanpa mengorbankan kualitas.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap nasabah, Galeri 24 menyediakan layanan call center yang dapat dihubungi bila ada pertanyaan atau keluhan mengenai produk atau pelayanan baik secara online maupun offline. Adapun nomor yang bisa dihubungi terkait hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Call Center 021 - 3104506 021-21235777
  • Whatsapp Call Center & Complaint Handling 081112202424
  • WBS (Whistle Blowing System) Telp./WA: 081119002444 Email : wbsplg24@galeri24.co.id Url : bit.ly/WBSG24