5 Alasan Anda Harus Investasi Emas Meski Telah Investasi Saham


Sudah punya portofolio saham yang menjanjikan? Ada baiknya, Anda menyempurnakannya dengan tetap membeli emas. Ini adalah langkah cerdas yang diam-diam banyak dilakukan para pesohor dunia untuk memastikan harta mereka semakin aman dan meraup laba. Apa keistimewaan emas sehingga Anda harus tetap menginvestasikannya?

Sejak zaman dahulu, orang-orang selalu memadatkan aset mereka dalam bentuk emas. Kebiasaan ini masih menjadi pilihan bagi banyak orang modern, meski mereka telah memiliki berbagai saham perusahaan. Memang, ada beberapa alasan yang membuat emas tetap superior, seperti paparan di bawah ini:


Alasan Harus Investasi Emas #1: Selalu Ada Demand untuk Emas

Emas telah dan akan selalu termasuk kebutuhan dunia karena dekat dengan budaya semua bangsa. Sejak zaman dahulu kala, emas memang memiliki peranan penting. Untuk melengkapi pernikahan misalnya, perhiasan dan seserahan emas harus selalu ada. Belum termasuk, koin tabungan seperti dinar.

Emas juga telah merambah dunia kecantikan dengan metode gold facial treatment yang mulai banyak diminati para ratu kecantikan dunia. Jadi, jangan takut rugi berinvestasi emas.


Alasan Harus Investasi Emas #2: Untuk Diversifikasi Portofolio

Investor yang cerdas tidak menempatkan semua opsi laba di satu sektor saja. Paling bijaknya, carilah instrumen investasi yang tidak berkorelasi satu sama lain.

Itulah yang dinamakan diversifikasi portofolio. Dan menariknya, investasi emas memiliki korelasi negatif dengan saham. Ketika nilai dolar turun, nilai emas biasa tetap di angka stabil sehingga menjadikannya cadangan yang sangat menguntungkan dalam jangka panjang. Lekaslah membeli emas batangan ketika harganya sedang turun!


Alasan Harus Investasi Emas #3: Agar Harta Anda tidak Tersentuh Inflasi

Menjadi investor, Anda harus pandai-pandai membaca situasi keuangan dunia. Khususnya jika Anda tinggal di negara berkembang yang nilai uangnya rentan terkena inflasi. Nah, memadatkan aset Anda dalam rupa emas batangan adalah langkah yang bijak.

Ini karena sementara nilai uang terus melemah karena inflasi, emas batangan tetap stabil. Bahkan, Anda bisa mencairkannya dan memperoleh nominal yang tidak sedikit.


Alasan Harus Investasi Emas #4: Investasi Saat Situasi Ekonomi Dunia Tidak Menentu

Ada alasan para ekonom menjuluki emas sebagai safe haven. Pasalnya, di antara kondisi ekonomi dunia yang serba tak menentu, nilai emas tetap atau bahkan naik sedikit demi sedikit. Per 2019, nilai emas telah melejit menjadi Rp 770.000, 00, dibandingkan 2015 yang hanya Rp 660.000,00.

Kenaikannya memang sedikit-sedikit, tapi konstan. Ini adalah negasi dari saham perusahaan yang memiliki sifat volatile. Tak heran, banyak ilustrasi para investor berbondong membeli emas ketika situasi politik sedang tidak stabil; seperti saat Brexit atau tragedi 9/11.


Alasan Harus Investasi Emas #5: Ketersediaan Emas Dunia Amat Terbatas

Menurut Gold Money, ketersediaan emas di dunia saat ini hanya 155.244 ton. Itu jumlah yang sangat sedikit jika dibandingkan dengan populasi manusia di dunia dan kebutuhannya. Belum lagi, tambang-tambang emas tidak banyak. Itupun, harus melalui proses penggalian dan pemurnian yang jelas tidak murah serta berisiko.

Sebab persediaannya terbatas dan tidak bisa diperbaharui, harga emas akan dan akan selalu naik. Menyimpan emas batangan akan menjadi langkah bijak yang membuat diri Anda di masa depan sangat berterima kasih. Mulailah dari sekarang.

Jadi, siap memberi variasi pada portofolio investasi Anda?

Meski emas atau logam mulia lain termasuk instrumen investasi yang hampir tanpa risiko, tidak berarti tidak ada orang tak bertanggung jawab di luar sana. Maka, percayakan emas Anda hanya pada outlet-outlet bergaransi.

Galeri24 sebagai cabang langsung dari PT. Pegadaian Indonesia sedia melayani kebutuhan ini. Katalog perhiasan dan logam mulia di galeri24.co.id yang selalu diperbaharui. Jika Anda lebih nyaman melihat langsung investasi Anda sebelum membeli, segera kunjungi Gerai 24 terdekat di kota Anda. Outlet Galeri24 menyediakan logam mulia tipe aneka tambang, dan juga UBS.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥