• Galeri24

5 Keutamaan Bulan Ramadan Untuk Umat Islam Beserta Dalil

Bulan Ramadan merupakan bulan yang selalu dinantikan oleh sebagian besar umat Islam. Karena bulan Ramadan menyimpan banyak keutamaan yang sangat menguntungkan untuk orang-orang yang beramal saleh dan beriman. Karena beberapa keutamaan tersebut, banyak umat Islam yang semakin rajin untuk melaksanakan ibadah. Selain untuk meningkatkan ketakwaan, juga untuk mengharap pahala dan ridho dari Allah swt. Berikut ini ada 5 keutamaan bulan Ramadan beserta dalilnya.


  1. Bulan Pengampunan Dosa Keutamaan pertama bulan Ramadan adalah menjadi bulan pengampunan dosa. Sehingga, banyak orang yang melakukan taubat saat datangnya bulan Ramadan. Agar mendapat ampunan dari Allah SWT. Hal tersebut sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW, yang mempunyai arti: “Sholat lima waktu, dari hari Jumat ke Jumat berikutnya, dan dari bulan Ramadan ke Ramadan selanjutnya. Dapat menghapuskan dosa-dosa selama masa tersebut, selama menjauhi perbuatan dosa besar.” (HR.Muslim) Dengan melaksanakan puasa di bulan Ramadan, juga dapat menghapus dosa-dosa yang pernah Anda lakukan. Sesuai dengan sebuah hadis dari Nabi Muhammad SAW, yaitu: “Barangsiapa yang melaksanakan puasa Ramadan dengan penuh keimanan dan juga mengharap pahala hanya dari Allah SWT, maka dosa-dosanya yang telah berlalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  2. Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda Setiap mengerjakan amalan di bulan Ramadan, pahala dari amalan tersebut akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Hal ini cocok dengan sabda dari Rasullullah SAW yang memiliki arti: “Pahala umrah di bulan Ramadan setara dengan pahala ibadah haji.” (HR.Bukhari dan Muslim) Pada riwayat lain juga dikatakan, dari perkataan Ibnu Rajab rahimahullah, Abu Bakr bin Abi Maryam berkata bahwa guru-gurunya mengatakan: “Apabila sudah tiba bulan Ramadan, perbanyaklah berinfaq, karena pahala infaq di bulan Ramadan akan dilipatgandakan. Dan pahalanya seperti infaq pada jalan Allah swt. Dan bertasbih saat bulan Ramadan memiliki keutamaan berlebih jika dibandingkan bertasbih pada bulan lainnya.”

  3. Bulan Penuh Keberkahan Keutamaan selanjutnya bulan Ramadan, yaitu syahrun mubarak atau bulan penuh keberkahan. Sesuai dengan dalil hadits dari Nabi Muhammad SAW, yaitu: “Sungguh sudah datang kepada kalian suatu bulan yang penuh keberkahan. Di bulan ini kalian diwajibkan untuk melaksanakan puasa.” (HR.Agmad, An-Nasal, dan Al-Baihaqi).

  4. Bulan Turunnya Al-Qur’an Pertama Kali Al Qur’an pertama kali turun pada saat bulan Ramadan, hal inilah yang menjadi salah satu buktu kemuliaan bulan Ramadan. Sesuai dengn firman Allah SWT, yang mempunyai arti: “Bulan Ramadan merupakan (bulan) yang pada saat itu diturunkannya Al Qur’an, menjadi petunjuk untuk manusia serta penjelasan-penjelasan dari petunjuk tersebut dan juga pembeda (antara yang benar serta yang batil).” (QS. Al-Baqarah ayat 185)

  5. Melaksanakan Rukun Islam Puasa saat datangnya bulan Ramadan adalah rukun Islam yang keempat. Hal ini sesuai dengan hadis dari Ibnu Umar yang meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW, bersabda: “Islam dibangun dengan lima (rukun); Bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak untuk disembah selain Allah, sesungguhnya Nabi Muhammad SAW adalah hamba dan juga utusan-Nya. Mendirikan sholat, kemudian menunaikan zakat, berpuasa saat bulan Ramadan, serta naik haji ke Baitullah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Nah, itulah tadi 5 keutamaan dari bulan Ramadan. Semoga dapat menambah semangat Anda dalam melaksanakan berbagai ibadah wajib dan sunah di bulan Ramadan. Semoga bulan Ramadan ini juga dapat merubah Anda menjadi pribadi yang lebih baik lagi untuk ke depannya. Selamat menjalankan ibadah puasa.



1 view0 comments