6 Langkah Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Investasi Emas


Mulai tergiur investasi emas? Wajar, karena dewasa ini emas merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat menjanjikan. Nilainya naik dan terus naik, dengan harga terakhir di kisaran Rp 770.000,00 per gramnya. Kenaikan nilai emas bisa mencapai 5% per tahun. Jika Anda mulai menabung emas mulai sekarang, bayangkan berapa kali lipat kekayaan yang Anda tangguk dalam 10 tahun?

Apalagi, memantau laju investasi emas memang tidak susah. Anda bisa melakukannya di sela-sela pekerjaan kantoran, atau menambah gram lagi ketika sedang memiliki rezeki lebih. Tapi, sebagus-bagusnya cita-cita adalah yang memiliki jangka dan rencana terukur. Agar tidak berakhir merugi, yuk baca 6 hal yang harus Anda lakukan sebelum investasi emas di bawah ini.


#1 Pastikan Untuk Apa Anda Berinvestasi Emas

Dengan memiliki tujuan pasti, Anda akan berpikir dua kali ketika timbul godaan untuk mencairkannya demi kebutuhan yang tidak terlalu mendesak. Misalnya pergi umrah, naik haji, melanjutkan pendidikan, atau bahkan membeli rumah.

Ini juga akan menuntun Anda untuk membuat perencanaan matang tentang seberapa banyak Anda akan membeli emas sejak awal hingga akhir. Kuncinya di sini adalah konsistensi.


#2 Pastikan Kisaran Harga Emas Sebelum Membeli

Meski cenderung stabil, harga emas biasa naik dan turun. Biarpun hanya 10-500 rupiah. Sebelum membeli, biasakan untuk rajin-rajin memantau harga emas di website-website yang memang memampangkan harga emas seperti Tamasia, PT. Antam, PT. Pegadaian, dan sebagainya.

Anda bisa juga mengeceknya dengan langsung datang ke toko emas terpercaya, dan membandingkannya dari waktu ke waktu. Nah, saat harganya sedang turun, itulah momen bagi Anda untuk mulai membeli emas.


#3 Rencanakan Pembelian Emas Anda

Untuk sepenuhnya menangguk laba dari investasi emas, Anda harus membuat rencana dan konsisten mengikutinya. Misalnya, Anda berencana untuk membayari kuliah anak dalam sepuluh tahun. Itu berarti Anda baru akan melikuidasi aset emas Anda dalam sepuluh tahun alias 120 bulan.

Lalu, bagaimana agar target nominal yang diinginkan tercapai? Yaitu dengan konsisten menabung emas sesuai angka target. Jika Anda berniat mendapatkan 120 juta dalam 10 tahun, maka Anda harus membeli emas seharga 1 juta rupiah (sekitar 1,3 gram) per bulannya. Itupun, baru perhitungan mentah, lho!

Karena dalam 10 tahun itu, harga emas pasti mengalami kenaikan 1-5%. Jika dihitung keseluruhan, bayangkan laba yang Anda dapatkan.


#4 Riset Tempat Terbaik Membeli Emas

Dewasa ini, sudah banyak tempat yang menyediakan jual beli emas baik offline maupun online. PT. Pegadaian dan PT. Pos misalnya, menawarkan jual beli emas berupa tabungan. Online, banyak sekali toko emas yang siap menjawab kebutuhan Anda.

Tetapi mula-mula, pastikan Anda memilih toko emas yang aman dan terpercaya. Pilihlah toko dengan logo gembok di address barnya, memiliki fitur garansi, namanya lumayan kredibel, dan dihiasi beragam ulasan positif dari para customer. Dijamin, dengan cara itu Anda tidak akan tertipu.


#5 Amati Kondisi Emas

Ketika emas hampir di tangan, jangan lupa memastikan emas Anda mulus dan tanpa cacat. Dan yang paling penting, tersedia sertifikat yang menyertainya. Jangan pernah membeli emas tanpa sertifikat! Jika toko perhiasan memberikan beribu alasan untuk menunda atau tidak memberikan sertifikat, Anda patut curiga.


#6 Pilihlah Tempat Penyimpanan yang Aman

Sekarang, waktunya menyimpan kepingan dan batangan emas Anda di tempat yang tepat. Anda harus menyediakan kotak brankas khusus di rumah untuk ini, atau lemari yang sangat aman. Jika Anda tidak yakin dengan rumah, Anda bisa juga menggunakan fasilitas safe deposit box (SDB) yang disediakan bank.

Beberapa komunitas juga menyediakan tempat penyimpanan dengan sistem membersship bulanan yang amat murah.

Jadi, sudah siap berinvestasi emas?

Temukan berbagai produk investasi emas dan perhiasan yang tepat dan aman, hanya di Galeri24. Anak perusahaan PT.Pegadaian ini menyediakan logam mulia untuk keperluan investasi Anda yang berasal dari Antam dan UBS.

Selain produk investasi emas, Galeri24 juga menyediakan beragam perhiasan emas dan berlian yang dengan model terupdate dan elegan.

Semua produk Galeri24 dapat Anda beli melalui situs resmi Galeri24.co.id atau langsung mengunjungi gerai terdekat di kota Anda.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥