©2019 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥

6 Trik Cerdas Mengenali Mutiara Asli Agar Tidak Tertipu



Kilau mutiara tidak pernah gagal memberikan kesan anggun dan klasik. Sebab itu, permintaan akan mutiara masih sangat tinggi di pasaran. Harganya pun lumayan fantastis. Tapi awas, di pasaran ada juga mutiara palsu. Bagaimana cara mengenalinya?

Pertama-tama, perlu diingat bahwa mutiara palsu berbeda dengan mutiara buatan (cultured pearl). Mutiara buatan adalah mutiara yang dibuat dari budidaya manusia dan melalui proses panjang menyuapkan irritant ke mulut kerang-kerang untuk menghasilkan nacres. Hasilnya adalah mutiara yang sangat mirip dengan mutiara alami, tetapi tidak bisa dibilang palsu karena memang berasal dari kerang hidup.

Sedangkan mutiara palsu adalah mutiara imitasi. Rata-rata mutiara palsu terbuat dari plastik, dan dibuat dengan bantuan mesin sehingga bisa memproduksi ratusan butir dalam sekali cetak. Maka, tak heran harga mutiara palsu amat murah.

Takut salah mengenali mana mutiara palsu dan mana yang asli? Mari simak 6 trik cerdas di bawah ini.


Trik Mengenali Mutiara Asli #: Teksturnya Tidak Rata

Berbeda dengan tanggapan umum, sebenarnya permukaan mutiara asli lumayan kasar. Jika dilihat dengan kaca pembesar akan tampak bahwa permukaan mutiara tidak rata dan sedikit “berserbuk”.

Mau bukti lebih? Coba gesekkan dua mutiara asli pelan-pelan. Mutiara yang benar-benar asli akan menghasilkan serbuk mineral putih yang juga bisa digunakan untuk beragam kepentingan. Tapi jangan risau; sedikit usapan dengan lap halus akan mengembalikan permukaan mutiara seperti semula.

Sementara itu, mutiara palsu akan licin dan lepas dari tangan ketika digesekkan.


Trik Mengenali Mutiara Asli #2: Gradasi Warnanya Lebih Memikat

Warna mutiara asli lebih bergradasi dan tidak merata. Ini karena warna tersebut terjadi alami tanpa campur tangan manusia, dan anehnya, lebih memikat. Mutiara asli tidak hanya tersedia dengan warna putih; ada juga mutiara Tahiti yang hitam kehijauan, mutiara Akoya yang putih bersih dengan tinge merah jambu, dan mutiara laut selatan yang kadang-kadang berwarna emas. Ketika terkena cahaya, warna mutiara asli akan lebih bergradasi pancarannya.

Berbeda dengan mutiara palsu yang warnanya merata dan flat karena merupakan polesan cat pabrik. Anda bisa mengetesnya dengan meletakkannya di bawah cahaya penuh.


Trik Mengenali Mutiara Asli #3: Lebih Bisa Memantulkan cahaya

Mutiara asli memiliki kilauan yang bisa memantulkan cahaya. Sehingga, sangat cocok dikenakan untuk kalung atau anting demi menonjolkan kecantikan Anda. Kilauannya konstan; Anda bahkan bisa bercermin di sana di bawah pencahayaan penuh. Berbeda dengan mutiara palsu yang muram dan bahkan lebih mudah kusam.


Trik Mengenali Mutiara Asli #4: Saat Jatuh, Suara Benturannya Tidak Nyaring

Mutiara terbuat dasi gumpal serbuk mineral yang terkristalisasi. Sebab itu, ketika jatuh atau terguncang, suara yang timbul cenderung empuk dan dan lembut. Berbeda dengan mutiara plastik yang bunyinya nyaring ketika diguncang, karena molekul pembentuknya berbeda.


Trik Mengenali Mutiara Asli #5: Lubang Sambungannya Lebih Rapi

Mutiara asli sangat berharga. Karena itulah, para pengrajin perhiasan memperlakukannya dengan hati-hati. Lubang bor untuk kaitan anting atau tali kalung biasa kecil dan rapi, dengan lubang berukuran seragam. Sementara itu, lubang bor pada mutiara plastik cenderung berlepotan dan kasar. Ada pula bekas cat yang mengelupas di mulut lubang.


Trik Mengenali Mutiara Asli #6: Bentuknya Tidak Terlalu Spherical

Karena terbentuk alami di mulut kerang, jarang ada mutiara asli dengan bentuk yang benar-benar bulat. Adapun, harganya pasti sangat mahal. Mutiara asli terkadang lonjong, tidak merata, bulat tdak sempurna, dan sebagainya. Berkebalikan dengan mutiara pabrikan yang jelas berukuran bulat sempurna karena mengikuti cetakan pabrik.

Nah bagaimana? Tidak akan salah membedakan mutiara asli dan palsu lagi, kan?

Nah, jika Anda penyuka perhiasan, ada baiknya juga mencoba perhiasan emas dan berlian dari Galeri24. Galeri24 adalah anak perusahaan PT.Pegadaian yang juga menyediakan emas batangan untuk investasi.

Anda bisa langsung memeriksa katalog perhiasan emas, batu mulia dan loga mulia di Galeri24.co.id, atau mengunjungi gerainya yang tersebar hingga di 50 kota lebih di sepenjuru nusantara.