• Galeri24

Apakah Kalung Emas 24 Karat Cocok Untuk Investasi?

Tak ada yang bisa menolak betapa digdayanya emas sebagai instrumen investasi. Bahkan di masa pandemi Covid-19, di saat ada banyak sekali produk investasi mengalami kemuraman, emas justru jadi sangat berkilau. Bahkan logam mulia ini sempat menembus Rp1 juta per gram pada bulan Agustus-September lalu. Lantas apakah ini artinya, investasi kalung emas 24 karat adalah pilihan yang tepat?


Tentu untuk menjawab pertanyaan itu ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Termasuk penggunaan emas 24 karat dalam perhiasan. Karena umumnya, perhiasan emas itu memakai kandungan karat 18-22 saja. Emas dengan kandungan tidak sampai murni 24K, sudah pasti dibuat dengan pencampurqn logam lain entah tembaga, platinum atau lainnya sesuai dengan karat yang ditampilkan.


Waduh, kalau emas yang dipakai dalam perhiasan bukanya murni 24K, apakah akan masih cocok sebagai instrumen investasi? Atau kita harus menanti membeli perhiasan saat keadaan ekonomi makin baik? Mungkin ulasan berikut ini bisa jadi pertimbangan.


Kenapa Investasi Kalung Emas 24 Karat Kurang Tepat?

Mungkin tak banyak yang sadar bahwa karat yang kerap digunakan dalam penilaian emas ini berasal dari bahasa Yunani yakni keration. Namun karena dunia terus berkembang, akhirnya emas pun tersebar dan memiliki istilah berbeda-beda dalam menghitung nilainya. Contohnya seperti carat (bahasa Prancis), carato (Italia) hingga qirat (Arab).


Istilah yang berbeda-beda dalam menghitung kandungan ini memang jadi bukti kalau emas adalah logam mulia yang sangat berharga di berbagai belahan bumi. Namun kembali lagi, ada beberapa alasan yang harus Anda ketahui untuk tidak investasi jangka panjang dengan kalung emas 24 karat.


  • Tekstur Emas Murni Terlalu Lunak Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, mayoritas untuk perhiasan biasanya memang menggunakan emas 18K atau 22K saja. Biasanya emas-emas untuk perhiasan dicampur dengan logam lain seperti perak, seng, nikel, tembaga dan lain-lain. Emas 24K tidak pernah cocok sebagai perhiasan karena justru punya tekstur yang lunak. Tekstur emas yang lunak tentu bukan kabar menggembirakan bagi pembeli kalung. Karena justru emas yang lunak akan sulit dibentuk dan mudah tergores.

  • Harga Emas Murni Cukup Mahal Inilah hal berikutnya yang membuat Anda lebih waspada lagi sebelum memutuskan investasi kalung emas 24 karat. Dimana semakin murni kandungan emas, tentu harganya makin melambung. Apalagi kemarin emas murni bisa mencapai Rp1 juta per gram, bukan tak mungkin kalau di sepanjang 2021 nanti akan ada kenaikan harga lagi yang membuat investor akan berpikir ulang dalam mengelola keuangan mereka. Sementara itu sebaliknya, emas 18K yang meskipun tidak terbuat dari emas murni seutuhnya, justru lebih cocok sebagai sarana investasi. Selain karena bentuknya tak akan berubah, harga jual kembali emas campuran 18K juga tidak terlalu kecil.

  • Tampilan Terlalu Mencolok Dan inilah hal terakhir yang bisa jadi pertimbangan sebelum Anda membeli kalung emas 24 karat dan dijadikan instrumen investasi. Semua berkaitan dengan kandungan emas yang ada yakni 18K atau 22K. Dengan kandungan emas yang standar perhiasan, tentu Anda akan memperoleh pendar kilau yang terlalu berlebihan.


Bagaimana dengan Kalung Emas Putih?

Bila kalung emas 24 karat dinilai terlalu mencolok dan memiliki tekstur yang terlalu lunak, maka ada pilihan lain perhiasan yakni kalung emas putih. Kenapa dinamakan emas putih? karena memang memiliki warna putih seperti perak. Agar warna putihnya begitu berkilau indah, emas putih akan diberi lapisan logam berwarna putih bernama rodium. Sama halnya seperti emas putih, perhiasan-perhiasan emas kuning juga campuran yakni 75% emas dengan 25% tembaga dan seng. Emas putih sendiri biasanya masuk dalam kategori emas 18 karat atau 18K. Dengan kadar karat yang rendah, emas putih cocok bila diberikan sebagai hadiah untuk pasangan. Selain kilaunya nan indah, harganya pun relatif terjangkau.


  • Tahan Lama Emas putih lebih ringan dan mudah dibentuk. Di samping itu, campuran logam emas putih lebih kuat sehingga perhiasan seperti kalung bakal tahan lama.

  • Lebih Cantik Bila Disematkan Batu Berlian Biar tambah mesra dan sayang pada Anda, kalung emas yang ingin diberikan untuk pasangan bisa ditambahkan batu berlian. Perhiasan emas putih sangat cocok dipadukan dengan batu berlian. Karena berlian bakal terlihat lebih bersinar terang dan berkesan mahal.

Bagaimana? Tentu dari ulasan panjang lebar di atas, Anda tentu bisa memahami bahwa memang tidaklah direkomendasikan memilih kalung emas 24 karat sebagai investasi jangka panjang. Jika memang untuk kebutuhan investasi, ada baiknya Anda menggunakan emas murni 24K dan menyesuaikan dengan harga pasar. Jadi, kapan Anda mau beli emas hari ini?

Beli Kalung Emas di Galeri24

Melalui Galeri 24, masyarakat bisa melakukan pembelian dan penjualan berbagai jenis emas. Galeri 24 adalah perusahaan retail Emas dan Perhiasan yang juga merupakan anak perusahaan PT Pegadaian Persero. Dengan puluhan outlet yang tersebar, Galeri 24 menyediakan Emas berbentuk Logam Mulia dari berbagai Vendor untuk keperluan investasi jangka panjang Anda.

Selain itu, Galeri 24 juga menjual Perhiasan Emas berkualitas dengan desain trendy dan up to date, serta Batu Mulia seperti Berlian yang bersertifikat. Perlu diketahui, semua emas yang dijual oleh Pegadaian dan Galeri 24 berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) yang merupakan produsen emas terbesar di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mendapat keuntungan saat menjual emas di Pegadaian.

Harga emas yang dibeli kembali di Pegadaian lebih tinggi sedikit dibanding yang ditawarkan oleh PT Antam. Oleh karenanya, jual beli emas lewat Pegadaian sangat direkomendasikan bagi Anda yang mau mulai berinvestasi emas.


89 views0 comments

©2021 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥