• Galeri24

Begini Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu Biar Enggak Tertipu

Melonjaknya harga emas turut meningkatkan permintaan produk emas dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini tidak diikuti dengan kewaspadaan terhadap emas imitasi atau palsu yang beredar di pasar. Seperti diketahui, harga emas yang melambung mendorong masyarakat kurang berhati-hati saat memborong emas. Alih-alih memiliki segudang emas untuk dijadikan investasi, justru banyak yang tertipu dengan emas palsu.


Sebelumnya dilansir dari cnbcindonesia, dunia dihebohkan dengan skandal pemalsuan emas terbesar dalam sejarah oleh perusahaan asal China, Kingold Jewelry Inc. Lebih dari 4% cadangan emas resmi Negeri Tirai Bambu kemungkinan palsu.


Sebanyak 83 ton emas murni yang disimpan oleh perusahaan Kingold Jewelry Inc disinyalir palsu pada bulan Juni lalu. Padahal, jumlah emas tersebut digunakan untuk mendukung (menjaminkan) 16 miliar yuan atau setara Rp 32,2 triliun pinjaman. Jumlah ini juga setara dengan 22% produksi emas tahunan dan 4,2% dari cadangan emas China pada 2019.


Cara Melihat Emas Palsu

Dalam kondisi harga jual dan buyback emas yang meningkat serta kasus pemalsuan emas di China tersebut, maka sebaiknya kita lebih berhati-hati dalam membeli emas. Namun, Anda tidak perlu merasa khawatir untuk berinvestasi di emas, jika sudah tips membedakan emas yang asli dan palsu. Apabila kita mampu mengenali tanda-tanda emas batangan yang palsu, tentunya kerugian besar untuk investasi ini bisa terhindarkan. Berikut ini ada beberapa cara mengenali emas palsu.


- Cek Fisik Emas

Cara paling mudah untuk mengenali keaslian emas adalah melihat fisik emas secara langsung. Emas yang asli memiliki cap pada bagian permukaan yang menandakan kadar emas tersebut. Sebagai contoh, terlihat di dalam finesses (1-999 atau 0.1-0.999) atau dalam karat tertulis 10K, 18K, dan 24K.


- Gigit Emas

Metode ini umum dilakukan untuk mengecek keaslian emas. Cara ini sebenarnya juga sering dilakukan oleh atlet olahraga yang menggigit medali emasnya untuk menjelaskan bahwa emas tersebut asli. Emas yang asli akan meninggalkan bekas goresan gigi pada permukaannya. Tapi sebaliknya, jika emas itu keras dan tidak meninggalkan bekas goresan gigi, maka itu adalah emas palsu. Sebab pada dasarnya, emas merupakan logam yang lembut, semakin tinggi karatnya, maka semakin lembut juga emas tersebut.


- Perubahan Warna Emas

Untuk mengetahui keaslian emas selanjutnya adalah dengan mengecek perubahan warna emas. Anda bisa menggosok emas di bagian-bagian tertentu yang sekiranya sering memperoleh gesekan atau goresan dengan menggunakan jari. Nantinya, apabila emas tersebut memperlihatkan warna yang tidak seragam atau pudar, maka bisa dipastikan bahwa emas tersebut merupakan emas palsu.


- Digoreskan Pada Keramik

Cara membedakan emas asli dan palsu berikutnya dengan dengan menggoreskan emas pada keramik atau kertas. Jika digoreskan dengan keramik atau kertas terdapat warna hitam, maka emas tersebut adalah palsu. Jika tidak meninggalkan goresan maka emas tersebut adalah asli.


Emas asli tidak akan meninggalkan bekas jika digoreskan di kertas atau keramik. Jika meninggalkan bekas kehitaman atau goresan, maka emas tersebut palsu. Namun ingat, cara ini emang terbilang cukup berisiko karena dapat merusak emas.


- Cek Asam

Cara mengetahui emas asli atau palsu yang terakhir ini menggunakan cairan bernama Nitric Acid. Proses uji cobanya sebagai berikut:

  1. Siapkan wadah stainless steel dan taruh emas di atasnya.

  2. Teteskan satu tetes saja cairan asam Nitric Acid pada emas dan tunggu reaksinya.

  3. Jika emas asli, tidak akan ada reaksi apa-apa.

  4. Bila berubah warna menjadi kehijau-hijauan, berarti emas mengandung logam bes

  5. Bila menunjukkan warna susu, artinya mengandung perak.

  6. Bila bereaksi menimbulkan warna emas, besar kemungkinan emas yang diuji mengandung bahan logam kuningan.


Jika akan melakukan pengukuran kadar sebuah emas dengan menggunakan asam nitrat, ada baiknya Anda didampingi seorang profesional. Karena jika tidak, maka dapat berisiko yang berujung kepada kerusakan emas dan merugikan diri sendiri.


- Cek Kepadatan Emas

Cara terakhir adalah dengan mengecek kepadatan emas tersebut. Emas adalah logam yang memiliki kepadatan tinggi. Jadi, jarang sekali ada logam lain yang mampu menyaingi kepadatan emas. Artinya, semakin tinggi kepadatan, maka semakin murni emas nya. Cara mengukur kepadatan emas :

  1. Sediakan wadah/gelas yang ada ukuran mililiter, lalu isi dengan air.

  2. Catat tinggi permukaan air sebelum emas dimasukkan ke dalam wadah tersebut.

  3. Setelah itu, dengan digantung benang celupkan emas ke dalamnya. Catat kembali selisih permukaan air.

  4. Gunakan rumus perhitungan kepadatan = massa dibagi volume. Jika angka mendekati 19 gram per millimeter, maka sudah cukup yakin bahwa itu emas asli. Berikut panduan mengukur kepadatan emas tergantung karat.

Emas 14 k = 12,9-14,6 gram/mililiter, 18K kuning = 15,2-15,9 g/ml, 18K putih = 14,7-16,9 g/ml dan 22K = 17,7-17,8 g/ml.


Tempat Beli Emas Terpercaya

PT. Pegadaian merupakan salah satu tempat paling aman membeli emas batangan atau logam mulia. Pegadaian sendiri adalah bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dipercaya untuk melakukan transaksi penjualan emas. Pegadaian memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin membeli emas dengan sistem tunai atau kredit.


Lewat Galeri 24 yang merupakan anak bisnis Pegadaian, masyarakat bisa melakukan pembelian dan penjualan berbagai produk perhiasan emas. Galeri 24 adalah perusahaan retail Emas dan Perhiasan yang juga merupakan anak perusahaan PT. Pegadaian Persero. Dengan puluhan outlet yang tersebar, Galeri 24 menyediakan Emas berbentuk Logam Mulia dari berbagai Vendor untuk keperluan investasi jangka panjang Anda. Selain itu, Galeri 24 juga menjual Perhiasan Emas berkualitas dengan desain trendy dan up to date, serta Batu Mulia seperti Berlian yang bersertifikat.





11 views0 comments

©2021 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥