top of page

Cara Memastikan Keaslian Emas Setelah Membelinya Online


cara memastikan keaslian emas setelah membelinya online
sumber: bukalapak.com

Cara memastikan keaslian emas setelah membelinya online menjadi satu kegiatan yang harus dilakukan supaya tidak tertipu. Selain itu, emas kini masih menjadi salah satu primadona di kalangan masyarakat dan dijadikan sebagai barang investasi yang menguntungkan.


Dalam jangka panjang kurang lebih 5 tahun, untuk harga emas biasanya akan terus mengalami kenaikan. Maka dari itu, sebelum melakukan investasi pada produk tersebut Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai cara memastikan keaslian emas setelah membelinya online.


Penipuan di dalam transaksi emas masih sering terjadi dan angkanya terus mengalami peningkatan. Dengan mengetahui cara memastikan keaslian emas setelah membelinya online, Anda bisa melakukan beberapa hal sederhana seperti menggigit emas, mengecek sertifikat keaslian dan membelinya di tempat terpercaya.


Cara Memastikan Keaslian Emas Setelah Membelinya Online


Mengetahui keaslian emas sekilas memang sangat sulit untuk dibedakan, apalagi untuk para pemula. Meski terlihat sulit, Anda bisa membuktikan keaslian emas dengan menggunakan beberapa cara sebagai berikut:


1. Memperhatikan dengan Seksama Fisiknya


Cara memastikan keaslian emas setelah membelinya online pertama adalah memperhatikan dengan seksama dan teliti. Logam mulia biasanya mempunyai tanda khusus pada fisiknya seperti cap yang menunjukkan kadar karatnya. Selain itu, tanda ini menggunakan satuan fineness yang lebih dikenal dengan menggunakan satuan karat mulai dari 10K, 18K dan 24K.


2. Menggigit Emas


Cara satu ini paling mudah dan sederhana untuk dilakukan pada saat akan melakukan mengecek keaslian emas. Mungkin, untuk cara pengecekan kali ini sudah familiar karena Anda sudah pernah melihat atlet menggigit emas medalinya.


Selain menjadi tradisi, selebrasi tersebut menjadi cara untuk membuktikan keaslian kandungan pada medali emas tersebut. Emas mempunyai beberapa karakteristik yang unik. Semakin tinggi kadarnya, maka akan semakin lunas pada saat digigit.


Tidak heran kalau emas yang asli akan meninggalkan bekas gigitan ketika di gigit. Akan tetapi, cara ini tidak berlaku untuk perhiasan. Perhiasan biasanya sudah dicampur dengan jenis logam lain. Sehingga, saat digigit tidak akan meninggalkan bekas apa pun.


3. Menggosok


Anda bisa mengetahui emas asli atau palsu dengan cara menggosok. Setelah digosok, warna memudar dan jadi tidak merata sudah dipastikan emas tersebut palsu.


4. Mendekatkan ke Magnet


Emas adalah logam yang mempunyai sifat non magnetik. Artinya, tidak bisa ditarik dengan magnet. Akan tetapi, buat Anda yang punya perhiasan perlu diingat bahwa barang di dalamnya ada kandungan logam lain. Jadi, pengujian ini hanya bisa dilakukan pada logam mulia saja.


5. Menggoreskan Pada Keramik atau Kertas


Anda bisa mengambil kertas atau keramik yang ada disekitar untuk menggoreskan emas tersebut. Ketika tidak meninggalkan bekas, maka logam mulia tersebut terjamin keasliannya. meski begitu, untuk cara satu ini sangat berikso karena bisa merusak emas tersebut.


6. Meneteskan Asam Nitrat


Uji coba bahan kimia untuk mengetahui keaslian logam mulia bisa dilakukan menggunakan asam nitrat. Cukup meneteskan asam nitrat, kalau tidak ada perubahan warna emas tersebut asli. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati ketika melakukan cara yang satu ini. Alasannya, asam nitrat mempunyai kandungan senyawa yang bisa membahayakan tubuh dan pernapasan.


7. Cek Keaslian dengan Sertifikat


Cara memastikan keaslian emas setelah membelinya online selanjutnya adalah mengecek sertifikatnya. Biasanya terdapat hologram pada sertifikat yang bisa dicek dibawah sinar matahari. Ketika sertifikat tersebut asli, maka akan memantulkan warna-warni dari hologramnya.


8. Uji Keaslian dengan Suara


Anda bisa menguji keaslian emas atau logam mulia dengan menjatuhkan atau mengetuknya. Jika emas tersebut asli, maka akan mengeluarkan suara dering yang panjang dan bertenaga tinggi ketika beradu dengan jenis logam lainnya.


9. Datang ke Toko Terdekat


Anda bisa datang ke toko emas terdekat untuk mengetahui keaslian emas atau logam mulia tersebut. Biasanya, petugas akan membantu melakukan pengecekan dan menentukan keaslian emas. Tenang saja, untuk petugas sudah terbiasa mengenali emas mana yang asli dan palsu.


Untuk memastikan keaslian produk emas paling mudah adalah membelinya di tempat terpercaya, baik itu online atau offline. Salah satu tempat atau aplikasi yang penyedia layanan jual emas adalah Galeri 24.


Sekarang, Anda bisa melakukan investasi emas dengan mudah, aman dan praktis menggunakan aplikasi Galeri 24. Anda juga bisa membeli emas secara digital atau kartu emas dengan desain menarik sesuka. Tentunya harganya lebih terjangkau.


Ada juga produk emas (PT.ANTAM) mulai dari Rp10.000,00 atau koleksi emasku (BIGGOLD) mulai dari 0,01 gram. Kabar gembira untuk pengguna baru dari aplikasi Galeri 24, Anda bisa mendapatkan bonus 0,01 gram pada setiap transaksi membeli emas minimal 0,1 gram di aplikasi Galeri 24.


Nah, itulah dia penjelasan lengkap mengenai 9 cara memastikan keaslian emas setelah membelinya online. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin membeli atau melakukan investasi emas dalam jangka panjang.


Kemudian pastikan jika Anda hendak beli emas, beli hanya di Galeri 24. Beli emas di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!

15 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua