• Galeri24

Hal yang Merusak Emas dan Cara Merawatnya Agar Tetap Berkilau

Emas merupakan perhiasan yang sangat digandrungi semua kalangan. Perhiasan emas tersebut nampak berkilau dan bersinar ketika dipakai. Dengan keindahan perhiasan emas tersebut, menambah penampilan anda menjadi menawan dan elegan. Namun siapa sangka, perhiasan emas tersebut bisa mengalami kerusakan. Bahkan kilau dan sinarnya tidak seperti awal pemakaian. Anda perlu mengetahui hal yang merusak emas tersebut agar tetap pada kilaunya.


Sebagian orang memakai emas untuk keperluan acara atau moment tertentu saja, namun ada juga yang memakai setiap hari dalam rutinitas mereka. Dari penggunaan tersebut, terkadang membuat warna emas atau perhiasan tersebut semakin suram dan tak bersinar seperti sewaktu pembelian. Nah, anda perlu mengetahui beberapa penyebab kerusakan emas dan cara merawatnya.


Beberapa Hal yang Merusak Emas

Anda harus menerapkan beberapa cara agar emas tersebut tidak rusak dengan menghindari bahan kimiawi sehari-hari yang dapat merusak keindahan emas tersebut.


Tahukah anda, parfum dan hand body lotion yang anda pakai setiap hari dapat merusak perhiasan emas anda. Hal sepele yang dapat berakibat untuk perhiasan anda.


Untuk penjelasan lengkapnya, mari kita simak hal yang dapat merusak emas:

  • Penggunaan Skincare, Parfum, dan Hand Body

Ketika anda memakai handbody dan parfum mengenai perhiasan emas yang anda pakai, maka emas tersebut bisa menjadi pudar termasuk kilaunya.

Zat yang terkandung pada parfum yakni klorit, merupakan zat yang dapat merusak struktur emas. Cara membersihkannya bisa menggunakan sabun cuci piring.

  • Hindari Menyimpan Perhiasan di Kotak Perhiasan Iron

Umumnya ketika membeli perhiasan tersebut, anda akan disertakan tempat perhiasan atau dompet berbahan satin, bludru, dan sompet berlapis kertas. Tentu saja tempat yang berbahan tersebut sangat aman untuk menyimpan perhiasan anda dan menghindari bahan yang merusak emas.

Anda jangan menggunakan kotak perhiasan berbahan iron atau besi seperti kaleng, dan lainnya karena dapat menimbulkan korosi. Selain itu, anda sebaiknya tidak menjadikan satu dengan perhiasan lain karena apabila terjadi gesekan, akan merusak emas tersebut.

  • Hindari Penggunaan pada Saat Berenang

Sebaiknya anda melepas perhiasan ketika akan berenang. Berenang di kolam atau di laut, tentu saja air tersebut dapat mempengaruhi kualitas emas. Apalagi dengan air laut yang berasa asin yang merusak emas, kandungan asin tersebut dapat merusak perhiasan emas.

Selain itu, keringat kita juga dapat menimbulkan kerusakan. Karena keringat sangat tajam. Begitu pula jika anda mandi menggunakan air hangat, anda sebaiknya melepaskannya terlebih dahulu agar terhindar dari kerusakan emas tersebut.

  • Hindarkan Dari Sinar Matahari

Sinar matahari langsung yang memapar emas, akan membuat emas tersebut berubah warna. Begitu pula terjadi pada elemen yang berasal dari alam dan plastik.

  • Hindari Perendaman Air Dingin

Ketika anda melakukan aktivitas seperti mencuci, sebaiknya anda melepas emas anda agar tidak rusak. Karena air dingin dan gesekan yang merusak emas saat anda mencuci juga dapat membuat warna luntur dan kilaunya hilang.


Cara Menyimpan Emas Batangan

Jika Anda termasuk orang yang memiliki banyak emas untuk sebuah investasi, maka tempat penyimpanan adalah hal paling penting. Ini penting diperhatikan supaya emas Anda tidak dicuri oleh orang lain. Selain terhindar dari aksi pencurian, menyimpan emas di tempat aman dan tempat, juga akan lebih menjaga kondisi emas yang dimiliki. Berikut ada beberapa tips menyimpan emas yang aman dan mudah.

  1. Simpan di Tempat yang Berlapis Pencuri umumnya akan berpikir emas Anda disimpan pada lemari, dalam laci, atau kotak khusus yang mencolok di dalam kamar. Maka, Anda mesti kelabui mereka dengan menyimpannya di tempat yang berlapis. Simpanlah emas di dalam kotak biasa yang digembok. Kemudian, masukan kotak tersebut ke dalam sebuah kotak yang lebih besar lagi, lalu digembok. Minimal Anda menaruh emas di dalam kotak berlapis. Usahakan, jangan hanya digembok, tetapi juga gunakan kotak yang memiliki kata sandi. Ini dilakukan untuk menyulitkan pencuri mengambil emas Anda. Kemudian, kotak tersebut bisa Anda kubur di dalam tanah yang diberi tanda pot diatasnya. Semoga, cara ini bisa membuat emas batangan Anda lebih aman.

  2. Simpan Di Tempat Tak Terduga Trik lain untuk menyimpan emas batangan adalah meletakkannya di tempat yang sama sekali tak terpikirkan oleh pencuri. Anda bisa mengelabui pencuri dengan menyimpan emas di tempat yang mudah terlihat. Kebanyakan kasus, perilaku pencuri saat ingin mengambil emas tentu tertuju pada lemari di kamar. Mereka akan membongkar isi lemari. Tetapi, Anda bisa mengecoh yang sebenarnya emas Anda letakan di atas meja biasa. Namun, tetap gunakan kotak yang tidak mencolok bahwa di dalam terdapat emas Anda.

  3. Simpan di Bank atau Pegadaian Menggunakan safe safe deposit box (SDB) adalah cara aman menyimpan emas. SDB merupakan fasilitas yang diberikan sebuah bank bagi nasabah yang ingin menyimpan emas atau dokumen yang berharga. Tidak hanya itu, menyimpan SDB juga memiliki kelebihan lain. Bank yang memiliki fasilitas SDB akan memberikan jaminan perlindungan dari risiko kehilangan dan pencurian bagi nasabah. Layanan SDB sendiri berada di ruangan khusus, serta dilengkapi sistem pemindai sidik jari, nomor PIN, dan kunci pengaman ganda.

Beli Perhiasan Emas di Galeri 24

Melalui Galeri 24, masyarakat bisa melakukan pembelian dan penjualan berbagai jenis emas. Galeri 24 adalah perusahaan retail Emas dan Perhiasan yang juga merupakan anak perusahaan PT Pegadaian Persero. Dengan puluhan outlet yang tersebar, Galeri 24 menyediakan Emas berbentuk Logam Mulia dari berbagai Vendor untuk keperluan investasi jangka panjang Anda.

Selain itu, Galeri 24 juga menjual Perhiasan Emas berkualitas dengan desain trendy dan up to date, serta Batu Mulia seperti Berlian yang bersertifikat. Perlu diketahui, semua emas yang dijual oleh Pegadaian dan Galeri 24 berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) yang merupakan produsen emas terbesar di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mendapat keuntungan saat menjual emas di Pegadaian.

Harga emas yang dibeli kembali di Pegadaian lebih tinggi sedikit dibanding yang ditawarkan oleh PT Antam. Oleh karenanya, jual beli emas lewat Pegadaian sangat direkomendasikan bagi Anda yang mau mulai berinvestasi emas.

196 views0 comments