• Galeri24

Harga Emas 24 Karat Terus Berkilau, Cocok Jadi Investasi?

Harga emas 24 karat terbilang sangat berkilau di tahun 2020. Kondisi ini pun membuat aktivitas jual-beli emas meningkat setiap hari. Lalu, bagaimana harga emas 24 karat di penghujung tahun? Dan seperti apa proyeksi harga emas di 2021? Supaya tidak bimbang dalam membeli, simak penjelasan berikut ini.


Emas 24 Karat

Sebagai barang mewah yang harganya relatif stabil sepanjang masa, emas selalu diburu oleh banyak orang. Mereka terkadang membeli emas dalam ukuran tertentu. Emas 24 karat sendiri merupakan jenis emas murni (tidak ada campuran logam lain). Bisa dibilang, emas 24 karat adalah emas murni dan bukan paduan jenis logam lain seperti perak, seng, nikel, paladium, dan sebaganya. Sedangkan, umumnya jenis emas yang sering digunakan dalam perhiasan adalah emas 10 karat, 14 karat, atau 18 karat. Emas 24 karat memiliki warna oranye kekuningan yang cerah. Bila dilihat secara kasat mata pun emas 24 karat akan terlihat sangat berbeda dengan emas ukuran karat dibawahnya.


Mengetahui harga emas 24 karat tidak lepas dari pengukuran kadar karat yang digunakan. Saat ini, sistem karat diperluas menjadi sistem millesimal, yang diterapkan untuk mengukur kadar kemurnian campuran platina, emas, dan perak. Sistem ini lebih mudah dipahami karena menghitung bagian-bagian per seribu logam murni yang terkandung dalam suatu campuran logam (alloy).


Jadi, jika disebutkan emas 750 berarti kandungan emasnya 75%, dan sisanya adalah logam-logam lain. Sistem millesimal menggunakan tiga angka bulat seperti contoh di atas. Di toko-toko emas saat ini orang pada umumnya tidak menggunakan karat melainkan menyebutkan prosentasi kadar emas, misalnya dengan menyebutkan emas 70, emas 80, yang berarti kandungan emasnya 70% dan 80%


Harga Emas 24 Karat

Di penghujung tahun 2020 ini harga emas 24 karat kian mentereng menunjukan ketangguhannya. Emas Antam di Galeri 24 berukuran 2 gram dibanderol dengan harga Rp1.919.000 pada Senin, 28 Desember. Sementara itu, harga emas Antam dengan ukuran yang sama dibanderol seharga Rp1.919.000 pada laman Pegadaian.


Sedangkan untuk emas Antam di Galeri 24 dengan ukuran 5 gram dibanderol dengan harga Rp4,682,000. Sementara, harga emas Antam dengan ukuran yang sama di Pegadaian juga dibanderol di angka yang sama. Di saat yang bersamaan, harga emas UBS di Galeri 24 berukuran 0,5 gram dibanderol sebesar Rp505.000. Untuk emas UBS berukuran 1 gram masih bisa didapatkan di bawah Rp1 juta per gram. Harga emas per gram yang menyentuh level Rp.1 juta tentu sangat menggiurkan untuk dijadikan sebagai investasi ke depan. Harga emas 24 karat sepertinya tetap akan berkilau di tahun 2021. Meski begitu, jika Anda ingin berinvestasi pada logam mulia ini sebaiknya jangan terburu-buru. Ada beberapa hal yang mesti Anda tahu tentang emas 24 karat terlebih sebagai perhiasan.


Apakah Emas 24 Karat Tepat Sebagai Investasi?

Meskipun harga emas 24 karat terus berkilau, akan tetapi ukuran karatnya kurang cocok dijadikan sebagai perhiasan. Oleh sebab itu, emas 24K jarang digunakan untuk cincin, kalung, dan aksesoris lain. Ada beberapa alasan mengapa perhiasan 24 karat tidak cocok untuk dijadikan pilihan investasi perhiasan terbaik.


Pertama, perhiasan emas murni sangat rentan goresan dan mudah berubah bentuknya. Hal ini kurang memungkinkan apabila dipakai sebagai perhiasan sehari-hari.


Kedua, harga yang Anda beli pastinya akan lebih tinggi dibandingkan dengan kalung emas campuran dengan logam yang lainnya. Uang yang Anda keluarkan lebih banyak, namun produk yang Anda dapatkan tidak sebanding karena rentan rusak dan tak bisa dipakai dalam durasi yang lama.


Ketiga, dari sisi estetika, warna perhiasan akan sangat mencolok dipandang mata. Memang warna emas murni sangatlah indah dan berkilau, namun rona kuningnya sangat kuat.


Beli Emas di Galeri24

Melalui Galeri 24, masyarakat bisa melakukan pembelian dan penjualan berbagai jenis emas. Galeri 24 adalah perusahaan retail Emas dan Perhiasan yang juga merupakan anak perusahaan PT Pegadaian Persero. Dengan puluhan outlet yang tersebar, Galeri 24 menyediakan Emas berbentuk Logam Mulia dari berbagai Vendor untuk keperluan investasi jangka panjang Anda.


Selain itu, Galeri 24 juga menjual Perhiasan Emas berkualitas dengan desain trendy dan up to date, serta Batu Mulia seperti Berlian yang bersertifikat. Perlu diketahui, semua emas yang dijual oleh Pegadaian dan Galeri 24 berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) yang merupakan produsen emas terbesar di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mendapat keuntungan saat menjual emas di Pegadaian.


Harga emas yang dibeli kembali di Pegadaian lebih tinggi sedikit dibanding yang ditawarkan oleh PT Antam. Oleh karenanya, jual beli emas lewat Pegadaian sangat direkomendasikan bagi Anda yang mau mulai berinvestasi emas.

6 views0 comments

©2021 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥