Kabar Emas
14 Feb 2024

Harga Terus Naik, Apa Keuntungan Investasi Emas Buat Investor?

Bagikan
article-cover-images/a887c280990547c934470dd515e32399

Tak pernah ada kata terlambat bagi kalian yang baru mau memulai investasi. Investasi merupakan sebuah cara untuk mencapai tujuan. Salah satu jenis instrumen investasi yang paling populer akhir-akhir ini adalah emas. Yap, emas menjadi banyak dibicarakan banyak orang ketika harganya menjadi sangat berkilau di tengah pandemi Covid-19.

Bayangkan saja, harganya sudah menembus Rp 1 juta per gram. Tapi sebenarnya, apa sih keuntungan investasi emas ketika harganya sedang naik? Dan apa benar emas adalah jenis investasi yang cocok buat pemula? Coba simak penjelasannya satu per satu dulu ya.

Sebelum memutuskan untuk menginvestasikan uang kalian, tentu kalian harus berkenalan dulu dengan produknya. Pertimbangkan bibit, bebet dan bobot investasi kalian agar tak menyesal di kemudian hari. Salah satu yang jadi pertimbangannya adalah soal keuntungan atau cuan, kan?

1. Cara Meraup Cuan dari Investasi Emas

Investasi emas memang menjanjikan, namun cuan-nya tidak seprogresif investasi bentuk lain seperti saham maupun reksadana. Akan tetapi, emas dapat menjadi andalan ketika kondisi ekonomi sedang tidak baik-baik saja. Seperti saat pandemi Covid-19 juga bayang-bayang resesi ekonomi ini.

Emas adalah investasi yang cenderung mempertahankan nilainya seiring dengan waktu. Jika dilihat riwayat nilainya, harga emas akan cenderung naik dan meningkat dari tahun ke tahun. Hal inilah yang membuat banyak masyarakat lebih percaya dan sangat suka berinvestasi emas.

Selain itu, emas juga jenis investasi yang paling tahan dari gerusan inflasi. Saat terjadi inflasi, harga emas akan cenderung meningkat dan menjadi lebih tinggi. Tentu saja ini berbeda dengan uang tunai yang kalian pegang, di mana nilainya akan terus menurun saat terjadi inflasi.

2. Faktor Penyebab Harga Emas Terus Naik

Faktor pembentuk naik turunnya harga emas adalah perubahan kurs mata uang negeri Paman Sam, Dollar AS. Semakin tinggi kurs dollar AS terhadap rupiah, atau semakin melemahnya rupiah terhadap dollar AS, maka harga emas akan semakin menguat atau tinggi. Jadi, ketika kurs dollar AS atas rupiah naik, maka harga emas akan melonjak naik.

Selain itu, suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat juga ikut mempengaruhi kilauan harga emas. Penjelasannya sederhana. Ketika suku bunga naik, banyak orang yang menarik uangnya dan menyimpan uang mereka dalam bentuk deposito yang memiliki bunga tinggi daripada menyimpan emas. Suku bunga sendiri bisa naik dan turun karena beberapa faktor tertentu juga. Ini menjadi kebalikan dari kurs dollar AS.

Nah, faktor pembentuk lainnya adalah suplai dan demand dari emas itu sendiri. Sama seperti harga barang lainnya dimana ketika jumlah peminat semakin tinggi maka harga akan semakin tinggi pula. Sebaliknya, jika jumlah peminat turun maka harga juga akan turun.

Hal ini berlaku juga untuk harga emas.

Adapun, laju inflasi yang tak terkendali di suatu negara juga dapat mempengaruhi harga emas. Apabila inflasi tinggi, masyarakat tidak mau menyimpan uang mereka dengan bentuk uang walaupun dollar AS. Emas akan menjadi pilihan bagi mereka sebab harganya cenderung stabil dan lebih aman saat inflasi tak terkendali. Dalam berinvestasi, kalian juga tidak boleh mengesampingkan faktor lain seperti kondisi politik, keadaan ekonomi dunia serta harga minyak mentah. Sebab, hal-hal seperti itu juga dapat mempengaruhi naik turunnya harga emas loh.

3. Cara Terbaik Melindungi Aset

Keuntungan investasi emas selanjutnya adalah dapat melindungi aset. Investasi emas yang mampu berkinerja baik pada saat kondisi ekonomi sedang sulit membuat emas tak pernah kehilangan nilainya. Tentu, ini menjadi daya tarik sendiri bagi jenis investasi yang berumur paling tua ini. Rendahnya korelasi harga emas dengan harga kelas aset lainnya membuat investasi emas menjadi instrumen yang menarik untuk melakukan diversifikasi portofolio investasi.

Teori investasi modern akan menyarankan agar investor menambahkan aset dengan risiko yang lebih rendah atau lebih baik ke portofolio emas untuk memperbaiki profil pengembalian risiko.

4. Emas Batangan Investasi yang Menarik

Emas bisa diterima di seluruh dunia, terlepas dari negara dan mata uangnya apa, emas tetaplah dijadikan produk yang dapat diperdagangkan secara universal. Emas telah terbukti kuat bertahan untuk menjadi komoditas yang punya tren naik selama bertahun-tahun, bahkan ketika pasar telah mengalami penurunan besar, emas tetap stabil dan tidak terpengaruh. Inilah sebabnya mengapa emas batangan sering dipandang sangat menarik sebagai investasi.

Anda bisa melihat keuntungan investasi emas dengan dua cara. Melihatnya sebagai investasi tambahan di pasar yang hanya menambah portofolio dengan jenis investasi lainnya. Atau bisa melihat emas sebagai salah satu komoditas untuk diperdagangkan di pasaran seperti banyak komoditas lainnya, karena harga emas cukup stabil.

5. Pastikan Membeli di Tempat yang Tepat

Sebelum memulai untuk berinvestasi emas, Anda harus terlebih dahulu untuk mengetahui rekam jejak tempat pembelian emasnya. Pastikan tempat yang Anda tuju memiliki status dan terdaftar. Seperti halnya investasi lain, banyak juga lho penipuan yang menyerang para pembeli emas. Anda harus lebih berhati-hati ketika ada pihak yang menawarkan pembelian emas dengan proses cepat.

Salah satu rekomendasi tempat pembelian emas yang aman adalah di Pegadaian. Pegadaian, melalui Galeri 24, dapat melakukan transaksi pembelian dan penjualan emas.

Dengan puluhan outlet yang tersebar, Galeri 24 menyediakan Emas berbentuk Logam Mulia dari berbagai Vendor untuk keperluan investasi jangka panjang Anda. Selain itu, Galeri 24 juga menjual Perhiasan Emas berkualitas dengan desain trendy dan up to date, serta Batu Mulia seperti Berlian yang bersertifikat.