• Galeri24

Jangan Asal, Ini Tips Memilih Perhiasan untuk Bayi

Hampir setiap orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik bagi buah hatinya. Termasuk dengan memakaikan aksesoris perhiasan kepada bayinya agar terlihat menarik. Namun, apakah boleh bayi yang baru lahir dipasangkan aksesoris perhiasan? Adakah manfaatnya bagi si bayi? Simak penjelasannya supaya anda paham.


Memasangkan perhiasan pada bayi memang menjadi kebiasaan yang sudah ada sejak lama. Biasanya bayi dipasangkan perhiasan emas seperti gelang, kalung, hingga cincin. Khususnya pada bayi perempuan akan dipasangkan gelang di tangan maupun kaki. Namun, bagaimana dengan bayi laki-laki? Apakah boleh dipasangkan perhiasan emas?


Perhiasan Emas untuk Bayi Laki-Laki

Seperti diketahui, dalam ajaran Islam terdapat aturan bahwa laki-laki dilarang menggunakan perhiasan emas. Hal ini pun berlaku pula untuk bayi laki-laki yang baru lahir. Namun dari sisi kesehatan, pemakaian perhiasan pada bayi juga tidak dianjurkan. Pasalnya, kulit bayi yang baru lahir sangatlah sensitif. Bila dipasangkan perhiasan, maka bisa menyebabkan gangguan atau iritasi pada kulit.


Bayi yang baru lahir umumnya akan engeluarkan bintik merah pada kulit. Bintik tersebut biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Dengan kondisi seperti itu akan lebih parah, jika si bayi dipaksakan memakai perhiasan emas. Oleh karena itu, perlu mempertimbangkan efek kesehatan yang muncul bila bayi menggunakan perhiasan emas.


Bahaya Penggunaan Emas pada Bayi

  1. Risiko Infeksi Kulit Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang sangat tipis. Karena hal tersebut tentunya kulit bayi akan lebih sensitif terhadap sentuhan apapun termasuk benda yang terbuat dari bahan emas. Kulit bayi dapat berubah menjadi merah akibat pemakaian perhiasan yang terbuat dari emas. Di samping itu, bayi anda juga berisiko mengalami gatal-gatal yang dapat berakibat luka hingga infeksi pada kulitnya.

  2. Risiko Kejahatan Memakaikan perhiasan pada bayi berisiko mengundang aksi kejahatan. Rata-rata aksi ini terjadi di lingkungan luar yang minim pengawasan dari orang tua. Bayi tidak mungkin dapat melawan bila terjadi aksi kejahatan pada dirinya. Terlebih lagi, bila hal tersebut dilakukan dengan cara kekerasan yang berisiko pula pada keselamatan jiwa si bayi. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan baik bila ingin memakaikan bayi perhiasan agar anak anda aman dari tindak kejahatan seperti pencurian.

Tips Penggunaan Perhiasan pada Bayi

Bila anda tetap ingin bayi anda dipasangkan perhiasan, maka anda harus tahu cara yang tepat. Berikut ada beberapa tips jika ingin memasangkan perhiasan pada bayi.

  1. Pastikan tidak Memiliki Alergi Jika ingin memasangkan perhiasan emas, maka pastikan bayi anda tidak memiliki alergi. Sebab, jika bayi anda memiliki alergi, perhiasan emas justru akan memicu alergi pada tubuh bayi. Kondisi alergi yang paling buruk adalah dermatitis atopik dan yang paling ringan adalah munculnya bintik merah pada kulit.

  2. Merawat Kulit Bayi Banyak yang berpikir bahwa kulit bayi tidak perlu dirawat. Hal itu tentulah salah. Jika ingin memberikan perhiasan emas untuk bayi, sebaiknya anda mampu merawat kulit anak anda dengan baik. Jagalah kulit bayi anda tetap kering. Anda bisa mengontrol penggunaan perhiasan pada bayi dengan tidak memasangkannya secara terus menerus. Anda harus melepaskan perhiasannya jika dirasa waktu penggunaannya sudah cukup lama. Dengan begini, kulit bayi akan lebih terjaga dari risiko iritasi kulit.

  3. Jangan Beli Perhiasan Palsu Sebagai orang tua, mesti menghindari perhiasan imitasi atau palsu. Memberikan perhiasan palsu pada bayi dapat berisiko membahayakan kesehatan mereka. Perhiasan palsu seringkali mengandung zat berbahaya yang sangat mungkin membawa kuman atau virus masuk ke tubuh karena tak sengaja termakan atau lewat sentuhan lainnya.

  4. Gunakan Saat Waktu yang Tepat Mengenakan perhiasan pada bayi sebaiknya hanya untuk momen-momen tertentu saja. Anda bisa memakaikan perhiasan ke mereka saat acara kondangan, ulang tahun, atau acara keluarga. Dengan begitu, anda tidak perlu lagi khawatir dengan keamanan dan kondisi perhiasan karena dapat mengawasinya langsung.

  5. Pilih Model Perhiasan Sebelum membelikan perhiasan untuk bayi anda, ada baiknya memilih bentuk atau model yang tepat. Perhiasan bagi si kecil tentu berbeda dengan perhiasan untuk orang dewasa. Untuk usia Balita, anda bisa membelikan dengan model yang sederhana dan berukuran kecil. Model berbentuk hewan, bunga, atau tumbuhan sangat cocok untuk mereka. Selain itu hindari membeli perhiasan dengan bagian ujung yang sangat runcing karena dapat melukai kulit.


Model Perhiasan Bayi

Selain tata cara penggunaan, model perhiasan juga menjadi salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan. Model perhiasan bayi semestinya akan membuat terlihat lebih cantik, lucu, dan menggemaskan sesuai dengan umurnya. Berikut ini ada beberapa model perhiasan untuk bayi yang bisa jadi rekomendasi untuk orang tua.

  • Gold Kids Bangle Gold Kids Bangle merupakan gelang dengan desain lucu dan modern. Gelang ini sangat cocok untuk anak-anak karena memiliki rupa yang menarik. Gelang ini biasa dipasangkan dengan batu berbentuk kartun sehingga anak tidak terlihat tua.

  • Gold Gloria Anting Giwang Anting dengan desain bentuk tidak bertepi sangat cocok digunakan untuk anak-anak. Anting ini dibuat dengan desain yang sederhana sehingga tidak mengganggu aktivitas gerak anak. Dengan berat 0,5 gram, perhiasan anak ini juga tidak ribet dan aman dipakai.

  • Liontin Emas Model perhiasan anak selanjutnya adalah liontin. Dengan kadar 37,5, liontin cocok dipakai anak-anak. Liontin pada perhiasan anak memiliki desain menarik yang biasanya berbentuk es krim. Dengan begitu, liontin ini akan mempercantik penampilan anak perempuan anda.

  • Kids Gold Necklace Model perhiasan bayi berikutnya adalah Kids Gold Necklace atau kalung emas. Kalung merupakan perhiasan yang sering dipakai pada anak. Pada bagian bandul kalung biasanya disematkan ukiran nama. Hal ini supaya lebih mempercantik tampilan kalung saat dikenakan. Dengan kadar 75 dan panjang 36cm, kalung emas cocok diberikan sebagai hadiah untuk anak.

Beli Emas di Galeri 24

Melalui Galeri 24, masyarakat bisa melakukan pembelian dan penjualan berbagai jenis emas. Galeri 24 adalah perusahaan retail Emas dan Perhiasan yang juga merupakan anak perusahaan PT Pegadaian Persero. Dengan puluhan outlet yang tersebar, Galeri 24 menyediakan Emas berbentuk Logam Mulia dari berbagai Vendor untuk keperluan investasi jangka panjang Anda.


Selain itu, Galeri 24 juga menjual Perhiasan Emas berkualitas dengan desain trendy dan up to date, serta Batu Mulia seperti Berlian yang bersertifikat. Perlu diketahui, semua emas yang dijual oleh Pegadaian dan Galeri 24 berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) yang merupakan produsen emas terbesar di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mendapat keuntungan saat menjual emas di Pegadaian.


Harga emas yang dibeli kembali di Pegadaian lebih tinggi sedikit dibanding yang ditawarkan oleh PT Antam. Oleh karenanya, jual beli emas lewat Pegadaian sangat direkomendasikan bagi Anda yang mau mulai berinvestasi emas.

1 view0 comments