• Edmund Andriano

Ketahui Ini Agar Pandai investasi Emas tanpa Waswas

Investasi emas semakin dilirik. Geliat masyarakat Indonesia dalam berinvestasi emas semakin terasa, sampai-sampai PT. ANTAM berani menaikkan target penjualan emas tahun ini menjadi 5,6 ton; naik 4,8 ton dari tahun sebelumnya.




Ini fenomena wajar, mengingat daya beli masyarakat telah naik gila-gilaan dalam satu dekade terakhir. Bagi masyarakat Indonesia modern, berinvestasi emas bukan hanya alternatif dan kebutuhan, tapi juga gaya hidup. Sudahkah Anda mengikuti geliatnya, atau masih ragu-ragu memulai?

Agar dapat mulai berinvestasi emas tanpa waswas, tak ada salahnya Anda mulai mengetahui beberapa hal dasar di bawah ini. Apa saja?


Ada 5 Jenis Investasi Emas

Tidak banyak yang tahu, bahwa sebenarnya Anda bisa berinvestasi emas melalui 5 cara. Tergantung gaya hidup, budget, dan kebutuhan, Anda bisa memilih instrumen investasi emas Anda dari 5 daftar berikut:


1. Perhiasan Emas

Yang menyenangkan dari investasi perhiasan emas adalah Anda jadi bisa menggunakannya untuk pesta atau momen-momen gaya ketika tidak sedang disimpan. Sudah begitu, value dan permata yang menyertainya bisa turut meningkat seiring waktu. Perhiasan emas adalah investasi yang populer di antara kaum hawa yang memang menyukai keindahan dan fashion.


2. Emas Batangan

Stabil, aman, harganya pun akan selalu naik signifikan dalam jangka panjang. Inilah jenis investasi yang paling pas untuk Anda yang serius berinvestasi dan berpikir untuk menggunakan dana simpanan demi berbagai kebutuhan di masa depan.

3. Koin Emas

Dinar banyak dilirik sebagai simpanan untuk mempersiapkan ibadah haji. Sebab itu, tak ada ruginya menyimpan investasi dalam bentuk ini. Sayangnya, pemannya tak begitu banyak, begitu pula penyedianya. Anda jadi harus ekstra hati-hati saat hendak memilih instrumen satu ini.


4. Sertifikat Emas

Rupanya, nvestasi emas tidak melulu harus dalam bentuk fisik. Anda juga bisa berinvestasi dalam wuud sertifikat yang menandakan kepemilikan emas Anda di sebuah bank negara.



5. Saham Perusahaan Pertambangan Emas

Yang ini cukup gamey, dan tidak terlalu populer di antara pemain investasi emas baru. Anda bisa memilih jenis investasi ini dengan penuh pertimbangan. Saham perusahaan emas volatile dan mengikuti situasi pasar; jika pasar saham emas sedang naik, biasanya harga saham perusahaan pun ikut bergerak naik lebih cepat daripada harga emas fisik.

Investasi Emas Batangan Paling Disuka

Meski begitu, mengesampingkan semua jenisnya emas batangan masih paling disuka di hati masyarakat. Maklum, keuntungannya tidak tanggung-tanggung. Pada situasi-situasi tertentu, harga emas bahkan bisa naik 25% dalam setahun, membuktikannya sebagai investasi yang tidak boleh dilewatkan.


Di kancah pasaran Indonesia, dua penyedia emas batangan yang bisa dipilih dan terpercaya adalah PT ANTAM dan UBS.

ANTAM alias Aneka Tambang adalah perusahan yang paling dekat dan familier di masyarakat. Memang, ANTAM telah berdiri sejak 34 tahun yang lalu. Anda bisa membeli logam mulia ANTAM mulai dari 1, 2, 3, 4, 5, 10, 25, 50, 100, 250 hingga 1.000 gram.


Lain halnya dengan UBS yang lebih dikenal sebagai produsen perhiasan emas. UBS menghadirkan emas batangan dalam kemasan 1, 2, 5, 10, 25, 50, dan 100 gram.

Kedua jenis investasi emas batangan itu bisa Anda peroleh di Galeri 24. Tak hanay emas ANTAM dan UBS, Galeri 24 juga menyediakan ragam perhiasan cantik yang bisa Anda jemput pulang dengan harga terjangkau. Dengan satu klik ke galeri24.co.id, dapatkan pengalaman berbelanja emas yang paling profesional dan tak terlupakan.




44 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥