• Galeri24

Mau Beli Berlian? Perhatikan Dulu Hal Ini

Siapa yang tak ingin berlian? Tentu semua orang di dunia berharap bisa memiliki batu mulia ini. Berlian merupakan perhiasan termahal. Logam mulia sekalipun seperti emas, tak akan bisa bersaing dengan berlian berkualitas yang dibanderol dengan harga sangat fantastis. Namun, jika ingin membeli berlian Anda mesti berhati-hati, sebab bisa jadi berlian tersebut palsu.


Seperti halnya logam mulia lain, membeli berlian juga harus disertai dengan sertifikat. Jika ada yang menawarkan berlian tanpa sertifikat, sebaiknya Anda berpikir ulang. Tanpa sertifikat berlian yang diterbitkan lembaga kredibel, batu mulia Anda mungkin saja dianggap hasil curian. Hal ini bisa menjadi masalah panjang, bahkan dapat menyeret Anda ke dalam penjara. Seperti apa sih sertifikat berlian? Apa yang harus diperhatikan di dalam sertifikat? Untuk lebih jelasnya, simak baik-baik penjelasan berikut ini.


Mengenal Sertifikat Asli Berlian

Di dunia ini, jumlah berlian tergolong sedikit baik itu berlian sintesis maupun natural. Untuk membedakannya dengan yang palsu, diperlukan proses sertifikasi guna menentukan kualifikasi sebuah berlian. Berlian yang beredar dipasaran harus disertai sertifikat yang merinci informasi mengenai keabsahan berlian tersebut.


Umumnya, berlian yang masuk laboratorium akan diteliti secara mendalam hingga menemukan rincian informasi yang konsisten dan dapat diandalkan. Beberapa hal informasi diantaranya mengenai 4C berlian tersebut (cut, clarity, color, cut), juga proporsi, hasil akhir, treatment yang telah diberlakukan (apakah hanya pemolesan alami dari intan di perut bumi ataukah hasil pematangan karbon di laboratorium). Tingkat inklusi alias kecacatan juga turut diukur di sini. Dan tahukah Anda? Hanya 1% berlian di dunia ini yang pernah dinilai tanpa cacat. Harganya pun, sudah pasti mahal.


Berlian mirip dengan sidik jari manusia, sehingga berlian satu dan yang lainnya tidak akan persis sama. Jadi, sertifikat ini sangat penting guna menentukan karakteristik berlian Anda.


Lembaga Sertifikasi Berlian


- American Gem Society (AGS)

Lembaga terpercaya pertama untuk sertifikasi berlian adalah American Gem Society (AGS). Titik penting dari sertifikasi oleh AGS adalah Performance-Based Cut Grading System. Kunci evaluasi dari AGS ada pada cahaya yang bergerak melalui berlian diteliti tingkat pancarannya. Dari situ kemudian ditentukan apakah berlian terlihat cerah, kusam atau berkualitas medioker.


Laboratorium AGS menerbitkan beberapa laporan penilaian. Akan tetapi, yang paling umum adalah Diamond Quality Document, yang merinci detil potongan, warna, kejernihan, berat karat disertai dengan profil yang menunjukkan pengaturan facet dan detail inskripsi suatu berlian.


- GIA (Gemological Institute of America)

GIA (Gemological Institute of America) merupakan lembaga yang cukup dipercaya sehingga banyak digunakan sebagai rujukan dalam keabsahan berlian. GIA menciptakan cara yang terbukti konsisten untuk menggambarkan berlian dengan terminologi yang akuntabel sehingga menjadi pelopor penilaian berlian sejak tahun 1940-an, .


Ada dua jenis sertifikat yang diterbitkan GIA, yaitu GIA Diamond Grading Report dan Diamon Dossier. Diamond Grading Report menyediakan informasi rinci, hasil periksa lab tentang bentuk, kejernihan, warna, potongan, berat karat, proporsi, hasil akhir dan treatment laboratorium. Rincian tentang inklusi yang mempengaruhi kecacatan berlian juga termaktub di sini.


Sementara itu, GIA Diamond Dossier, adalah laporan yang lebih lengkap. Format laporan ini tersedia untuk loose diamond antara 0,15 dan 1,99 karat. Hal paling penting, GIA turut menuliskan nomor identifikasi pada korset berlian. Nomor ini hanya bisa terlihat dengan pembesaran 10 kali lipat, dan sama dengan yang ada pada sertifikat penilaian. Fungsinya, adalah sebagai penanda bahwa itu berlian satu-satunya di dunia ini.


- IGI (International Gemological Institure)

Dan lembaga terakhir adalah IGI (International Gemological Institure). IGI sebagai lembaga independen memiliki cabang di New York City dan Los Angeles. Di luar Amerika, IGI juga membuka cabang di Antwerp, Bangkok, Mumbai, Tokyo, dan Dubai


Staf IGI berisi para hli permata yang piawai menganalisis masing-masing berlian. Hasilnya, adalah deskripsi yang akurat tentang karakteristik setiap batuan berharga mulai dari warna, kejernihan, berat karat, bahkan kualitas potongan. Rincian informasi tersebut lalu disimpan dalam basis data komputer IGI. Inilah kelebihannya, agar Anda bisa meminta pembaruan laporan jika diperlukan.


Selain itu, fungsi IGI juga tidak terbatas pada berlian. IGI juga menawarkan sertifikat batu permata berwarna, kursus pendidikan berlian, dan layanan laser inskripsi bagi Anda yang membutuhkan.


Beli Berlian di Galeri24

Melalui Galeri 24, masyarakat bisa melakukan pembelian dan penjualan berbagai jenis emas. Galeri 24 adalah perusahaan retail Emas dan Perhiasan yang juga merupakan anak perusahaan PT Pegadaian Persero. Dengan puluhan outlet yang tersebar, Galeri 24 menyediakan Emas berbentuk Logam Mulia dari berbagai Vendor untuk keperluan investasi jangka panjang Anda.


Selain itu, Galeri 24 juga menjual Perhiasan Emas berkualitas dengan desain trendy dan up to date, serta Batu Mulia seperti Berlian yang bersertifikat. Perlu diketahui, semua emas yang dijual oleh Pegadaian dan Galeri 24 berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) yang merupakan produsen emas terbesar di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mendapat keuntungan saat menjual emas di Pegadaian.


Harga emas yang dibeli kembali di Pegadaian lebih tinggi sedikit dibanding yang ditawarkan oleh PT Antam. Oleh karenanya, jual beli emas lewat Pegadaian sangat direkomendasikan bagi Anda yang mau mulai berinvestasi emas.






15 views0 comments