• Galeri24

Mau Kredit Emas untuk Investasi? Ini Hal yang Harus Dipertimbangkan

Kredit emas merupakan sejenis kredit yang berguna untuk pembelian emas dengan cara mengangsur. Cocok untuk yang mempunyai emas dalam jumlah tertentu, tapi pendanaannya belum begitu cukup untuk memperoleh emas yang banyak. Sebelum Anda mengambil seberapa banyak emas yang diinginkan, sebaiknya pahami dulu kriteria produk kredit emas tersebut sehingga mengetahui karakteristik, peranan dan risiko yang dialami para nasabah.


Investasi Emas

Emas sendiri merupakan sejenis instrumen ataupun investasi yang dapat digunakan semua orang. Dengan nilainya yang selalu stabil serta likuid dalam membuat investasi jangka panjang di instrumen tersebut tidak pernah lekang oleh zaman pastinya terus menjadi minat masyarakat. Disaat krisis pada waktu itu, banyak sekali yang memindahkan dana-dana miliknya dengan membeli emas yang dianggap sebagai tempat investasi yang aman.


Apalagi beberapa waktu yang lalu, harga-harga emas ini sempat mengalami penambahan dan peningkatan yang signifikan. Membuat siapa saja berkeinginan menginvestasikan uangnya demi emas dengan cara dicarinya orang-oang sebagai induk investasi di masa yang akan datang. Modal yang dibutuhkan saat ini untuk membeli emas tentunya tidaklah kecil.


Kenaikan harga emas terus melambung tinggi dari sepanjang waktu. Pada saat ini, Anda harus menyediakan uang sendiri senilai Rp. 505.000 untuk keperluan pembelian 1 gram emas yang bisa sangat menguntungkan untuk diinvestasikan kemana saja. Pemanfaatan-pemanfaatan tersebut, muncullah beberapa fasilitas yang bisa dipergunakan atau produk kredit emas tertentu yang kemudian diluncurkan kepada siapa saja oleh sejumlah bank-bank syariah dengan kantor pegadaian. Dengan sistem kredit ini yang dijalankan, hambatan-hambatan besarnya dari modal untuk kredit emas dapat mendapatkan keringanan dengan bantuan pembiayaan yang memadai dari bank terkait.


Apa itu kredit emas

Kredit emas merupakan jenis pinjaman yang diperuntukkan kepada siapa saja yang memiliki logam mulia atau emas. Kredit emas sama saja dengan jenis kredit kepemilikan yang dimiliki seseorang, misalnya Anda mempunyai kendaraan bermotor (KKB). Bank akan menyediakan sejumlah dana yang disediakan untuk membiayai pembelian serta pengkreditan emas, sementara pihak debitur harus membayar dan mengangsur dengan margin tertentu kepada pihak bank.


Seperti apa Investasi Kredit Emas

Namun, emas ini produk berbeda dengan barang konsumtif lainnya, terdapat sejumlah keputusan yang wajib dipergunakan. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:


Pertama, emas jenis logam mulia diproduksi PT ANTAM dibeli berdasarkan kriteria kredit emas. Pembelian emas secara cuma-cuma tidak bisa menggunakan fasilitas kredit emas yang ada.


Kedua, emas disimpan bank dalam proses penggadaian sampai cicilan lunas. Anda hanya bisa melihat atau mendapatkan copyan dari sertifikat yang Anda punya. Jika Anda kredit emas tentunya fisik emas baru bisa Anda miliki setelah angsuran ini lunas dan sah.


Ketiga, emas adalah jaminan dalam sebuah pinjaman sehingga saat debitur tidak melunasi sebuah angsuran yang diingikan dan sesuai perjanjian yang ditetapkan, bank akan melakukan pelelangan emas. Hasil pelelangan ini dapat dipergunakan dalam pelunasan kewajiban kepada bank.


Keempat, maksimum bayar 75%-80% dari nilai emas yang berhak Anda beli. Dengan ketentuan, Anda menyediakan dana sebesar 20-25%% dari biaya emas. Dana siap dalam proses akad kredit yang telah dilakukan.


self-financing dari kreditur dibutuhkan guna memastikan apakah debitur sudah serius dalam menangani dan mengambil kredit emas dan antisipasi biaya emas akan turun dibawah normal harga pembelian dengan para debitur tidak menyelesaikan suatu kewajiban dengan menunggak hutang.


Kelima, bank menyiapkan margin yang sesuai atas nilai emas yang sudah dibeli. Jadi jumlah pinjaman yang sudah diangsur ke pihak bank merupakan harga pembelian emas ditambahkan margin suatu prosentase.


Margin berbeda-beda umumnya tergantung jangka kredit yang disesuaikan. Semakin lama kredit emas yang sudah diangsur, semakin tinggi margin yang ada dan disesuaikan oleh pihak bank yang ada. Margin ini merupakan cerminan dari profit dengan premi risiko yang sudah disesuaikan oleh pihak bank.


Keenam, proses kredit emas ini, bank sudah menetapkan persyaratan dengan batas minimum berdasarkan golongan umur, dan sebagainya untuk melihat sejumlah folder identitas Anda dan data keuangan yang ada dan melakukan pengevaluasian dalam melakukan pembayaran ketika kredit emas.



14 views0 comments