• Edmund Andriano

Mengintip Untungnya Investasi Perak demi Diversifikasi Portofolio Anda

Tips wajib berinvestasi adalah selalu memperkaya portofolio. Sebab, sangat tidak bijak meletakkan semua bakal harta kita di satu sektor saja. Inilah alasan pengusaha bisanya punya lebih dari satu bidang untuk ditanami uang; mulai dari properti, berlian, saham, dan yang terakhir: perak. Mengapa orang mulai melirik perak?



Per 2019 ini, untuk beberapa alasan orang mulai melirik perak batangan sebagai diversifikasi portofolio. Kepopulerannya belum menyaingi emas yang terbukti paling untung, tapi jelas, investasi perak mulai mendapatkan posisinya di masyarakat.


Dengan ulasan di bawah ini, Anda akan mengetahui sedikit untung-rugi dari berinvestasi si logam putih ini. Apa saja?


Keuntungan investasi Perak #1: Demand Tinggi, Sementara Jumlah Terbatas

Jumlah perak batangan di dunia cukup terbatas. Pasalnya, tambang-tambang perak bisa dihitung jari di dunia, dan pengolahannya pun memerlukan proses yang tidak sebentar. Tapi di sisi lain, permintaan perak sangat lah tinggi—dan akan terus bertambah.


Ini karena kebutuhan perak betul-betul merambah banyak industri. Mulai dari kesehatan, seperti gigi perak yang banyak dipilih orang sebagai tambalan untuk mempercantik diri, atau memperbaiki struktur rahang. Industri tinta, alat musik, cermin, dan fotografi, juga semuanya membutuhkan perak. Jadi, Anda tidak perlu risau soal demand ketika hendak berinvestasi emas.


Keuntungan investasi Perak #2: Harga Stabil dan Gampang Naik

Karena alasan di atas pula, harga perak cenderung selalu naik (meski tidak langsung tinggi). Ini membuat perak batangan bisa jadi sumber investasi yang bisa diandalkan dalam jangka panjang. Ada beberapa alasan yang menyokong hal ini.

Pertama, pasaran perak belum umum sehingga harganya tidak mudah dimanipulasi. Dan kedua, perak biasa dijadikan komplementar bagi emas sehingga bank-bank dunia akan mengatrol harga perak ketika emas juga naik. Di sisi lain, mereka tak berniat menstabilkan harga perak karena memberikan perhatian lebih pada emas. Akibatnya, harga perak bisa saja mengalami lonjakan tiba-tingga tiga kali lipat dibanding emas.


Keuntungan investasi Perak #3: Harganya Lebih Rendah

Karena harganya lebih rendah dibanding emas, Anda jadi tidak perlu menganggarkan banyak dana bila ingin mulai berinvestasi perak. Bahkan, Anda bisa membeli banyak perak hingga beberapa batang dan membiarkannya hingga harganya naik. Langkah ini tentu saja tidak bisa Anda lakukan dengan instrumen investasi lain yang lebih volatile seperti saham atau properti.


Keuntungan investasi Perak #4: Cukup Newbie-Friendly

Anda yang baru mulai berinvestasi dan ingin mendiversifikasi portofolio amat bisa membeli perak batangan. Cara memainkannya semudah emas, hanya saja dengan risiko dan harga yang jauh lebih rendah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menemukan tempat terpercaya dan rajin memantau berharga. Selain itu, juga menyediakan tempat yang aman seperti safe deposit box atau brankas rumah yang bisa Anda jaga.


Tentu saja, tidak ada instrumen investasi yang sempurna. Investasi perak juga punya kekurangan di mana Anda harus meluangkan waktu tiap beberapa kala untuk membersihkan perak Anda, memastikannya bebas jamur dan bercak hitam.

Karena, dibanding emas, perak mudah bebercak noda. Selain itu, pemain perak yang belum banyak di Indonesia bisa membuat Anda kesulitan menemukan komunitas untuk membicarakan cara untung berinvestasi perak. Penyedianya pun, belum sebanyak emas.

Tapi jika Anda memahami caranya, Anda bisa memetik untung yang tidak main-main dari logam satu ini. Siap mencoba?


Bagi Anda yang ingin mulai berinvestasi logam mulia tipe ANTAM maupun UBS, galeri24.co.id selalu membuka tangan untuk kebutuhan Anda. Di grafiknya, Anda bisa melihat perkembangan harga emas dari waktu ke waktu sesuai ukuran yang Anda kehendaki. Anda juga akan selalu memperoleh kabar mengenai dunia perhiasan dan investasi logam mulia, langsung dari tangan yang paling terpercaya.


Belanja emas tanpa waswas? Galeri24 tempatnya.

0 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥