• Galeri24

Seserahan Pernikahan dalam Adat Istiadat Orang Indonesia

Setiap negara punya tradisi pernikahan masing-masing. Tak terkecuali di Indonesia. Dengan banyaknya suku yang ada, tradisi pernikahan di negara kepulauan ini juga beragam. Tak jarang, bisa membuat Anda mengernyitkan dahi. Meski ada yang berharga fantastis, namun tradisi dan budaya pernikahan di Indonesia yang unik, patut diacungi jempol lho.


Salah satu yang paling mahal adalah pernikahan suku Bugis, Sulawesi Selatan. pengeluaran terbesar yang menjadikan pernikahan adat Bugis mahal adalah uang Panai.

Seserahan Pernikahan Ala Suku Bugis

Uang Panaik adalah mahar yang harus dibayarkan oleh calon mempelai pria untuk meminang calon mempelai wanita. Jumlah uang Panaik ini disesuaikan dengan beberapa faktor, yaitu garis keturunan si gadis, jenjang pendidikan, pekerjaan, bahkan ada keluarga yang menjadikan kecantikan sebagai penentu besaran Panai.

Pastinya jika calon pengantin perempuan berasal dari garis keturunan bangsawan, dapat dilihat dari gelarnya seperti “Andi”, uang Panai yang harus disiapkan pun akan lebih mahal. Selain itu faktor lainnya seperti, makin tinggi jenjang pendidikan, pangkat, atau gajinya, maka makin mahal pula uang Panaiknya.

Untuk seorang gadis lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) uang Panaiknya bisa mencapai Rp 100 juta ditambah perhiasan, serta dua ekor kerbau. Ada pula keluarga yang harus membayar Rp 150 juta sampai Rp 200 juta untuk menikahkan anak laki-lakinya, karena status sosial calon istrinya yang lebih tinggi.

Pada zaman modern ini, dimana banyak orang yang bukan dari kalangan bangsawan juga memiliki status sosial tinggi, patokan uang Panai didasarkan pada pendidikan, gaji, dan pekerjaan dari calon mempelai perempuan. Namun biasanya, keluarga dari pihak laki-laki akan bernegosiasi dengan keluarga pihak perempuan untuk mendapatkan penurunan angka. Pada beberapa kasus ada beberapa pasangan yang gagal menikah karena uang Panai yang terlalu mahal.

Bagi adat Batak, pada dasarnya ada tiga hal yang harus dipenuhi oleh calon pengantin dan memakan biaya mahal. Ketiga item ini adalah Sinamot atau mahar, ulos, dan biaya pernikahan. Jika pengantin perempuan bukan dari suku Batak, maka diadakan upacara tambahan untuk pemberian marga.

Misalnya si gadis adalah seorang sarjana, maka biaya Sinamot bisa mencapai Rp 50 juta bahkan hingga Rp 80 juta. Hal ini karena masyarakat Batak percaya bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan perempuan, maka semakin baik pula kualitasnya.

Seserahan Pernikahan Khas Masyarakat Umum

Di Indonesia, selain mahar, biasanya ada pula yang disebut dengan hantaran nikah atau seserahan. Seserahan nikah biasanya berupa barang-barang kebutuhan pribadi seperti pakaian, sepatu hingga kebutuhan pribadi calon pengantin wanita. Perlu diketahui, mahar dan seserahan pernikahan adalah dua hal berbeda.


Dalam Islam, mahar pernikahan adalah syarat sah pernikahan dalam Islam. Sedangkan seserahan hanya sebagai simbol tanggung jawab calon pengantin pria terhadap calon pengantin wanita. Seserahan atau hantaran hanya untuk mempererat silaturahmi antara kedua pihak keluarga mempelai.


Umumnya, mahar yang disiapkan bisa emas, dinar, rumah, mobil, deposito atau yang lain seberapa sanggupnya. Bahkan mahar ini boleh juga dibayar utang, yang diucapkan saat ijab kabul. Sementara untuk seserahan atau hantaran sebenarnya tidak wajib disiapkan. Hanya saja kedua jenis perlengkapan itu menjadi budaya turun-temurun orang Indonesia.


Pada dasarnya Islam mengatakan, budaya itu tidak dilarang. Tapi syaratnya tidak boleh melanggar agama, ada manfaatnya dan maslahat, serta tidak mendatangkan mudarat. Salah satu seserahan pernikahan yang paling umum diberikan adalah cincin, materialnya bisa emas maupun berlian.


Dalam adat istiadat Jawa, bahkan isi dari seserahan dan hantaran isinya berupa barang keperluan pengantin perempuan, mulai dari pakaian, perlengkapan salat, aksesoris, make up, dan barang kebutuhan yang akan dipakai sehari-hari oleh perempuan menikah kelak.


Sedangkan untuk hantaran, biasanya diisi beragam makanan, bisa kue, masakan, makanan ringan, sampai buah-buahan. Bahkan, antar keluarga biasanya saling bertukar hantaran dari dulu hingga sekarang. Berikut adalah beragam seserahan yang biasanya digunakan oleh pengantin Indonesia:


Pakaian

Pada pernikahan adat, pakaian wanita berarti satu set bahan dan kain tradisional seperti batik, tenun, ulos, maupun songket. Ini bermakna pasangan harus menjaga rahasia rumah tangga mereka dengan baik.


Tas Tangan

Selain pakaian, salah satu barang seserahan adalah tas tangan. Makna pemberian tas ini disebut untuk menyimbolkan bahwa mempelai pria mampu untuk membiayai segala keperluan calon istrinya kelak.


Sepatu

Ada juga seserahan berupa sepatu, selop, atau sandal dimaksudkan supaya kedua calon mempelai selalu sejalan dalam mengarungi kehidupan berumah tangga. Kedua pengantin juga didoakan agar bisa selalu bersama di jalan yang lurus.


Kue Basah

Dalam pernikahan adat Jawa, biasanya mempelai pria memberikan seserahan berupa kue basah berbahan dasar beras ketan seperti jenang, lemper, jadah, kue lapis dan sebagainya. Ini menyimbolkan harapan agar kedua mempelai lengket terus dan tetap bersatu hingga akhir hayat.


Buah-buahan

Selain kue, makanan yang dijadikan seserahan pernikahan adalah buah-buahan. Ini bermakna agar kehidupan calon mempelai berbuah berkat bagi keluarga dan orang sekitarnya.


Skin Care atau Make Up

Peralatan rias atau makeup ini diberikan dengan maksud agar mempelai wanita dapat menjaga penampilan dan bisa selalu tampil cantik.


Perhiasan

Perhiasan ini bisa berupa cincin, kalung, liontin, anting atau gelang untuk calon mempelai wanita. Perhiasan ini bermakna harapan agar calon pengantin wanita selalu bersinar dan bercahaya di kehidupannya.

Salah satu produk modern zaman now dari cincin berlian adalah yang kini dihadirkan oleh Galeri24. Dinamic merupakan seri perhiasan berlian yang memiliki konsep inner beauty atau kecantikan dari dalam diri pemakainya.


Material dari Dinamic merupakan batuan mulia natural nusantara. Dinamic menjadi cincin berlian yang dibalut dengan desain sederhana dan simpel. Cincin berlian ini akan membuat Anda tampil dengan rasa lebih percaya diri dan elegan. Dinamic cocok bagi para wanita muda maupun ibu-ibu muda. Tampilannya yang simpel tak menghilangkan kesan glamour dan elegan.


Dinamic merupakan produk terbaru perhiasaan dari Galeri24. Bukan sekedar berlian biasa, perhiasaan ini akan lebih menampakan kecantikan dari dalam diri si pemakainya. Dinamic, perhiasan berlian yang simpel dan elegan cocok untuk First Jobber dan Young Mom.


85 views0 comments

©2021 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥