• Galeri24

Tips Mempersiapkan Mas Kawin Cincin Emas untuk Pernikahan

Memilih mas kawin bagi setiap orang yang hendak menikah bukanlah hal yang mudah. Tidak jarang, pikiran calon mempelai terutama pria pasti tertuju pada cincin emas sebagai mas kawin. Memilih cincin emas bisa dibilang momen paling sulit dan mendebarkan karena akan menjadi simbol komitmen pernikahan.


Mas kawin atau mahar pernikahan adalah hal yang wajib ada dalam sebuah pernikahan. Dalam KBBI, mas kawin berarti pemberian wajib berupa uang atau barang dari mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan ketika dilangsungkan akad nikah. Untuk besaran nilai dan jumlah, mas kawin tidak memiliki batasan minimal maupun maksimal pemberiannya kepada wanita. Asalkan, mahar tersebut berupa sesuatu yang layak dan bermanfaat bagi wanita.


Selain itu, mas kawin yang kawin juga tidak memberatkan kondisi finansial, baik itu dalam bentuk uang atau pun barang. Namun, perlu diingat bukan berarti memperbolehkan mempelai laki-laki memilih mahar secara asal-asalan. Bila ingin memberi cincin emas sebagai mas kawin, berikut beberapa tips yang bisa diperhatikan.


Tips Pilih Mas Kawin Cincin Emas

1. Perbanyak Referensi

Sebelum membeli cincin pernikahan, Anda harus banyak survei dan mencari tahu terlebih dahulu. Anda bisa gunakan referensi dari internet, buku, atau informasi dari lingkungan Anda seperti teman dan keluarga. Perbanyak informasi tentang mas kawin cincin emas jauh-jauh hari sebelum hari H pernikahan.


Hal penting dilakukan supaya Anda bisa memutuskan desain, bentuk, ukuran, dan harga yang cocok sesuai keinginan. Ketika Anda membeli cincin emas sebagai mas kawin secara custom, terkadang ada perbaikan yang harus dilakukan. Oleh karenanya, jangan terlalu mepet dengan hari H agar Anda mendapatkan cincin yang sesuai dengan keinginan.


2. Pilih Desain dan Model Cincin Emas

Sangat disarankan saat memilih mas kawin cincin emas adalah aspek kesederhanaan, tetapi tidak meninggalkan kesan elegan. Hal ini terkait dengan pilihan desain dan model cincin yang perlu diperhatikan. Lalu, pilihan model cincin juga mesti update dengan zaman supaya bisa menjadi investasi yang menguntungkan di masa depan.


Memilih mas kawin cincin emas juga perlu mempertimbangkan segi kenyamanan. Pilihlah cincin kawin emas yang mudah dibersihkan, sehingga mudah untuk merawatnya.


3. Sesuaikan dengan Budget

Tips berikutnya memilih mas kawin cincin emas yang sangat penting adalah menyesuaikan dengan kemampuan (budget). Meskipun memang tak ada aturan langsung mengenai jumlah minimal dan maksimal dalam mas kawin, calon istri sebagai pihak penerima tak boleh memaksakan kehendak.


Pihak perempuan boleh-boleh saja meminta mas kawin cincin emas bertabur berlian, hanya saja pastikan finansial calon suami juga tak terbebani. Apalagi dalam Islam, mas kawin ini sebagai pertanda minimal untuk menafkahi istri kelak sepanjang biduk rumah tangga.

Sehingga jika si calon istri meminta mahar dengan total Rp10 juta, setidaknya itu adalah kisaran nafkah yang harus disanggupi suami selama membangun rumah tangga. Tentu akan menjadi masalah jika pihak laki-laki hanya memiliki pekerjaan pas-pasan dengan penghasilan di bawah UMR (Upah Minimum Regional).


4. Disepakati Kedua Pihak

Agar mas kawin cincin emas yang dipilih benar-benar bermanfaat dan menjadi pengingat akan pernikahan, tentu harus diputuskan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Yap, kedua mempelai yang hendak menikah haruslah memilih mas kawin yang sesuai persetujuan mereka berdua.


Ada baiknya pihak laki-laki menanyakan langsung kepada sang calon istri, mengenai mas kawin yang dia inginkan. Jangan sampai hari-hari pertama rumah tangga atau momen pernikahan menjadi sesuatu yang bikin emosi, hanya karena mas kawin yang diberikan tidak sesuai dengan keinginan istri sebagai penerima.


Beli Mas Kawin Cincin Emas di Galeri 24

Memahami bahwa kebutuhan akan cincin pernikahan yang diserahkan dalam mas kawin sangat tinggi, Galeri24 coba menawarkan berbagai produk perhiasan unggulan. Sebagai anak perusahaan Pegadaian yang fokus di bidang penjualan perhiasan dan emas, Galeri24 baru-baru ini mengenalkan seri perhiasan Dinamic.


Yang membuat Dinamic ini begitu layak untuk dipilih para kolektor perhiasan adalah karena menggunakan emas putih. Nama besar Galeri24 tentu membuat Anda tak perlu cemas lagi pada pilihan produk yang ada di bawah seri Dinamic. Dinamic sendiri dirilis untuk membuat semua pemakaianya bisa memancarkan inner beauty.


Melalui Galeri 24, masyarakat bisa melakukan pembelian dan penjualan berbagai jenis emas. Galeri 24 adalah perusahaan retail Emas dan Perhiasan yang juga merupakan anak perusahaan PT Pegadaian Persero. Dengan puluhan outlet yang tersebar, Galeri 24 menyediakan Emas berbentuk Logam Mulia dari berbagai Vendor untuk keperluan investasi jangka panjang Anda.


Selain itu, Galeri 24 juga menjual Perhiasan Emas berkualitas dengan desain trendy dan up to date, serta Batu Mulia seperti Berlian yang bersertifikat. Perlu diketahui, semua emas yang dijual oleh Pegadaian dan Galeri 24 berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) yang merupakan produsen emas terbesar di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mendapat keuntungan saat menjual emas di Pegadaian.


Harga emas yang dibeli kembali di Pegadaian lebih tinggi sedikit dibanding yang ditawarkan oleh PT Antam. Oleh karenanya, jual beli emas lewat Pegadaian sangat direkomendasikan bagi Anda yang mau mulai berinvestasi emas.


Desain dan model cincin juga menjadi hal yang harus kamu perhatikan. Jangan lupa konsultasikan hal ini kepada pasanganmu. Sebaiknya, cincin pernikahan memiliki desain yang sederhana, namun tetap elegan saat dipakai. Kemudian, pilihlah cincin tidak mudah termakan zaman sekaligus bisa menjadi sarana investasi yang menguntungkan.


Untuk segi kenyamanan, kamu harus memilih cincin pernikahan yang simpel dan tidak mencolok. Pilihlah cincin kawin emas yang mudah dibersihkan, sehingga memudahkan kamu untuk merawatnya. Selain itu, kamu juga bisa memesan cincin di toko yang juga menawarkan jasa perawatan, pemolesan ulang, penyesuaian ukuran, dan pencucian emas.


Tidak ada batasan minimal maupun maksimal dalam pemberian mahar kepada wanita. Tetapi perlu diingat jika ini bukan berarti memperbolehkan mempelai laki-laki memilih mahar secara asal. Yang terpenting ialah maharnya berupa sesuatu yang layak dan bermanfaat bagi wanita serta sesuai dengan kondisi finansial, baik itu dalam bentuk uang atau pun barang. Alangkah lebih baik jika hal berikut diskusikan terlebih dahulu bersama pasangan sehingga dapat mencapai kesepakatan bersama.


Bagi setiap orang yang hendak menikah, memilih mas kawin tidaklah bisa dilakukan secara sembrono. Karena bagaimanapun juga, benda ini adalah simbol kedua orang yang saling jatuh cinta dan berkomitmen melalui pernikahan. Bahkan biasanya dalam memilih, harus melalui perdebatan yang panjang di antara kedua calon mempelai.




17 views0 comments

©2021 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥