top of page

5 Tips Perawatan Perhiasan Emas untuk Jaga Nilai Estetikanya



Harga yang menjulang serta memiliki nilai estetika yang kaya, membuat perhiasan emas menjadi benda yang banyak digemari dan dipilih sebagai koleksi hingga pilihan investasi. Dengan keunggulan yang luar biasa, itulah mengapa penanganan perhiasan emas membutuhkan kiat-kiat khusus agar tak alami kerusakan hingga membuat nilai jualnya jadi turun.


Tips Perawatan Perhiasan Emas


Apabila Anda bisa memberikan perawatan yang benar, perhiasan emas Anda bisa tahan hingga waktu yang lama. Agar tak salah memberikan penanganan dalam merawat perhiasan emas kesayangan Anda, berikut ini adalah tips perawatan perhiasan emas yang bisa Anda terapkan.


1. Untuk Penggunaan Harian, Gunakan dengan Berhati-hati


Emas memiliki ketahanan yang lebih lembek dari jenis logam lainnya. Sehingga apabila salah penanganan, maka perhiasan emas Anda bisa cepat rusak. Selalu berhati-hati saat menggunakan perhiasan emas dalam beraktivitas dan lepas perhiasan emas Anda jika Anda akan melakukan kegiatan dengan aktivitas fisik yang berat.


Zat klorin juga bisa merusak struktur dari perhiasan emas. Jika Anda akan berenang, sebaiknya simpan terlebih dahulu perhiasan emas Anda di tempat Anda. Pastikan juga untuk melepas perhiasan emas saat mandi karena sabun bisa membentuk lapisan pada perhiasan Anda.


2. Bersihkan secara Berkala dan saat Kotor


Tips perawatan perhiasan emas yang selanjutnya adalah melakukan pembersihan secara berkala dan saat perhiasan emas Anda kotor. Anda bisa melakukan pembersihan dengan merendam perhiasan emas di dalam air, menyikatnya dengan sikat yang sangat halus, kemudian mengeringkannya dengan diseka menggunakan kain lembut yang kering.


Jika perhiasan emas Anda kotor, membersihkannya dengan pembersih khusus perhiasan adalah pilihan yang tepat. Namun jika Anda ragu apabila pembersihan yang Anda lakukan akan merusak kualitas perhiasan, lebih baik bawa ke jasa pencucian khusus perhiasan untuk ditangani langsung oleh ahlinya.


3. Simpan di Tempat yang Tepat


Agar perhiasan emas Anda tetap terjaga meski disimpan dalam waktu yang lama, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang tepat. Siapkan box khusus penyimpanan perhiasan yang terbuat dari kain yang bersih dan lembut serta pisahkan perhiasan yang akan Anda simpan agar tak menyatu hingga merusak antara yang satu dan lainnya.


4. Jangan Biarkan Perhiasan Terkena Air Panas


Air panas memang lebih mudah dalam merontokkan kotoran yang menempel pada benda. Namun, menggunakan air panas untuk membersihkan perhiasan adalah kesalahan fatal yang tak boleh Anda lakukan. Sebab perhiasan yang terkena air panas logamnya akan memuai, lem pada perhiasan bisa luruh, hingga batu permata pada perhiasan emas Anda bisa rusak.


5. Gunakan Perhiasan sebagai Langkah Terakhir saat Persiapan


Tips perawatan perhiasan yang terakhir adalah gunakan perhiasan emas Anda saat Anda sudah selesai bersiap-siap. Pastikan penggunaan makeup, parfum, hingga pelembab tubuh dilakukan lebih awal sebelum perhiasan dipasang. Hal-hal tersebut sengaja dilakukan lebih dahulu karena dikhawatirkan dapat merusak perhiasan emas kesayangan Anda.


Menggunakan perhiasan emas memang memberikan nilai prestise tersendiri, karena memiliki nilai nominal dan estetika luar biasa yang terkandung di dalamnya. Sehingga selain dari keindahan bentuknya, pastikan untuk memilih perhiasan emas dari produsen dan tempat terpercaya. Galeri 24 adalah pilihan yang tepat untuk Anda tuju dalam memilih perhiasan emas yang berkualitas.


Perhiasan emas di Galeri 24 sudah resmi sesuai dengan SNI 8880:2022, membuat kualitas produksi perhiasan emasnya begitu terjamin. Merupakan bagian dari PT Pegadaian Persero, tentu kredibilitas Galeri 24 pun sangat terpercaya. Agar perhiasan emas yang Anda gunakan terpancar memiliki kualitas yang luar biasa, pastikan untuk memilih perhiasan emas dari Galeri 24. Karena hanya di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!

371 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page