top of page

7 Tips Jitu Mengatur Keuangan untuk Fresh Graduate


Sumber Gambar: PxHere


Menjadi seorang fresh graduate memungkinkan Anda untuk memulai hidup baru dengan banyak hal baru, termasuk mengatur keuangan Anda. Hal ini penting karena banyak fresh graduate yang terjebak dalam lingkaran hutang karena mereka tidak mengatur keuangan mereka dengan benar.


Tips Mengatur Keuangan untuk Fresh Graduate


Jika Anda merupakan seorang fresh graduate yang baru menapaki jenjang karir dan bingung akan pengelolaan keuangan Anda, berikut adalah 10 tips untuk membantu Anda mengatur keuangan Anda sebagai seorang fresh graduate.


1. Buat Rencana Keuangan


Pertama, pastikan agar Anda membuat dan memiliki rencana keuangan yang terperinci. Rencana keuangan ini harus mencakup semua pengeluaran Anda, serta tujuan keuangan Anda.


Anda juga perlu membuat tujuan keuangan jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, lalu ciptakan rencana untuk mencapainya.


Rencana keuangan yang terperinci sangat penting bagi fresh graduate karena membantu mereka mengelola uang secara efisien. Dengan memiliki rencana keuangan yang terperinci, para fresh graduate dapat mengatur keuangannya dengan lebih baik, sehingga mampu membuat keputusan keuangan yang bijaksana dan menghindari masalah keuangan di masa depan.


2. Lakukan Penganggaran dari Pemasukan


Kedua, pastikan untuk membagi pemasukan Anda ke dalam berbagai kategori. Tentukan berapa banyak yang akan Anda belanjakan untuk keperluan bulanan, seperti makanan dan transportasi, serta berapa banyak yang akan Anda tabung.


Anggaran adalah kunci untuk mencapai keseimbangan finansial. Ini memberi Anda kontrol atas pengeluaran Anda dan membantu Anda menetapkan dan mencapai tujuan keuangan, baik jangka pendek hingga jangka panjang.


3. Kelola Keuangan Menggunakan Aplikasi Pengelolaan Keuangan


Menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan juga bisa Anda gunakan sebagai fresh graduate agar pengelolaan keuangan bisa lebih terkontrol.


Aplikasi ini dapat membantu Anda memantau pengeluaran dan berinvestasi tanpa harus melakukan banyak usaha. Ini juga akan membantu Anda mengetahui berapa banyak uang yang Anda miliki di setiap waktu.


4. Pahami Antara Kebutuhan dan Keinginan


Salah satu kunci mengatur keuangan untuk fresh graduate adalah jangan menghabiskan uang Anda secara berlebihan. Jangan menghabiskan uang Anda untuk hal-hal yang tidak penting. Selalu berpikir dua kali sebelum membeli sesuatu. Ini akan membantu Anda menghindari menghabiskan uang yang tidak perlu.


5. Membayar Tagihan Tepat Waktu


Jangan lupa untuk membayar tagihan tepat waktu. Ini akan membantu Anda menghindari denda atau biaya pembayaran tertunda. Juga, pastikan untuk selalu memiliki dana cadangan untuk menutupi pembayaran tambahan yang mungkin dibutuhkan.


Anda bisa mencatat kapan tagihan-tagihan harus dibayarkan di buku memo Anda atau juga bisa menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan sebagai cara yang lebih modern.


6. Hindari Hutang Sebisa Mungkin


Hindari hutang sebisa mungkin adalah salah satu cara mengatur keuangan untuk fresh graduate. Tulis semua hutang Anda dan ciptakan rencana untuk membayarnya.


Bagi Anda yang masih fresh graduate, hutang dapat menyebabkan beban keuangan yang berat. Hutang dapat mengurangi jumlah uang yang tersedia untuk membayar biaya-biaya penting lainnya.


Dengan menghindari hutang, fresh graduate akan memiliki lebih banyak fleksibilitas untuk mengatur uang dan membangun keuangan yang kuat.


7. Mulai Berinvestasi


Tips mengatur keuangan untuk fresh graduate yang terakhir adalah mulailah menginvestasikan uang Anda. Meskipun Anda harus membuat tujuan keuangan jangka panjang untuk mencapai kebebasan keuangan, mulailah menginvestasikan uang Anda dari sekarang.


Ada banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih, berdasarkan tingkat return yang berbeda dan tingkat risiko yang berbeda pula. Bagi Anda yang masih pemula soal investasi, emas bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda.


Emas adalah instrumen investasi yang baik untuk para pemula karena memiliki kestabilan nilai yang tinggi, memiliki resiko yang rendah, dan mudah diperdagangkan.


Selain itu, emas juga mudah diperdagangkan, baik secara fisik maupun secara online. Pembelian dan penjualan emas online dapat dilakukan dengan mudah melalui berbagai platform, salah satunya di Galeri 24.


Sebagai platform sekaligus produsen emas terpercaya di Indonesia, produk-produk emas di Galeri 24 sudah sesuai dengan SNI 8880 tahun 2020 tentang standar dari perhiasan emas. Pembelian juga bisa Anda lakukan di beberapa gerai yang tersebar di Indonesia, melalui website resmi, hingga di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia.


Untuk itu, pastikan membeli emas di tempat yang tepat dan terpercaya, seperti di Galeri 24. Karena hanya di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!

9 tampilan0 komentar