5 Risiko Investasi Emas


risiko investasi emas
sumber: sahabatpegadaian.com

Risiko investasi emas itu tetap ada meskipun investasi emas banyak dikatakan sangat menguntungkan. Nyatanya dalam semua hal yang ada dalam kehidupan itu selalu memiliki risiko yang cukup memberatkan. Tidak terkecuali dengan investasi emas ini. Yang mana investasi ini merupakan jenis investasi jangka panjang yang banyak sekali digunakan oleh orang-orang karena banyak dikatakan investasi emas itu sangat menguntungkan dan terbilang aman. Namun, dalam keadaannya tidak selalu begitu.


Investasi emas ini memiliki cukup banyak risiko yang harus benar-benar Anda hindari. Bukan hanya satu melainkan beberapa. Hal ini berguna untuk menghindari kerugian yang terjadi. Maka Anda harus berhati-hati dan berupaya dengan sungguh-sungguh untuk menghindari risiko yang ada. Mungkin Anda bisa melakukannya dengan cara melakukan beberapa tips yang bisa Anda dapatkan dari internet. Adapun beberapa risiko investasi emas tersebut dintaranya adalah sebagai berikut:


Emas Yang Dipakai Untuk Investasi Emas Adalah Emas Palsu


Salah satu risiko investasi emas yang paling parah dan merugikan adalah terjadinya penipuan yang mana Anda malah diberi emas palsu untuk investasi. Padahal harga emas yang dipakai untuk investasi ini terbilang cukup mahal karena emas yang biasanya digunakan untuk investasi ini adalah emas batangan. Yang mana jenis emas ini sangat rugi jika diganti dengan emas palsu karena gram yang dimiliki tiap batangnya juga cukup besar.


Kemudian risiko investasi emas ini bisa Anda hindari dengan mengetahui bagaimana karakteristik emas yang asli dan palsu dan Anda bisa mengenalinya. Anda juga perlu mengetahui cara-cara membedakan emas palsu dan emas asli.


Adanya hal tersebut itu penting dilakukan untuk menghindari risiko investasi emas. Karena suatu hal pokok dalam investasi ini adalah emas. Jika emas yang digunakan saja sudah palsu, pasti investasi tersebut kacau balau, bahkan bisa dibilang merugi atau bahkan bangkrut.


Maka dari itu Anda harus berhati-hati agar risiko investasi emas tersebut tidak terjadi. Anda bisa memiliki agen terpercaya untuk membantu Anda dalam melakukan investasi emas dengan tujuan untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk dari investasi emas yang mungkin bisa terjadi. Dengan begitu Anda akan tenang dan nyaman melakukan investasi tanpa merasa gelisah yang bisa sangat membebani pikiran Anda sendiri.


Kehilangan Emas Sebagai Risiko Investasi Emas


Kehilangan emas merupakan salah satu risiko investasi emas yang sangat menyedihkan. Yang mana ketika Anda menyimpan emas tersebut. Namun, tiba-tiba hilang begitu saja tanpa ada kabar apa-apa. Tentu saja Anda akan merasa sedih dan yang paling parah jatuh dengan rugi yang cukup banyak. Apalagi emas ini merupakan salah satu komoditi dari investasi jangka panjang yang mana keuntungannya tersebut bisa diambil setelah beberapa waktu yang lama.


Kehilangan emas juga bisa terjadi karena kasus kriminal yang ada di Indonesia juga sangat tinggi. Banyak yang berusaha untuk mencuri uang yang Anda punya melalui internet ataupun mencuri uang tersebut secara langsung. Kasus kriminal yang ada di Indonesia untuk masalah pencurian uang memang sangat marak dan menjadi ancaman besar bagi Anda.


Maka dari itu dalam investasi emas ini, Anda perlu untuk menghindari risiko investasi emas tersebut sedini mungkin. Contohnya dengan cara menyimpannya dengan baik seperti menyimpan di dalam perangkat ataupun menitipkannya melalui jasa Pegadaian atau jasa yang lainnya. Yang sekiranya aman dan terpercaya untuk menyimpan emas sebagai barang investasi Anda.


Karena jika sampai terjadi kehilangan emas di dalam investasi ini Anda akan rugi besar. Karena harga emas ini sendiri sangat mahal dan keuntungannya pun baru didapat setelah waktu yang lama.


Risiko Investasi Emas Anda Hanyalah Investasi Bodong


Risiko investasi emas yang selanjutnya yaitu investasi yang Anda lakukan adalah investasi bodong yang mana investasi ini merupakan salah satu bentuk penipuan yang berkedok investasi. Banyak sekali oknum yang tidak bertanggung jawab yang berkeliaran di negara ini. Maka Anda perlu berhati-hati dan melakukan beberapa pertimbangan sebelum memulai sebuah investasi dengan suatu jasa. Karena tidak semua jasa investasi itu dapat dipercaya, bisa saja jasa tersebut hanya melakukan sesuatu hal yang merugikan untuk Anda seperti penipuan dan lain-lain.


Investasi bodong ini sendiri tidak hanya terjadi sekali dua kali tapi sudah banyak sekali korban yang menjadi target investasi bodong ini. Banyak sekali yang tertipu dengan iming-iming bahwa investasi emas ini memiliki keuntungan yang sangat besar dalam jangka panjang. Maka dari itu Anda harus menghindari risiko investasi emas ini karena dengan melakukan investasi bodong bukannya untung malah buntung


Risiko investasi emas Anda sebagai investasi bodong ini memang memiliki persentase yang cukup besar. Karena dalam prakteknya sendiri investasi bodong sudah merebah ke mana-mana. Maka perlu bagi Anda untuk melakukan beberapa pengecekan sebelum melakukan investasi dengan suatu jasa. Anda juga perlu melakukan investasi emas hanya dengan jasa yang benar-benar Anda percayai dan tentunya jasa tersebut harus memiliki izin resmi dari pemerintah agar semakin meyakinkan.


Investasi Emas Tidak Cocok Untuk Investasi Jangka Pendek


Seperti yang Anda ketahui bahwasanya investasi emas ini merupakan investasi jangka panjang, yang mana investasi jangka panjang ini memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan keuntungan. Maka investasi emas ini sangat tidak cocok untuk dilakukan dalam jangka waktu yang pendek karena keuntungannya hanya bisa diraup atau diambil ketika sudah lama melakukan investasi. Bahkan cenderung dalam kurun waktu bertahun-tahun.


Dengan kata lain, investasi emas ini tidak bisa dimanfaatkan dalam kurun waktu yang relatif singkat dan tidak dapat digunakan sewaktu-waktu. Adapun untuk proses transaksi juga sedikit rumit karena investasi ini merupakan investasi emas bukan uang.


Yang namanya manusia pasti sering membutuhkan kebutuhan yang tiba-tiba. Dengan investasi emas ini, tidak bisa membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan tersebut.


Risiko investasi emas yang tidak dapat digunakan sebagai investasi jangka pendek ini sebenarnya hanya berdampak pada pemenuhan kebutuhan yang terkadang kebutuhan tersebut muncul dadakan. Sedangkan untuk lebihnya masih tetap aman. Namun bagi Anda yang sering membutuhkan uang sewaktu-waktu dan tidak terjadwal investasi ini cukup berisiko. Dan sangat tidak cocok untuk Anda gunakan maka dari itu risiko investasi emas ini perlu Anda hindari.


Inflasi Menjadi Risiko Investasi Emas


Risiko investasi emas yang selanjutnya yaitu adanya inflasi. Meskipun inflasi ini sangat jarang terjadi pada produk emas tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa bisa terjadi. Investasi emas ini sendiri merupakan investasi jangka panjang dan hanya bisa mendapat keuntungan melalui penjualan emas tersebut.


Dalam penjualan emas, Anda bisa mendapat keuntungan ketika harga emas tersebut sedang naik dan sebaliknya Anda justru akan sangat rugi jika Anda menjual emas tersebut ketika harga emas di pasaran sedang turun.


Terjadinya inflasi komoditi emas di dalam proses investasi ini memakan cukup banyak risiko investasi emas. Maka dari itu Anda perlu mengetahui harga emas di pasaran sebelum Anda menjualnya. Karena mengetahui harga emas di pasaran ini bisa mengurangi risiko investasi emas Anda mengalami kerugian. Maka dari itu berhati-hatilah menggunakan investasi emas.


Namun terlepas dari pembahasan di atas, kalau Anda hendak beli emas online atau offline pastika belinya di tempat terpercaya seperti Galeri 24.


Sebab Galeri 24 merupakan anak perusahaan dari PT Pegadaian Persero sehingga setiap emas yang dijual pasti aman dan resmi.


Jadi beli emas hanya di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!


33 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua